Hide Menu

Dijamin Mau! Ini Dia 5 Cara Agar Ikan Mau Makan Pelet!

Cara Mudah Melatih Ikan Predator Seperti Oscar, Channa Pulchra, Toman, Gabus, Discus agar Mau Makan Pelet

Artikel Cara Agar Ikan Mau Makan Pelet ini diposting diperbarui
279 Pembaca
Like
Cara Agar Ikan Mau Makan Pelet 2024
© pexels.com

Melatih Ikan Supaya Makan Pelet

Melatih Ikan Supaya Makan Pelet
freepik.com

Memelihara ikan adalah hobi yang sangat menyenangkan dan menenangkan, apalagi ketika memberi makan ikan. Kenikmatan tersendiri bagi seorang fish keeper adalah ketika sore hari sepulang kerja, melihat dingin dan segarnya akuarium sambil melihat ikan yang kita pelihara mau makan lahap pakan pelet yang diberikan.

Namun, hal ini mulai menjadi menyibukkan ketika berbicara tentang ikan predator (pemangsa) karnivora. Beberapa ikan hias predator seperti Channa Pulchra, Channa Maru, Oscar, Toman, Gabus, dan ikan Piranha susah untuk beradaptasi terhadap pakan pelet. Sebab, ikan jenis ini memiliki insting untuk berburu dan memakan buruan dalam keadaan hidup.

Sedangkan menyediakan pakan hidup adalah salah satu hal yang tidak mudah, yang mana artinya Anda harus menyediakan satu tempat lagi untuk pakan hidupnya. Maka dari itu, kita perlu melatih ikan agar mau makan pelet.

Di artikel ini, kami telah berkolaborasi dengan keeper ikan predator handal yang hampir pensiun bernama Andhi Ermawan untuk membuat tips dan tutorial serta cara agar ikan mau makan pelet dengan cepat, mudah, namun tetap sehat. Penasaran? Yuk, baca penjelasannya lebih lanjut! 

Manfaat Ikan Hias Mau Makan Pelet

Manfaat Ikan Hias Mau Makan Pelet
aquariumcoop.com

Dalam memelihara ikan predator, tantangan tersulit adalah menjaga agar ikan tetap mau makan. Salah satu pertanda bahwa ikan tidak sehat adalah ikan hias tidak mau makan dengan lahap. Hal ini berarti bahwa ada sesuatu yang membuat ikan tersebut tidak nyaman. Bisa jadi karena sakit atau kondisi air yang buruk.

Ketika kita memberi makan ikan menggunakan makanan hidup, seringkali pakan hidup ini membawa penyakit yang menular terhadap ikan yang kita pelihara. Pakan hidup sering sakit karena sebelum Anda beli, ikan pakan hidup ini berkoloni dengan ikan lain yang rentan sakit juga. Lebih buruknya lagi, mereka hidup di kondisi air yang kurang diperhatikan.

Maka dari itu, sebisa mungkin ikan Anda harus melakukan latihan makan pelet dan menghindari pakan hidup. Apabila memang diperlukan untuk memberi makan daging, maka pakailah daging fillet ikan nila/ayam yang bisa Anda beli di toko terdekat. Jangan lupa membersihkan makanan tersebut dengan membilas air terlebih dahulu karena beberapa mengandung pengawet yang berbahaya untuk ikan hias.

Ketika ikan mau makan pelet, Anda bisa menggunakan smart fish feeder yang sangat memudahkan Anda dalam memberi makan ikan. Alat pemberi makan ikan otomatis ini hanya bisa bekerja dengan pakan pelet saja.

Selain itu, tersedia banyak pelet ikan yang dijual di pasaran yang diklaim mengandung protein dan vitamin yang sehat untuk ikan. Perlu diperhatikan bahwa kandungan bahan ini mungkin tidak ditemukan di pakan hidup atau pakan lain.

Andhi Ermawan
Pakar
Exotic & Predator Keeper

Andhi pernah masyhur di kalangan hobbyist ikan predator lewat memelihara ikan Piranha dari Amazon jenis terlangka dan terbanyak di Indonesia. Tidak hanya itu, Andhi juga pernah memelihara reptil langka seperti Aldabra tortoise, yakni salah satu jenis kura-kura darat terbesar di dunia. Saat ini Andhi sedang vacuum dalam memelihara hewan, namun tetap aktif menulis mengenai hewan peliharaan dan anti hama di Unyu.

Unyu
Writer
Tim Editorial

Situs terlengkap dan terpercaya yang secara konsisten membahas apapun tentang hewan, mulai dari rekomendasi, artikel, hingga review produk untuk hewan

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Agar Ikan Mau Makan Pelet - Terbaru 2024

Berikut adalah cara paling ampuh melatih ikan predator dan ikan hias eksotis seperti seperti Discus, ikan Mas, Cupang, Oscar, Channa, dan Louhan agar mau makan pelet dengan mudah. Cara-cara berikut terbukti membantu pakar untuk merubah kebiasaan makan ikan predator, bahkan ikan yang terkenal sangat susah makan pelet seperti Piranha pun mau. Simak penjelasannya sekarang! 

1
Pilih Makanan Pelet Ikan yang Tepat

Jangan Sampai Keliru Memilih Pelet untuk Pakan Ikan

Pilih Makanan Pelet Ikan yang Tepat

2
Puasakan Ikan, Sampai Mau!

Triknya adalah Mengubah Pola Makan Ikan

Puasakan Ikan, Sampai Mau!

3
Pancing Makan dengan Ikan Lain

Beri Contoh Cara Makan Pelet Lewat Ikan Lain

Pancing Makan dengan Ikan Lain

4
Naikkan Suhu Akuarium agar Ikan Lapar

Nafsu Ikan Menjadi Lebih Tinggi Ketika Suhu Dinaikkan

Naikkan Suhu Akuarium agar Ikan Lapar

5
Campur Pelet dengan Pakan Ikan Saat ini

Mencampur Pakan Agar Ikan Terbiasa

Campur Pelet dengan Pakan Ikan Saat ini

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Jangan Sampai Keliru Memilih Pelet untuk Pakan Ikan
1
Jangan Sampai Keliru Memilih Pelet untuk Pakan Ikan

Pilih Makanan Pelet Ikan yang Tepat

Rekomendasi kami

Tentu saja ini menjadi hal yang paling penting ketika Anda ingin merubah ikan mau makan pelet. Singa tidak akan makan rumput dan kuda tidak akan makan daging. Maka, sesuaikan jenis ikan yang Anda miliki dengan pakan pelet.

Ada pakan yang khusus untuk ikan karnivora, ada pula pakan untuk ikan pemakan segalanya. Pelajari terlebih dahulu jenis ikan yang Anda miliki. Sesuaikan juga ukuran pelet dengan ukuran mulut ikan. Akan lebih efektif jika pelet ikan lebih kecil dari pada mulut ikan.

Umumnya, jenis ikan seperti Oscar dan Channa akan lebih sehat memakan pakan pelet karnivora yang terbuat dari sari udang-udangan, cacing, atau ikan kecil. Sedangkan ikan lain seperti Discus, Cupang, dan ikan Mas masih mau memakai pakan pelet umum yang tersedia di pasaran.

Pilih pelet yang sesuai dengan jenis ikan, jangan lupa memilih merk yang tepat. Terlebih lagi apabila ikan yang pelihara adalah ikan eksotis yang harganya mahal, biasanya memerlukan perawatan dan makanan pelet khusus.

Andhi Ermawan
Exotic & Predator Keeper
Andhi Ermawan
Triknya adalah Mengubah Pola Makan Ikan
© pinterest.com
2
Triknya adalah Mengubah Pola Makan Ikan

Puasakan Ikan, Sampai Mau!

Cara paling utama agar ikan mau makan pelet adalah dengan membuat ikan berpuasa. Puasa yang dimaksud adalah dengan tidak memberikan pakan ikan sama sekali selama beberapa hari. Ketika ikan lapar, nafsu makan akan semakin besar dengan harapan pakan jenis apapun, termasuk pelet akan dimakan.

Biasanya, para penghobi ikan Oscar dan Channa cukup membuat ikan berpuasa minimal 3 hari, namun akan lebih lama untuk beberapa ikan predator lainnya.

Setelah berpuasa selama 3 hari, biasanya ikan akan sangat lapar. Mulailah mencoba memberi makan pelet dalam jumlah yang tidak berlebihan. Apabila ikan Anda langsung mau makan, berarti sudah berhasil. Tetapi, apabila pelet tersebut tidak dimakan, maka ikan wajib melanjutkan berpuasa.

Ambil pakan yang tidak dimakan supaya kondisi air di akuarium tetap bagus. Puasakan lagi selama 2-3 hari, lalu coba beri makan pelet lagi. Lanjutkan puasa jeda 2-3 hari ini sampai berhasil.

Kendati demikian, beberapa fish keeper merasa tidak tega melihat ikan lapar, ada yang takut ikan mati. Anda tidak perlu khawatir, karena di alam liar pun tidak setiap hari ikan predator seperti ini mendapatkan makan mangsa buruan.

Coba puasakan ikan selama 2-3 hari, lalu beri makan pelet. Apabila ikan belum mau makan pelet, puasakan lagi dalam kurun waktu yang sama. Lanjutkan sampai berhasil. Tega-tegain, deh!

Saya sendiri pernah mencoba paling lama terjadi pada ikan Piranha Serasalmus Manueli, yang baru berhasil mau makan pelet setelah berpuasa 2 bulan dan mau makan full pelet.

Andhi Ermawan
Exotic & Predator Keeper
Andhi Ermawan
Beri Contoh Cara Makan Pelet Lewat Ikan Lain
3
Beri Contoh Cara Makan Pelet Lewat Ikan Lain

Pancing Makan dengan Ikan Lain

Kadangkala, puasa saja tidak cukup untuk membuat ikan mau makan pelet. Bisa jadi ikan tidak tahu bahwa pelet adalah sebuah makanan, atau tidak tahu cara memakannya. Anda perlu memberikan contoh lewat ikan lain yang sudah makan pelet.

Caranya, cukup masukkan ikan lain ke dalam akuarium atau kolam yang sama dengan ikan yang ingin Anda latih. Ikan yang dijadikan contoh tidak harus ikan yang sejenis maupun satu spesies. Yang penting, ikan harus berukuran sama dan tidak lebih kecil dari ikan yang sedang Anda latih. Alih-alih menjadi contoh, malah menjadi mangsa!

Ikan lain yang melihat perilaku ikan contoh tersebut makan pelet, cepat atau lambat akan belajar dan ikut  mencoba memakan pelet pula. Kendati demikian, cara ini tidak selalu berhasil. Karena ikan predator sangat teritorial, Anda harus sering memantau karena khawatir ikan-ikan tersebut saling bertarung.

Dengan melihat ikan lain yang sudah berhasil makan pakan pelet, ikan Anda akan meniru memakannya. Cara ini bisa Anda terapkan pada ikan Oscar, Lele dan lainnya.

Tetapi, cara ini seringkali tidak berhasil untuk ikan predator yang teritorial dan hidup sendirian dalam satu akuarium. Contohnya seperti ikan Louhan, Channa, dan jenis ikan Gabus yang suka menyerang ikan lain dalam satu kolam atau akuarium.

Andhi Ermawan
Exotic & Predator Keeper
Andhi Ermawan
Nafsu Ikan Menjadi Lebih Tinggi Ketika Suhu Dinaikkan
© shopee.co.id
4
Nafsu Ikan Menjadi Lebih Tinggi Ketika Suhu Dinaikkan

Naikkan Suhu Akuarium agar Ikan Lapar

Rekomendasi kami

Metabolisme pencernaan pada ikan dipengaruhi besar oleh suhu air pada akuarium dan kolam. Penelitian mengatakan bahwa nafsu makan ikan lebih tinggi ketika suhu dinaikan 1-2 derajat lebih tinggi dari biasanya.

Cobalah menaikkan suhu air pada akuarium dengan memasang alat bernama heater akuarium. Hal ini akan memicu ikan Anda menjadi semakin lapar dan memaksa ikan untuk mau memakan pelet lebih cepat.

Di sisi lain, heater akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan ikan. Sebab, beberapa bakteri dalam air tidak kuat terhadap suhu yang lebih tinggi.

Naikkan suhu air supaya ikan menjadi semakin lapar dan membuat ikan segera bersedia makan pelet. Pakailah akuarium heater yang tersedia di pasaran, namun hati-hati ketika memasang pemanas air aquarium ini.

Pelajari dulu suhu air yang tepat untuk jenis ikan yang Anda pelajari. Karena setiap ikan memiliki suhu yang berbeda sesuai dengan sungai dan ekosistem di mana ikan tinggal.

Andhi Ermawan
Exotic & Predator Keeper
Andhi Ermawan
Mencampur Pakan Agar Ikan Terbiasa
© nofima.com
5
Mencampur Pakan Agar Ikan Terbiasa

Campur Pelet dengan Pakan Ikan Saat ini

Cara ini agaknya cara terakhir apabila ikan Anda belum mau makan pelet. Anda bisa mencampurkan makanan ikan yang sudah ada dengan pelet yang direncanakan. Misal, apabila ikan Anda sekarang makan udang beku, masukkan pelet ke dalam udang beku lalu berikan makan kepada ikan.

Diharapkan dengan cara ini, ikan akan terbiasa makan pelet dan lama kelamaan bisa full makan pelet. Apabila sudah berhasil, Anda mungkin juga akan memerlukan alat pemberi makan ikan otomatis yang sangat memudahkan Anda yang sibuk.

Cara terakhir apabila belum berhasil adalah dengan mencampur pelet ikan dengan pakan saat ini. Hal ini dilakukan agar ikan dan metabolismenya terbiasa mencerna makanan pelet.

Andhi Ermawan
Exotic & Predator Keeper
Andhi Ermawan

Tanya Jawab Seputar Cara Agar Ikan Mau Makan Pelet

Berikut adalah sesi tanya jawab yang mungkin sering ditanyakan oleh fish keeper ketika mereka ingin ikan yang dipelihara mau makan pelet.

Apakah semua ikan mau makan pelet?

Sependek yang kami pelajari, hampir semua jenis ikan hias seperti Louhan, Channa, dan lainnya mau dan bisa dilatih untuk makan pelet. Meskipun beberapa ikan jenis khusus lebih susah dan lebih lama.

Ikan predator yang memiliki gigi tajam seperti ikan Piranha dan Goliath Tigerfish sangat susah untuk dilatih karena mereka terbiasa mengoyak daging ketika makan. Sedangkan tekstur dan bentuk pelet ikan biasanya lebih keras dan tidak nyaman di gigi ikan.

Berapa lama ikan akan mau makan pelet?

Biasanya, melatih ikan untuk bersedia makan pelet membutuhkan waktu kurang lebih 1 sampai 3 minggu.

Apakah ikan bisa kembali tidak mau makan pelet?

Ya, bisa jadi ikan akan kembali tidak mau makan pelet ketika mereka tidak terbiasa. Misal, Anda lama tidak memberinya pelet, terkadang ikan harus dilatih kembali dengan cara-cara dan tips di atas.

Kesimpulan: Cara Agar Ikan Mau Makan Pelet

Artikel di atas kami buat berdasarkan pembicaraan dengan pakar ikan predator yang dulu sering bereksperimen dalam hobi ikan predator. Andhi telah berhasil mengubah berbagai jenis ikan Piranha dengan gigi tajam sekelas agar mau makan pelet.

Mengubah pola makan ikan agar bersedia untuk makan pelet adalah hal yang sangat mudah dilakukan meskipun memerlukan pengorbanan. Namun, pengorbanan Anda akan terbayarkan dengan kemudahan dalam memberikan makan ikan. Memelihara ikan harusnya menjadi kenikmatan, bukan beban. Jadi, selamat mencoba melatih ikan makan pelet!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo