Hide Menu

Suka Bingung Bedain Kedua Ikan Ini? Yuk, Simak 5 Perbedaan Gurame dan Mujair di Sini!

Inilah Perbedaan Ikan Mujair dan Gurame yang Perlu Anda Ketahui. Setelah Ini Jangan Bingung Lagi, ya, Unyulicious!

Artikel Perbedaan Gurame dan Mujair ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Perbedaan Gurame dan Mujair 2024
© freepik.com

Apa Saja Jenis Ikan Air Tawar Terbaik untuk Budidaya?

Apa Saja Jenis Ikan Air Tawar Terbaik untuk Budidaya?
freepik.com

Indonesia adalah negara yang memiliki keragaman jenis ikan terbanyak di dunia. Mulai dari ikan air tawar, ikan laut, ikan konsumsi, maupun ikan hias semua tersedia di Indonesia. 

Walaupun budidaya ikan cukup menguntungkan, namun ternak ikan di Indonesia juga memiliki kendala. Salah satunya adalah kendala musim kemarau yang sudah diprediksi. Dampak dari musim kemarau adalah pembudidaya susah mendapat suplai air untuk kolam budidaya. 

Akan tetapi, tidak semua jenis ikan bisa dibudidayakan dan memiliki hasil keuntungan yang menggiurkan. Lalu, apa saja jenis ikan air tawar yang cocok untuk budidaya? Berikut daftarnya, check it out!

  • Ikan Nila

Ikan nila adalah ikan air tawar yang memiliki tubuh pipih memanjang dan bersisik kasar. Nila bisa tumbuh hingga 30 sentimeter dan memiliki warna sisik yang berbeda di setiap jenis. 

  • Ikan Lele

Ikan lele masuk ke dalam jenis ikan nokturnal yang hidup di air tawar. Yang dimaksud nokturnal adalah hewan yang lebih aktif di malam hari. Lele memiliki alat pernapasan tambahan yang dapat memudahkan ia untuk bernapas di air dengan kadar oksigen rendah. 

  • Ikan Gurame

Ikan gurame terkenal sebagai ikan herbivora atau pemakan tumbuhan. Walaupun memiliki rasa daging yang enak, namun pertumbuhan ikan gurame lebih lambat dari ikan air tawar lainnya. 

  • Ikan Mas

Ikan mas memiliki jenis yang beragam, sehingga ikan ini bisa sebagai ikan hias maupun ikan konsumsi. Jenis ikan ini terkenal memiliki nafsu makan yang tinggi, sehingga pertumbuhannya jauh lebih cepat. 

  • Ikan Betik atau Papuyu

Papuyu atau nama lain dari ikan betik ini memiliki sisik bergerigi seperti durian di sepanjang tubuhnya. Walaupun harga jual ikan betik tidak tinggi, namun keberadaan ikan ini susah ditemukan. Hal itulah yang membuat peluang usaha ikan ini semakin meluas. 

  • Ikan Patin

Sama seperti lele, ikan patin tidak memiliki sisik. Ikan patin memiliki daging yang lembut dan lezat, namun butuh waktu sekitar 6 bulan untuk membesarkannya hingga ukurannya layak Anda konsumsi. 

  • Ikan Mujair

Ikan mujair adalah ikan berukuran sedang dengan panjang maksimum 40 sentimeter. Mujair memiliki kekerabatan yang erat dengan ikan nila dan dapat hidup di semua perairan air tawar. 

Itulah jenis ikan air tawar yang menjadi pilihan untuk budidaya. Namun, di antara jenis ikan air tawar tersebut, yang sering menjadi perbandingan adalah gurame vs mujair. Lantas, apa sih perbedaan gurame dan mujair? Cari tahu jawabannya di setiap section di bawah ini!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Gurame dan Mujair - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Deni et al (2014), program industrialisasi perikanan menilai budidaya ikan gurame mampu menjadi salah satu penggerak pembangunan ekonomi di Indonesia. Keberadaan ikan gurame sering kali disandingkan dengan ikan mujair.

Sebab, keduanya mudah ditemukan di pasar tradisional dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Tidak hanya itu, keduanya juga memiliki ciri fisik yang hampir mirip. Lalu, apa sebenarnya perbedaan mujair dan gurame? Simak penjelasan dari tim Unyu berikut. 

1
Ciri Fisik Ikan

Masing-Masing Ikan Memiliki Ciri Khas dan Daya Tarik

Ciri Fisik Ikan

2
Habitat Ikan

Keduanya Memiliki Habitat yang Sama, tapi...

Habitat Ikan

3
Cara Budidaya

Pilih Perawatan yang Mudah atau Harga Jual yang Tinggi?

Cara Budidaya

4
Nutrisi dan Manfaat Kesehatan

Meskipun Baik, Sebaiknya Konsumsi Sesuai Anjuran

Nutrisi dan Manfaat Kesehatan

5
Ketersediaan di Pasar

Meskipun Mudah Ditemukan, Harga Keduanya Berbeda

Ketersediaan di Pasar

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Masing-Masing Ikan Memiliki Ciri Khas dan Daya Tarik
© freepik.com
1
Masing-Masing Ikan Memiliki Ciri Khas dan Daya Tarik

Ciri Fisik Ikan

Perbedaan ikan mujair dan gurame yang pertama ada pada ciri fisik. Ikan gurame memiliki panjang tubuh berkisar 20-30 sentimeter. Ukuran tersebut membuatnya cocok sebagai ikan konsumsi dan budidaya. 

Sebaliknya, ikan mujair memiliki sirip punggung yang tegak dan tinggi. Sirip punggung tersebut memberi kesan anggun pada ikan mujair. Mujair juga memiliki sirip ekor yang bercabang, sehingga menambah keunikan dan keindahan tampilannya. 

Untuk warna sirip, secara umum sirip mujair berwarna oranye atau kekuningan. Warna tersebut memberi sentuhan cerah pada penampilan ikan mujair. Tidak berhenti sampai di situ, warna tubuh mujair cenderung perak atau putih yang membuatnya mudah dikenali. 

Berbeda dengan mujair, ikan gurame memiliki ciri fisik yang khas. Ikan gurame memiliki bentuk tubuh yang bulat dan sedikit memanjang. Bentuk tubuh tersebut membuatnya berbeda dan tampak menggemaskan. 

Selain itu, gurame memiliki sisik yang lebih besar dan longgar daripada mujair. Sisik-sisik tersebut memberi tampilan yang menarik pada ikan gurame. Ikan gurame memiliki panjang sekitar 30-40 sentimeter. Ukuran tubuh yang lebih besar daripada mujair ini membuatnya menjadi salah satu ikan konsumsi populer.

Kemudian, ikan gurame memiliki sirip punggung yang rendah dan sirip ekor yang cenderung rata.  Secara umum, warna sirip ikan gurame yaitu keabuan dan kecoklatan. Di sisi lain, warna tubuh ikan gurame cenderung keperakan dan keabuan. 

Keduanya Memiliki Habitat yang Sama, tapi...
© freepik.com
2
Keduanya Memiliki Habitat yang Sama, tapi...

Habitat Ikan

Ikan mujair memiliki habitat asli perairan tawar dengan aliran air yang tenang. Mujair dapat ditemukan di danau, sungai, rawa, dan kolam dengan aliran air yang tidak terlalu deras. Kemampuan adaptasi mujair juga baik dengan lingkungan perairan tawar, sehingga hidup nyaman di habitat ini.

Sama dengan mujair, ikan gurame dapat Unyulicious temukan di perairan tawar, seperti rawa, danau, dan sungai. Akan tetapi, gurame cenderung memilih perairan yang lebih dalam dan aliran yang lebih deras. Gurame sendiri bisa beradaptasi dengan baik di aliran air yang lebih kuat. 

Pilih Perawatan yang Mudah atau Harga Jual yang Tinggi?
© freepik.com
3
Pilih Perawatan yang Mudah atau Harga Jual yang Tinggi?

Cara Budidaya

Rekomendasi kami

Cara budidaya mujair dapat dikatakan mudah karena bisa menggunakan tambak. Bahkan jika memiliki lahan terbatas, maka Unyulicious bisa membudidayakannya di kolam.

Benih mujair dapat tumbuh dengan baik di suhu yang berbeda, sehingga memudahkan proses budidaya. Tidak hanya itu, mujair juga toleran terhadap kondisi lingkungan yang berubah, seperti perubahan suhu dan kepadatan populasi ikan di kolam ternak. 

Di sisi lain, gurame membutuhkan perhatian khusus, salah satunya adalah pengendalian kualitas air. Air di dalam kolam ternak harus tetap bersih dan optimal untuk pertumbuhan gurame. 

Selain itu, pemberian pakan dan vitamin juga menjadi hal penting yang perlu Unyulicous perhatikan. Sebelum memberi vitamin, pastikan melihat gambar aturan pakai, ya! Hal tersebut agar ikan tidak over nutrition sebab dapat menghambat pertumbuhannya. 

Meskipun Baik, Sebaiknya Konsumsi Sesuai Anjuran
© freepik.com
4
Meskipun Baik, Sebaiknya Konsumsi Sesuai Anjuran

Nutrisi dan Manfaat Kesehatan

Selain memiliki rasa yang enak, ternyata mujair dan gurame mengandung nilai gizi yang tinggi serta vitamin yang bermanfaat untuk tubuh, lho! Untuk mengetahui informasi nilai gizi dan semua yang terkandung di dalam ikan, simak tabel di bawah ini:

 Ikan MujairIkan Gurame
Nilai GiziKaya protein, Omega-3, dan mineral, seperti selenium, kalsium, dan fosfor. Protein berfungsi untuk membangun serta memperbaiki jaringan tubuh. Sedangkan asam lemak Omega-3 berperan menjaga kesehatan jantung dan fungsi otak.Kaya protein, asam lemak Omega-3, serta mineral. Protein di dalam ikan gurame berfungsi memperbaiki jaringan tubuh dan membangun otot.
Kandungan VitaminMengandung banyak vitamin B kompleks yang berperan membentuk sel darah merah dan menjaga sistem saraf.Mengandung vitamin A, D, dan E yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, mata, dan sistem kekebalan tubuh.
Manfaat KesehatanMengonsumsi mujair secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, mengonsumsi ikan mujair juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi kognitif, dan menjaga keseimbangan kolesterol.Mengonsumsi ikan gurame secara rutin dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, gurame juga memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak. 
Meskipun Mudah Ditemukan, Harga Keduanya Berbeda
© freepik.com
5
Meskipun Mudah Ditemukan, Harga Keduanya Berbeda

Ketersediaan di Pasar

Rekomendasi kami

Ikan gurame maupun ikan mujair dapat Unyulicious beli dengan mudah di pasar tradisional. Namun, ikan gurame tergolong mahal daripada jenis ikan lain, sehingga sering kali ikan mujair dianggap lebih menarik.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Gurame dan Mujair

Selain jenis ikan yang tim Unyu sebutkan di atas, terdapat ikan lain yang juga menjadi primadona, contohnya bawal dan kakap merah. Oleh sebab itu, peternak pemula pasti bingung memilih ikan, kecuali mereka sudah veteran di bidang ini. 

Agar Unyulicious tidak bingung mana yang terbaik, tim Unyu sudah merangkum beberapa pertanyaan terkait pembahasan serupa. Yuk, simak setiap pertanyaan dan jawaban di bawah ini. 

Kenapa ikan gurame enak?

Ikan gurame enak dan banyak orang menyukainya karena memiliki tekstur daging yang padat namun lembut saat disantap. 

Apa saja ciri-ciri ikan mujair?

Ikan mujair memiliki bentuk badan pipih yang berwarna hitam, kecoklatan, keabuan, dan kuning. Selain itu, ikan mujair juga memiliki panjang sekitar 40 cm. 

Ikan gurame itu seperti apa?

Ikan gurame memiliki ciri tubuh lonjong dan panjang dengan mulut yang kecil. Tidak hanya itu, gurame juga memiliki ukuran sisik yang lebih besar daripada ikan tawar lainnya. 

Kesimpulan: Perbedaan Gurame dan Mujair

Pemeliharaan hewan konsumsi, seperti ikan gurame dan mujair tentu membutuhkan perhatian khusus. Perlu pengetahuan yang baik agar hasil panen ikan tersebut berhasil. 

Ikan gurame dan mujair memiliki rasa yang lezat. Akan tetapi, untuk jenis makanan ikan bakar, gurame memiliki rasa yang lebih lezat daripada mujair. Lantas, setelah membaca perbedaan gurame dan mujair yang tim Unyu jelaskan di atas, mana yang lebih menarik perhatian Unyulicious untuk bisnis budidaya ikan konsumsi? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo