Hide Menu

Mata Hamster Terus Berair dan Merah? Simak 2 Cara Mengobati Mata Hamster yang Sakit!

Lakukan Cara Mengobati Mata Hamster yang Sakit Ini dan Buat Penglihatan Hamster Kembali Sempurna

Artikel Cara Mengobati Mata Hamster yang Sakit ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Cara Mengobati Mata Hamster yang Sakit 2024
© freepik.com

Apa Saja Penyakit yang Terjadi pada Hamster?

Apa Saja Penyakit yang Terjadi pada Hamster?
freepik.com

Sama halnya dengan manusia, hewan adalah makhluk hidup yang juga bisa sakit, tidak terkecuali hamster. Namun, apakah penyakit yang terjadi pada manusia sama dengan yang terjadi pada hamster? Jawabannya, belum tentu.

Lantas, apa saja penyakit yang sering mengincar hamster? Berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi pada hamster. 

  • Hamster Conjunctivitis atau Hamster Sticky Eye

Konjungtivitas adalah peradangan bagian dalam kelopak mata yang dapat membuat mata hamster tertutup. Penyebabnya adalah reaksi alergi pada alas kandang atau efek serbuk kayu. Gejalanya, mata hamster akan terlihat merah dan ia akan garuk matanya hingga penglihatannya tidak sempurna. 

  • Hamster Colds atau Flu Hamster

Penyebab flu hamster yaitu suhu yang kering. Maka dari itu, penempatan kandang sangat memengaruhi kesehatannya. Gejala yang hamster tunjukkan antara lain hidung basah, bersin, napas terengah-engah, dan duduk membungkuk.

  • Hamster Diarrhoea atau Diare

Diare terjadi akibat pola makan yang tidak benar. Selain itu, bisa juga terjadi akibat kombinasi makanan yang salah. Makanan yang sudah membusuk, air minum yang kotor, dan pemberian sayur yang berlebih juga dapat menjadi penyebab diare. Gejalanya yaitu kotoran encer, berwarna hijau, dan kuantitasnya banyak.

  • Hamster Skin Mites

Skin mites atau tungau adalah hewan kecil bertungkai 8 seperti laba-laba dan termasuk parasit yang bahaya. Jika hamster terserang tungau, maka hamster lain yang berada di kandang yang sama akan tertular. Gejala dari penyakit ini adalah hamster akan terus menerus garuk badannya hingga bulunya rontok.

  • Hamster Stroke

Umumnya, stroke terjadi pada hamster yang sudah tua. Ini juga bisa terjadi jika ada panas berlebih di sekitar kandang. Hamster yang terkena stroke memiliki harapan hidup yang kecil. Sekalipun mampu bertahan hidup, ia akan mengalami head tilt atau kepala miring secara permanen. Head tilt juga dapat terjadi karena adanya infeksi pada bagian dalam telinga maupun infeksi saluran pernapasan. 

  • Hamster Glaucoma

Glaukoma menyerang mata hamster. Gejalanya mata hamster akan tampak lebih besar. Penyakit ini membuat peningkatan jumlah cairan di dalam bola mata hamster, lalu menyebabkan penglihatan hamster menghilang. Hamster yang terkena glaukoma akan menggosok matanya, lalu mata hamster akan menjadi besar sehingga keluar dari soketnya. 

  • Hamster Wet Tail atau Ekor Basah

Ekor basah yang terjadi pada hamster adalah infeksi dari bakteri yang menyebabkan hamster terkena diare parah. Stress dan pola makan yang salah dan tidak seimbang adalah penyebabnya. Gejalanya yaitu daerah sekitar bokong ke anus lengket dan basah. Daerah pantat yang basah tersebut juga menyebabkan hamster bergerak sangat lambat dan tidak nafsu makan. 

  • Hamster Cancers/Tumours

Tumor pada hamster adalah benjolan tidak biasa dan semakin lama semakin besar. Tumor biasa terjadi karena usia hamster yang sudah tua atau perkawinan satu darah/satu garis keturunan.

  • Hamster Bladder Stones atau Batu Ginjal 

Gejala dari batu ginjal pada hamster yaitu adanya rasa sakit ketika buang air, sehingga bisa disertai darah. Di sisi lain, hamster akan terlihat lemas dan lesu. 

Itulah beberapa penyakit yang biasa terjadi pada hamster. Lalu, jika penyakit menyerang mata, bagaimana cara mengobati mata hamster yang sakit? Sebagai pemilik, Anda harus tahu tips dan trik yang benar. Maka dari itu, ayo simak artikel ini sampai akhir!  

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Cara Mengobati Mata Hamster yang Sakit - Terbaru 2024

Dalam memelihara hamster, terdapat beberapa hal yang harus Unyulicious perhatikan. Mulai dari cara memegang dan penggunaan serbuk kayu. Jika serbuk kayu terlalu halus, maka serbuk kayu tersebut dapat membuat iritasi pada mata hamster (Eli, 2010). Jika Anda memegang hamster terlalu erat, ini juga dapat membuat mata hamster berair.

Selain itu, 2 penyakit mata yang sering kali menyerang hamster yaitu glaukoma dan konjungtivitis. Meskipun penyebab kedua penyakit tersebut berbeda, namun apakah cara penyembuhannya sama? Mari pelajari jawabannya melalui penjelasan di bawah ini. 

1
Hamster Konjungtivits

Lakukan dengan Lembut agar Sakit Tidak Semakin Parah

Hamster Konjungtivits

2
Hamster Glaukoma

Jangan Salah Mengartikan Mata Besar Hamster

Hamster Glaukoma

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lakukan dengan Lembut agar Sakit Tidak Semakin Parah
© freepik.com
1
Lakukan dengan Lembut agar Sakit Tidak Semakin Parah

Hamster Konjungtivits

Rekomendasi kami

Kasus mata pertama yang biasa terjadi pada hamster adalah konjungtivitis. Penyakit ini akan membuat hamster tidak bisa melihat, bahkan matanya tidak terbuka. Lalu, bagaimana cara mengatasi penyakit ini? Berikut penjelasannya.

  • Pegang Hamster dengan Lembut

Lakukan dengan lembut dan menyakiti hamster. Jika Unyulicious terlalu kasar, maka proses awal ini malah akan menimbulkan cedera pada hamster. Angkat hamster dengan lembut dan jangan langsung membersihkan matanya. Tunggu sampai ia merasa tenang dan nyaman, barulah Unyulicious bisa membersihkan matanya. 

  • Basahi Korek Kuping 

Basahi korek kuping dengan air suam. Perlu Unyulicious ingat untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas karena dapat membakar hamster dan merusak matanya. 

  • Tempelkan Korek Kuping di Atas Matanya

Jangan membuka mata hamster sekaligus sebab air mata yang mengering memang akan merapatkan matanya. Jika Unyulicious membukanya dengan paksa, maka hal itu dapat menyebabkan masalah.  Sebaliknya, Unyulicious harus bersikap lebih lembut untuk mengatasi air mata yang mengering tersebut.

Cobalah menempelkan korek kuping yang sudah dibasahi di atas mata hamster selama 2 menit. Langkah ini dapat membantu meregangkan kelopak mata hamster. Bahkan, hamster bisa membuka matanya sendiri setelah Anda menempelkan korek kuping yang basah tersebut. 

  • Bersihkan Sisa-Sisa Kotoran dari Kelopak Mata

Setelah Unyulicious menempelkan korek kuping yang basah tadi, perlahan air mata akan menjadi lembut. Selanjutnya, bersihkan sisa kotoran yang menempel di mata hamster dengan lembut. 

  • Buka Mata Hamster dengan Lembut

Setelah membersihkan kotoran di mata hamster, mata akan lebih mudah dibuka. Tarik kelopak mata hamster dengan lembut hingga hamster bisa membuka matanya sendiri. 

  • Cuci Mata Hamster Secara Teratur

Jika mata hamster mudah rekat, Unyulicious bisa mencegahnya dengan mencuci mata hamster secara teratur. Ambil lap basah dan lap mata hamster untuk menyingkirkan penumpukan cairan.

Cara ini dapat mencegah munculnya kotoran mata yang mengering dan menjaga agar mata hamster tidak rapat. Jika Unyulicious memiliki hamster senior, lakukanlah cara ini lebih sering. Pasalnya, hamster yang menua rentan terkena masalah ini. 

  • Konsultasikan ke Dokter Hewan

Jika Unyulicious ragu untuk melakukannya sendiri, segera konsultasikan ke dokter hewan sebab yang ahli akan memberi penanganan yang tepat dan sesuai. 

Jangan Salah Mengartikan Mata Besar Hamster
© freepik.com
2
Jangan Salah Mengartikan Mata Besar Hamster

Hamster Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang terjadi karena penanganan yang kasar, perkelahian atau karena Anda memegang terlalu erat di bagian tengkuknya. Oleh sebab itu, hindari memegang hamster dari bagian tengkuknya. 

Penyakit ini menyerang mata dan membuat mata hamster bengkak hingga berisiko hilangnya penglihatan. Sebagai tambahan informasi, sebaiknya hamster yang terkena glaukoma tidak dikembangbiakkan terlebih dahulu. Jika dibiarkan, hamster akan melahirkan keturunan yang kurang sehat. 

Secara alami, hamster memiliki bola mata yang besar untuk dapat melihat mangsanya. Namun, glaukoma tidak boleh Anda salah artikan dengan hal tersebut. 

Saat ini, belum ada pengobatan khusus untuk mengatasi glaukoma hamster. Hal yang bisa Unyulicious lakukan adalah segera membawa hamster ke dokter hewan. Nantinya, dokter akan memeriksa dan memberi obat penghilang rasa sakit jika hamster tampak sangat kesakitan. 

Tanya Jawab Seputar Cara Mengobati Mata Hamster yang Sakit

Tidak jauh berbeda dengan manusia, mengatasi masalah kesehatan hamster juga bisa jadi tidak mudah. Oleh karena itu, tim Unyu telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering kali ditanyakan perihal cara mengobati mata hamster yang sakit. Simak pertanyaan dan jawaban di bawah ini, ya. 

Kenapa mata hamster tertutup?

Mata hamster yang tertutup dapat mengindikasikan bahwa ada sesuatu yang masuk ke matanya. 

Apa ciri-ciri hamster yang sakit?

Tanda hamster yang sedang sakit antara lain nafsu makan menurun, bulu kotor dan rontok, postur membungkuk, lemas dan kurang aktif, benjolan pada hamster di bagian bawah kulit, hingga bersin terus-menerus. Selain itu, matanya akan berair dan kusam, cara berjalannya tidak normal, hidung berair, serta terlihat sesak napas dan menggigil.

Apa penyebab mata hamster merah?

Penyebab mata hamster merah yaitu adanya serutan kayu atau pasir yang masuk ke dalam mata. 

Kesimpulan: Cara Mengobati Mata Hamster yang Sakit

Hewan peliharaan yang sakit tentu membuat khawatir pemiliknya. Perlu Unyulicious ingat, sebaiknya Anda hindari pemberian obat manusia kepada hewan karena bisa jadi akan memperburuk kondisi hewan, bahkan berisiko mati.

Penyakit yang bisa menyerang hamster dapat Anda cegah dengan memberi pemeliharaan yang tepat. Anda bisa membersihkan kandang secara teratur untuk menghindarkan hamster dari kutu atau jamur, memberi pakan bernutrisi dan vitamin, serta memberi hamster waktu tidur yang cukup.

Cara mengobati mata hamster yang sakit di atas tentu dapat menjadi pedoman untuk Anda. Selain itu, Unyulicious juga bisa mencari info di situs-situs kedokteran hewan dan sejenisnya. Tidak lupa, selalu beri kasih sayang dan perhatian untuk hamster. Sebab afeksi dari pemiliknya tentu akan membangun semangat hamster untuk segera sembuh. Semoga peliharaan Anda cepat sembuh!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo