Hide Menu

Simak 5 Bahaya Memelihara Hamster, Hewan yang Menggemaskan Sekaligus Mengkhawatirkan!

Pelajari Terlebih Dahulu Bahaya Memelihara Hamster Campbell, Syrian, maupun Jenis Lain Sebelum Memutuskan untuk Memeliharanya.

Artikel Bahaya Memelihara Hamster ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Bahaya Memelihara Hamster 2024
© freepik.com

Apakah Gigitan Hamster Berbahaya?

Apakah Gigitan Hamster Berbahaya?
freepik.com

Hamster adalah hewan mungil yang termasuk kelompok pengerat. Oleh sebab itu, hamster memiliki kebiasaan unik yaitu suka menggigit. Lalu, apakah gigitan hamster berbahaya? Simak artikel ini lebih lanjut.

Kebiasaan favorit hamster yang suka menggigit adalah sesuatu yang normal. Hal tersebut karena hamster memiliki gigi yang panjang dan tajam, dimana giginya akan tumbuh terus menerus.

Untuk menjaga gigi hamster terus tumbuh, maka ia akan menggigiti benda-benda di sekitarnya, tidak terkecuali tangan Unyulicious. Maka dari itu, Unyulicious bisa memberinya makanan bertekstur keras untuk mencegah pertumbuhan giginya.

Gigi hamster yang terus tumbuh adalah sepasang gigi seri di bagian rahang atas dan bawah. Hamster sendiri memiliki gigi berjumlah 16 buah hingga dewasa. 

Dengan gigi hamster yang banyak dan tajam tersebut, membuat gigitan hamster dapat melukai siapapun yang ia gigit. Bahkan, gigitan hamster dapat membuat pendarahan yang cukup banyak. Besar gigitan hamster pun tergantung dengan ukuran hamster.

Hamster memiliki sifat asli penakut, maka ia akan menggigit ketika ia merasa ketakutan dan terancam. Ketika merasa terusik karena digenggam, hamster akan langsung menggigit orang yang menggenggamnya. 

Setelah digigit oleh hamster, cepat bersihkan luka yang timbul akibat gigitan menggunakan air dan sabun guna menghindari infeksi. Unyulicious juga bisa menggunakan plester untuk menyumbat pendarahan.

Maka, dapat dikatakan bahwa gigitan hamster tidak terlalu bahaya. Namun, gigitan dari hamster tersebut akan menjadi bahaya jika sebelumnya hamster tertular virus yang membahayakan.

Lantas, dari penjelasan ini, apakah hamster berbahaya? Cari tahu jawabannya dengan membaca artikel bahaya memelihara hamster ini hingga selesai, ya!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Bahaya Memelihara Hamster - Terbaru 2024

Menurut penelitian Eli (2010), resiko kematian hamster cukup besar karena hewan pengerat ini memiliki sifat suka menggigit kawannya hingga mati. Sama halnya ketika bayi hamster lahir, jika tidak segera memisahkannya dari si induk jantan, maka anak hamster akan mati. 

Meskipun terkenal sebagai hewan yang ramah terhadap anak, namun kebiasaan hamster yang suka menggigit bisa membuat orang tua sang pemilik hamster waswas. Untuk itu, simak beberapa bahaya memelihara hamster di bawah ini sebelum memutuskan untuk memelihara hamster. 

1
Hamster Suka Menggigit

Menggigit adalah Perilaku Defensif Hamster

Hamster Suka Menggigit

2
Mampu Menyebarkan Penyakit dan Bakteri

Perawatan yang Tepat Meminimalisir Penyebaran Penyakit

Mampu Menyebarkan Penyakit dan Bakteri

3
Pemeliharaannya Membutuhkan Pengawasan Orang Dewasa

Sekalipun Mudah, Anak Tetap Membutuhkan Pengawasan

Pemeliharaannya Membutuhkan Pengawasan Orang Dewasa

4
Memiliki Umur yang Pendek

Vitamin Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Hamster

Memiliki Umur yang Pendek

5
Termasuk Hewan Nokturnal

Suaranya yang Keras Bisa Mengganggu Pemiliknya

Termasuk Hewan Nokturnal

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Menggigit adalah Perilaku Defensif Hamster
© freepik.com
1
Menggigit adalah Perilaku Defensif Hamster

Hamster Suka Menggigit

Rekomendasi kami

Hamster adalah hewan yang suka menggigit, baik saat ketakutan maupun kesal. Daripada hewan pengerat lainnya, hamster adalah hewan yang paling sering menggigit. 

Maka untuk bertahan hidup, hamster mengandalkan indera lainnya, seperti suara, rasa, dan penciuman. Ketika hamster tidak mengenali Unyulicious, maka ia akan menggigit untuk melindungi diri dari ancaman. Oleh sebab itu, penting untuk Unyulicious mengetahui cara penanganan hamster. 

Meskipun gigi hamster kecil dan tubuhnya mungil, namun Unyulicious tidak boleh meremehkan gigitannya. Gigitan hamster akan terasa sakit dan dapat menyebabkan pendarahan. Jika hamster menggigit anak Anda, maka bisa jadi anak akan menjadi takut dan trauma pasca kejadian ini. 

Perawatan yang Tepat Meminimalisir Penyebaran Penyakit
© freepik.com
2
Perawatan yang Tepat Meminimalisir Penyebaran Penyakit

Mampu Menyebarkan Penyakit dan Bakteri

Rekomendasi kami

Pemeliharaan hamster memang cukup mudah, namun ia termasuk binatang yang rentan terkena virus. Apalagi jika hamster mewarisi penyakit turunan.

Hamster rentan terkena gagal jantung kongestif di usia 6 bulan dan belum ada obatnya. Bisa jadi, jika membawanya ke dokter, maka harga yang harus Unyulicious bayarkan akan mahal. 

Di sisi lain, hamster juga bisa membawa bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan diare, kram perut, dan demam. Tidak hanya bakteri Salmonella, hamster juga dapat membawa penyakit lainnya. Adapun penyakit hamster yang menular pada manusia yaitu Choriomeningitis limfostik dan hantavirus.

Namun, resiko hamster terkena penyakit dapat diminimalisir dengan merawatnya dengan benar. Selain itu, Unyulicious juga perlu melakukan perilaku higienis seperti mencuci tangan setelah bermain dengan hamster agar tidak ada virus atau bakteri yang tertinggal di badan Anda. 

Sekalipun Mudah, Anak Tetap Membutuhkan Pengawasan
© freepik.com
3
Sekalipun Mudah, Anak Tetap Membutuhkan Pengawasan

Pemeliharaannya Membutuhkan Pengawasan Orang Dewasa

Rekomendasi kami

Meskipun perawatan hamster terbilang mudah, namun orang dewasa masih perlu melakukan pengawasan untuk anak-anak yang memeliharanya. Hamster akan sensitif jika perawatan yang dilakukan kepadanya salah, sehingga ia akan langsung menggigit.

Secara umum, hamster bukanlah peliharaan yang bagus untuk anak di bawah umur 8 tahun. Maka, Unyulicious perlu mengedukasi anak untuk melakukan keperawatan dan interaksi yang benar.

Unyulicious juga bisa melengkapi kebutuhan kandangnya agar ia tidak merasa stres. Pasalnya, stres dapat membuat hamster lebih agresif sekalipun ia telah mengenal dekat Anda sebagai pemiliknya. Anda bisa menambahkan mainan, seperti kincir putar, rumah atau terowongan gelap, dan sebagainya. 

Selain itu, pembersihan kandang juga memiliki arti penting dalam merawat hamster. Yang dimaksud pembersihan kandang adalah membersihkan kandang secara menyeluruh, termasuk tempat main, sela-sela kandang, tempat makan minum, dan alas kandang.

Jika kandang bersih, maka hamster akan terhindar dari kutu yang bisa saja menempel di bulunya, dimana bulu merupakan baju hamster. Ciri hamster terkena kutu adalah terus-menerus garuk badannya. Kandang yang bersih juga mencegah bau tidak sedap yang dapat mengganggu lingkungan di rumah.

Vitamin Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Hamster
© freepik.com
4
Vitamin Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Hamster

Memiliki Umur yang Pendek

Rekomendasi kami

Umumnya, hamster hanya hidup selama 2-3 tahun. Oleh sebab itu, jika mencari binatang peliharaan yang dapat menemani Unyulicious dalam waktu yang lama, hamster bukanlah pilihan yang tepat.

Jangka waktu hidup yang tidak lama bisa membuat sang pemilik mengalami kehilangan dan kesedihan ketika hamster mati. Terlebih bagi anak-anak yang mudah terikat dengan hal-hal yang mereka sukai. Tentunya, kematian hamster yang mereka sayangi akan menjadi pukulan yang besar bagi emosional mereka. 

Untuk membantu hamster hidup lebih lama, Unyulicious bisa memerhatikan pemberian pakan. Anda bisa memberi makanan favoritnya, seperti sayur, buah, dan biji-bijian. Pakan yang bernutrisi memiliki manfaat biar hamster tidak rentan terkena penyakit, membuatnya lebih gendut, dan menggemaskan. 

Suaranya yang Keras Bisa Mengganggu Pemiliknya
© freepik.com
5
Suaranya yang Keras Bisa Mengganggu Pemiliknya

Termasuk Hewan Nokturnal

Rekomendasi kami

Banyak orang yang memelihara hamster tanpa mengetahui bahwa hamster tergolong hewan nokturnal. Karena hamster termasuk hewan nokturnal, maka ia akan menjadi sangat aktif di malam hari. Sebaliknya, di siang hari hamster akan istirahat.

Saat beraktivitas di malam hari, ia akan mengeluarkan suara yang sangat keras, terlebih saat melakukan aktivitas di kandangnya. Suara yang keras tersebut tentu dapat mengganggu waktu istirahat Unyulicious. 

Oleh sebab itu, sebelum memelihara hamster, penting untuk Unyulicious mengetahui fakta ini. Pastinya Unyulicious tidak mau ‘kan kalau waktu tidur terganggu oleh suara bising dari hamster? 

Tanya Jawab Seputar Bahaya Memelihara Hamster

Menarik ‘kan membahas tentang hamster? Setelah membaca penjelasan di atas, masih adakah hal yang membuat Unyulicious penasaran? Jika ada, ayo simak section di bawah ini. Pertanyaan dan jawaban di bawah ini semoga dapat menjawab rasa penasaran Unyulicious. Check it out!

Apa efek samping memelihara hamster?

Salah satu efek samping memelihara hamster adalah ia bisa membawa bakteri salmonella, virus choriomeningitis limfositik, dan hatavirus yang dapat ditularkan kepada manusia. 

Apakah gigitan hamster kecil sakit?

Tidak, gigi kecil hamster bisa jadi tidak akan membuat Anda kesakitan seperti gigitan kucing atau anjing. Meskipun begitu, Anda tetap perlu waspada dan berhati-hati. 

Apa saja kelemahan dalam memelihara hamster?

Kelemahan dalam memelihara hamster yaitu dapat menularkan bakteri dan penyakit kepada pemiliknya. 

Kesimpulan: Bahaya Memelihara Hamster

Sebenarnya, bahaya memelihara hamster dapat Anda minimalisir dengan melakukan keperawatan dan latihan yang tepat. Anda bisa melakukan beberapa cara antara lain memandikan hamstaer, memberi cemilan, bermain bersama, dan lain sebagainya. Manfaat menerapkan cara-cara tersebut tentunya membuat hamster menjadi lebih jinak dan lebih kenal dengan Anda.

Akan lebih baik jika Anda merawat hamster sejak masih anakan. Sebab, melatih dan menjinakkan anak hamster akan lebih mudah daripada hamster dewasa. Penjelasan dan rekomendasi produk dari tim Unyu di atas harapannya dapat menjadi pedoman Unyulicious sebelum memelihara hamster. Anda bisa beli produk rekomendasi dari tim Unyu di toko perlengkapan hewan terdekat.

Jika ingin mempelajari karakteristik tentang hamster atau hewan lainnya, Unyulicious bisa berselancar di situs www.unyu.com yang membahas tentang hewan peliharaan secara lengkap. Lantas, setelah membaca, apakah Unyulicious masih berniat untuk memelihara hamster? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo