Hide Menu

7 Perbedaan Hamster Mata Merah dan Hitam Berikut Gak Bikin Bingung Bedain Jenis Hamster

Berikut Jenis-Jenis dan Perbedaan Hamster, Cocok Sebagai Hewan Peliharaan dan Teman Bermain di Rumah

Artikel Perbedaan Hamster Mata Merah dan Hitam ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Perbedaan Hamster Mata Merah dan Hitam 2024
© freepik.com

Jenis Hamster yang Umum Sebagai Hewan Peliharaan

Jenis Hamster yang Umum Sebagai Hewan Peliharaan
freepik.com

Selain kucing, anjing, dan burung, hewan lainnya yang menjadi idola sebagai peliharaan adalah hamster. Hewan pengerat satu ini memiliki gambar corak dan warna yang beragam, sehingga terlihat lucu dan menggemaskan. Salah satu alasan banyak orang memeliharanya adalah karena perawatannya mudah.

Hamster adalah hewan peliharaan yang ramah untuk anak-anak, bahkan pemula. Selain itu, ada beberapa jenis hamster di dunia. Apa saja jenis-jenis hamster tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini. 

  • Hamster Cina (Chinese)

Hamster Cina memiliki ekor yang lebih panjang daripada ras hamster lainnya. Jenis hamster ini cocok untuk anak-anak, dan memiliki habitat asal padang pasir di Cina Utara dan Mongolia. Selain itu, jenis hamster ini dapat hidup 2-3 tahun, gesit, dan cukup cepat. Namun, meskipun mudah bersosialisasi, hamster ini lebih suka hidup sendiri. 

  • Campbell Russian Dwarf Hamster

Hamster ini termasuk jenis hamster yang cepat, gesit, dan menantang untuk ditangani. Mereka dapat dengan mudah bergaul dengan hamster dwarf lainnya. Secara umum, hamster ini dapat hidup 1-2 tahun. Meskipun terkenal sulit dipegang, jenis satu ini masih cocok sebagai hewan peliharaan anak-anak maupun orang dewasa.

  • Hamster Syrian

Jenis hamster ini populer dengan nama Teddy Bear Hamster dan hamster emas. Hamster Syrian perawatannya mudah dan memiliki sifat yang ramah. Mereka dapat hidup selama 2-3 tahun. Jika tertarik untuk merawatnya, sebaiknya biarkan ia hidup sendiri. Pasalnya, jenis ini dapat menjadi agresif terhadap hamster lain. Salah satu jenis hamster yang masuk ke dalam kelompok hamster Syrian yaitu Fujiyama. 

  • Roborovski Dwarf Hamster

Hamster Roborovski Dwarf adalah jenis hamster terkecil. Ia suka menggigit, sehingga Unyulicious perlu menanganinya dengan hati-hati. Dengan demikian, hamster ini bukanlah jenis hamster yang aman untuk anak-anak. Jenis hamster ini dapat hidup 3-4 tahun. Unyulicious dapat menempatkannya dalam kelompok dengan jenis kelamin yang sama atau dengan cara berpasangan.

  • Winter White Dwarf Hamster

Winter White Dwarf Hamster ini memiliki keunikan. Bulunya dapat berubah menjadi warna putih di musim dingin dan abu-abu di musim panas. Hamster ini berukuran kecil dan dapat berlari dengan sangat cepat. Habitat asli hamster ini adalah padang stepa berumput dan bersuhu rendah, bahkan cenderung bersalju. 

Jenis hamster ini dapat hidup sekitar 1-2 tahun. Ia memiliki sifat sosial yang baik, dan jika memperkenalkannya sejak dini dengan hamster lain, maka ia dapat hidup berkelompok dengan jenis kelamin yang sama. Beberapa jenis hamster yang tergabung dalam kelompok Winter White antara lain hamster Argente, Golden, Tiger, dan Pearl. 

Lalu, setelah membaca jenis-jenis hamster yang umum dipelihara di atas, apakah perbedaan hamster mata merah dan hitam? Perhatikan lebih lanjut penjelasan mengenai topik tersebut di bawah ini. Simak sekarang!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Perbedaan Hamster Mata Merah dan Hitam - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Eli (2010), mata hamster umumnya akan membesar, muncul, dan diatur dengan besar. Warna mata hamster umumnya tergantung dari cahaya gelap.

Adapun warna mata hamster, antara lain hitam, merah muda, merah, merah delima, coklat gelap, warna anggur, akik merah tua, dan merah anggur. Lalu, bagaimana cara bedain hamster mata merah dan hitam? Perhatikan setiap uraian karakteristik hamster di bawah ini. 

1
Ukuran Tubuh Hamster

Jenis Hamster Memengaruhi Ukuran Tubuh

Ukuran Tubuh Hamster

2
Warna Mata Hamster

Mata Merah Adalah Hal yang Cukup Normal

Warna Mata Hamster

3
Sikap Hamster terhadap Manusia

Terdapat Perbedaan Sikap yang Signifikan antara Keduanya

Sikap Hamster terhadap Manusia

4
Warna Bulu Hamster

Warna Bulu Bergantung dengan Spesies Hamster

Warna Bulu Hamster

5
Aktivitas Keseharian Hamster

Salah Satu Jenis Hamster Termasuk Hewan Nokturnal

Aktivitas Keseharian Hamster

6
Respon Hamster Jika Berintegrasi dengan Hamster Lain

Beberapa Hamster Lebih Suka Hidup Sendiri

Respon Hamster Jika Berintegrasi dengan Hamster Lain

7
Kebutuhan Kandang Hamster

Perhatikan Ukuran Kandang dan Penambahan Mainan

Kebutuhan Kandang Hamster

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Jenis Hamster Memengaruhi Ukuran Tubuh
© freepik.com
1
Jenis Hamster Memengaruhi Ukuran Tubuh

Ukuran Tubuh Hamster

Rekomendasi kami

Ukuran tubuh hamster dengan warna mata merah cenderung lebih besar dan bulat. Sedangkan, hamster berwarna mata hitam memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dan ramping.

Sebagai contoh, jenis hamster mata merah yaitu hamster Syrian. Ukuran tubuhnya ketika dewasa berkisar 13-20 cm dengan bobot 120-125 gram. Tubuhnya padat dan memiliki ekor yang kecil. Bahkan, ekor tersebut hampir tidak terlihat karena tertutup bulu tubuhnya. 

Sedangkan untuk hamster dengan warna mata hitam salah satunya adalah Campbell Panda. Meskipun termasuk jenis hamster kerdil, namun ukuran di setiap lokasi berbeda. Di Mongolia, rata-rata panjang kepala dan tubuh hamster ini 80 mm, panjang ekor 5 mm, dan rata-rata panjang kaki belakang 13,5 mm.

Kendati memiliki ukuran tubuh yang berbeda, namun secara umum makanan yang dapat Unyulicious beri untuk setiap hamster sama. Unyulicious bisa memberi makanan sesuai rekomendasi dari tim Unyu di atas. 

Mata Merah Adalah Hal yang Cukup Normal
© freepik.com
2
Mata Merah Adalah Hal yang Cukup Normal

Warna Mata Hamster

Secara umum, warna mata hamster yaitu hitam. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa hamster memiliki warna mata lain seperti merah, coklat, biru, dan lainnya. 

Meskipun begitu, warna mata merah pada hamster tidak selalu berarti ia sedang mengalami iritasi. Ada beberapa hal yang membuat mata hamster berwarna merah selain iritasi dan infeksi, antara lain:

  • Kekurangan Melanin

Beberapa hamster tidak memiliki pigmen melanin yang memberi warna pada bulu, mata, dan bagian hair. Hamster yang kekurangan melanin, bulu dan matanya tidak berwarna. Itulah yang membuat tubuhnya berwarna putih dan matanya tampak berwarna merah cerah. Hamster yang tidak memiliki melanin disebut hamster albino dan sepenuhnya normal. 

  • Kebutaan

Mata berwarna merah juga tampak pada hamster yang mengalami kebutaan. Untuk mengidentifikasi apakah hamster mengalami kebutaan atau tidak, amatilah gejala-gejala berikut:

  1. Tidak merespon gerakan apapun
  2. Tidak aktif berinteraksi dengan hamster lain
  3. Jarang bergerak ketika masih bayi
Terdapat Perbedaan Sikap yang Signifikan antara Keduanya
© freepik.com
3
Terdapat Perbedaan Sikap yang Signifikan antara Keduanya

Sikap Hamster terhadap Manusia

Rekomendasi kami

Secara umum, hamster yang memiliki mata berwarna merah lebih ramah dan mudah jinak. Sebaliknya, Unyulicious akan lebih sulit dalam menjinakkan hamster dengan mata hitam. 

Seperti halnya hamster Roborovski atau yang biasa dikenal dengan hamster Robo. Hamster Robo adalah hamster terkecil dan tercepat daripada jenis hamster lain. 

Hamster ini adalah jenis yang paling susah untuk dijinakkan. Hal itu karena ia sangat sulit dipegang dan biasanya akan lompat jika berada di tangan manusia. Karena proses penjinakannya susah, maka hamster ini tidak cocok untuk anak-anak. 

Di sisi lain, hamster Robo juga paling susah untuk diternakkan. Penyebabnya adalah gen mereka yang susah untuk melakukan pembuahan di dalam. Faktor lainnya adalah jenis ini dominan jantan daripada betina untuk generasi turunannya. 

Warna Bulu Bergantung dengan Spesies Hamster
© freepik.com
4
Warna Bulu Bergantung dengan Spesies Hamster

Warna Bulu Hamster

Warna bulu hamster merah dan hitam hampir sama. Hamster yang memiliki warna mata merah umumnya memiliki warna bulu putih, cokelat, keemasan, dan abu.

Sedangkan hamster dengan ciri warna mata hitam memiliki warna bulu cokelat, belang, dan abu. Perbedaan warna bulu tersebut akan bergantung dengan jenis spesies dari hamster itu sendiri. 

Salah Satu Jenis Hamster Termasuk Hewan Nokturnal
© freepik.com
5
Salah Satu Jenis Hamster Termasuk Hewan Nokturnal

Aktivitas Keseharian Hamster

Rekomendasi kami

Dari sisi aktivitas keseharian hamster, hamster dengan warna mata merah cenderung aktif di malam hari. Berbeda dengan hamster dengan mata warna hitam, hamster dengan warna mata merah memiliki tingkat akitvitas yang tinggi di setiap harinya.

Misalnya, hamster Winter White. Hamster ini tergolong sebagai hewan nokturnal, dimana ia akan lebih aktif di malam hari. Saat siang hari, ia akan memilih beristirahat, sehingga Unyulicious akan melihat keaktifan hamster ini dalam waktu singkat. 

Secara umum, hamster ini termasuk hewan peliharaan yang pendiam. Akan tetapi, mereka akan terdengar berisik di malam hari karena ia akan sangat sibuk beraktivitas di dalam kandangnya.  

Beberapa Hamster Lebih Suka Hidup Sendiri
© freepik.com
6
Beberapa Hamster Lebih Suka Hidup Sendiri

Respon Hamster Jika Berintegrasi dengan Hamster Lain

Tidak semua jenis hamster memiliki sifat sosial yang baik. Beberapa jenis hamster lebih senang jika hidup sendiri dan akan menjadi agresif jika hidup dengan hamster lain. Tidak selalu bersikap agresif, beberapa hamster memang tidak suka jika hidup berkelompok. 

Untuk hamster mata merah, ia akan lebih sulit diintegrasikan, seperti hamster Syrian. Jenis hamster ini lebih suka hidup menyendiri. Bahkan, jika Unyulicious mencoba untuk mengurungnya bersama dengan hamster lain, mereka akan bertengkar hingga salah satunya kembali sendirian.

Jika Unyulicious memutuskan untuk memelihara lebih dari 1 hamster, pastikan mereka tinggal di kandangnya masing-masing, ya! Ini sudah pasti lebih baik daripada membiarkan mereka bersatu dan bertengkar satu sama lain. 

Perhatikan Ukuran Kandang dan Penambahan Mainan
© freepik.com
7
Perhatikan Ukuran Kandang dan Penambahan Mainan

Kebutuhan Kandang Hamster

Rekomendasi kami

Mengingat hamster yang memiliki mata berwarna merah berukuran besar dan bulat, tentu Unyulicious membutuhkan kandang yang luas. Sebaliknya, Unyulicious perlu menyiapkan kandang dengan ukuran mini atau standar untuk hamster mata hitam. 

Unyulicious juga harus mempertimbangkan pemberian mainan di kandangnya. Sebelum menambah mainan ke dalam kandang hamster, pastikan ia masih memiliki ruang yang cukup untuk bergerak. 

Jika adanya mainan malah membatasi ruang geraknya, sebaiknya urungkan niat untuk menambah mainan tersebut. Pasalnya, jika Unyulicious tetap menambah mainan, hamster bisa menjadi stres karena ruang bergeraknya terbatas. 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Hamster Mata Merah dan Hitam

Cukup menarik ‘kan mengetahui tentang hamster? Oleh karena itu, agar wawasan Unyulicious tentang hamster semakin bertambah, luangkan sedikit waktu untuk membaca pertanyaan dan jawaban di bawah ini, ya. Check it out!

Apa jenis hamster yang matanya merah?

Jenis hamster yang memiliki warna mata merah yaitu Campbell Albino dan Campbell Dove. 

Apa artinya jika mata hamster berwarna merah?

Mata hamster berwarna merah menandakan bahwa ia sedang terkena iritasi mata. Iritasi membuat mata hamster menjadi berwarna merah dan berair. 

Apakah hamster harus memiliki teman?

Iya, hamster harus memiliki teman agar tidak merasa kesepian. Hal itu karena hamster adalah hewan dengan jiwa sosial yang tinggi. 

Hamster mata merah jenis apa?

Salah satu jenis hamster mata merah yaitu Campbell Dove. 

Kesimpulan: Perbedaan Hamster Mata Merah dan Hitam

Di Indonesia, hamster adalah salah satu hewan yang memiliki banyak peminat. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun menyukai hamster. Hamster dijual dengan harga yang beragam, mulai dari harga yang murah hingga mahal. Umumnya, perbedaan harga bergantung pada jenis dan umur hamster tersebut. 

Sama halnya dengan kucing yang memiliki ras anggora, hamster pun memiliki jenis ras yang beragam. Bahkan tidak hanya jenis ras, perbedaan hamster warna mata merah dan hitam juga dapat Anda temukan. Lantas, setelah membaca artikel di atas, hamster jenis apa yang menarik perhatian Unyulicious untuk memeliharanya? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo