Hide Menu

Sudah Tahu Tentang 4 Ciri-Ciri Ayam Petelur Medium? Kalau Belum, Simak Lengkapnya di Sini!

Beda Jenis Ayam Petelur, Beda Pula Hasil Telurnya! Kenali Ciri-Ciri Ayam Petelur Medium dalam Artikel Ini, Yuk!

Artikel Ciri-Ciri Ayam Petelur Medium ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Ciri-Ciri Ayam Petelur Medium 2024
© freepik.com

Sekilas Tentang Ayam Ras Petelur

Sekilas Tentang Ayam Ras Petelur
freepik.com

Ayam adalah salah satu unggas yang banyak dibudidayakan, salah satunya adalah jenis ayam petelur. Ayam petelur betina memiliki laju pertumbuhan yang pesat dan kemampuan dalam memproduksi telur tinggi.

Sifat unggul yang dimiliki ayam petelur antara lain laju pertumbuhan yang pesat ketika umur 4,5-5 bulan, bentuk dan ukuran telur normal, bebas dari sifat kanibalisme, serta nilai afkirnya tinggi. Selain itu, konversi penggunaan ransum cukup baik. Setiap 2,2-2,5 kg ransum mampu menghasilkan 1 kg telur. Periode ayam ras petelur pun lebih panjang sebab tidak melewati periode mengeram.

Nah, apakah Unyulicious tahu kalau ayam petelur tidak hanya 1 tipe? Faktanya, ayam petelur memiliki 2 kelompok, yaitu ayam petelur ringan dan medium. Lantas, apa perbedaan ayam petelur ringan dan petelur medium?

Ayam petelur ringan dan medium memiliki deskripsi yang berbeda. Ayam petelur medium memiliki nama lain ayam dwiguna. Dwiguna memiliki arti ayam petelur cokelat yang memiliki berat badan antara ayam tipe ringan dan berat. Selain bermanfaat sebagai ayam petelur, ayam dwiguna juga memiliki manfaat sebagai ayam pedaging jika sudah masuk masa afkir. 

Di sisi lain, ciri-ciri ayam petelur ringan yaitu memiliki bulu warna putih bersih dan jengger warna merah. Ayam petelur ringan sering kali disebut ayam petelur putih. Ayam tipe ini berasal dari galur murni white leghorn

Di artikel ini, tim Unyu hanya akan membahas salah satu dari jenis ayam petelur. Jika Unyulicious tetap di halaman ini sampai akhir, Anda akan mempelajari tentang ayam petelur medium lebih dalam. Untuk itu, peternak pemula yang baru mau menjalakan bisnis ini harus simak ciri-ciri ayam petelur medium berikut sampai habis. Ayo baca sekarang!

Jenis Ayam Petelur Unggul

Jenis Ayam Petelur Unggul
freepik.com

Ayam jago atau ayam kampung adalah ayam lokal asli Indonesia. Ayam kampung merupakan bagian dari ayam buras, yaitu jenis ayam selain ayam ras. Selain ayam kampung, contoh ayam buras lain yang juga dibudidayakan sebagai ayam petelur antara lain ayam arab, ayam kedu, dan ayam nunukan. Ketiga ayam tersebut memiliki kemampuan bertelur yang lebih tinggi daripada ayam kampung. 

Tidak hanya ayam buras, banyak juga peternak yang membudidayakan ayam dara sebagai ayam petelur. Alasannya adalah karena pemeliharaan hewan ini lebih praktis dan peternak tidak repot dengan usaha pembibitan.

Akan tetapi, peternak ayam kampung petelur skala besar tidak bisa melakukan budidaya ayam dara. Hal itu karena persediaan ayam dara tidak terlalu banyak. Kalau Unyulicious, kira-kira mau pilih yang mana dari jenis ayam petelur untuk dibudidayakan? 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Ciri-Ciri Ayam Petelur Medium - Terbaru 2024

Menurut penelitian dari Rosaliya (2014), saat ini terdapat 2 kelompok ayam petelur, yaitu tipe medium dan tipe ringan. Adapun tubuh ayam tipe medium berukuran lebih besar dari ayam petelur tipe ringan. Untuk mengetahui lebih banyak tentang ayam tipe medium, simak ciri-ciri ayam petelur medium yang akan tim Unyu sebutkan di bawah ini. Yuk, baca!

1
Memiliki Warna Tubuh Coklat

Warna Tubuh Sama dengan Warna Telur yang Dihasilkan

Memiliki Warna Tubuh Coklat

2
Otot-Otot Kaki dan Dada Lebih Tebal

Ayam Komersial Sering Kali Memiliki Tubuh Proporsional

Otot-Otot Kaki dan Dada Lebih Tebal

3
Timbangan Badan Lebih Berat

Daging yang Tebal Memengaruhi Bobot Badan

Timbangan Badan Lebih Berat

4
Produksi Telur Cukup Tinggi

Ayam Petelur Mampu Memproduksi Telur dalam Waktu Singkat

Produksi Telur Cukup Tinggi

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Warna Tubuh Sama dengan Warna Telur yang Dihasilkan
© freepik.com
1
Warna Tubuh Sama dengan Warna Telur yang Dihasilkan

Memiliki Warna Tubuh Coklat

Rekomendasi kami

Tubuh ayam petelur medium adalah ciri pertama yang harus Anda tahu. Berwarna coklat, ayam ini berasal dari Strain Lohman Brown. Salah satu ayam petelur medium yang banyak dibudidayakan yaitu jenis Isa Brown.

Ayam Lohmann Brown adalah ayam hibrida dan selektif yang dibiakkan untuk menghasilkan telur. Karakteristik ayam ini memang memiliki bulu berwarna coklat, perutnya lunak, kloaka bulat telur, lebar, terlihat pucat, basah, dan badan agak memanjang.

Banyak orang yang membudidayakan ayam ini mulai dari fase grower. Sebab, saat itu ayam mulai memproduksi telur. Konsumsi pakan ayam sampai umur 20 minggu sekitar 7,4-7,8 kg. Saat produksi, konsumsi pakan berkisar 110-120 gram/ekor/hari dengan konversi ransum 2,1-2,2 kg/kg egg mass.

Ayam Komersial Sering Kali Memiliki Tubuh Proporsional
© freepik.com
2
Ayam Komersial Sering Kali Memiliki Tubuh Proporsional

Otot-Otot Kaki dan Dada Lebih Tebal

Ayam budidaya memang sering kali memiliki otot kaki dan dada lebih tebal. Sebab, ayam tersebut memang orang budidayakan untuk kebutuhan komersial.

Tentunya, ayam yang memiliki tubuh lebih proporsional akan lebih menarik dan memiliki harga jual yang tinggi. Di sisi lain, ayam yang tampak besar juga dapat memberi jumlah telur dan lemak yang cukup.

Daging yang Tebal Memengaruhi Bobot Badan
© freepik.com
3
Daging yang Tebal Memengaruhi Bobot Badan

Timbangan Badan Lebih Berat

Rekomendasi kami

Bobot tubuh tipe ayam petelur medium cukup berat. Meskipun begitu, berat ayam ini masih berada di antara berat ayam petelur ringan dan ayam broiler. Oleh sebab itu, ayam petelur ini disebut tipe ayam petelur medium. 

Tubuh ayam ini tidak kurus, namun juga tidak terlihat gemuk. Telur ayam petelur medium cukup banyak dan dapat menghasilkan daging yang banyak pula. Adapun berat badan rata-rata strain Lohman Brown berkisar 1,6-1,7 kg di usia 20 minggu dan 1,9-2,1 kg pada saat afkir.

Ayam Petelur Mampu Memproduksi Telur dalam Waktu Singkat
© freepik.com
4
Ayam Petelur Mampu Memproduksi Telur dalam Waktu Singkat

Produksi Telur Cukup Tinggi

Rekomendasi kami

Tubuh ayam petelur medium berwarna coklat, sehingga banyak orang yang mengenal ayam ini dengan sebutan ayam petelur coklat. Di Indonesia, masyarakatnya lebih menyukai telur berwarna coklat daripada telur dengan kerabang putih.

Jika melihat dari nilai gizi dan rasa, telur coklat dan putih memiliki kesamaan. Akan tetapi, banyak orang yang menilai bahwa telur berwarna coklat memiliki harga yang lebih mahal.

Secara kualitas, telur berwarna coklat jauh lebih bagus daripada telur berwarna putih karena bobotnya lebih berat. Bahkan, strain ayam petelur medium dapat bertelur hingga 300 butir pertahun. Biasanya, ayam petelur medium akan bertelur di pagi atau sore hari.

Tanya Jawab Seputar Ciri-Ciri Ayam Petelur Medium

Setelah Unyulicious membaca uraian yang telah tim Unyu jelaskan di atas, selanjutnya mari simak beberapa pertanyaan terkait ciri-ciri ayam petelur medium. Berikut daftar yang paling populer:

Apa perbedaan antara ayam petelur ringan dan ayam petelur medium?

Ayam petelur ringan memiliki ciri badan yang ramping, postur tubuhnya kecil, dan warna telurnya putih. Sedangkan ayam petelur medium memiliki postur tubuh yang cukup sedang dan menghasilkan telur berwarna cokelat.

Apa saja tipe ayam petelur?

Ayam petelur memiliki 2 kelompok, antara lain tipe medium dan tipe ringan.

Apa itu infundibulum pada ayam?

Pengertian infundibulum adalah tempat yang berguna untuk menangkap kuning telur yang telah mengalami ovulasi. 

Kesimpulan: Ciri-Ciri Ayam Petelur Medium

Pemeliharaan ayam petelur perlu Anda perhatikan dengan seksama. Bangsa ayam, suhu lingkungan, tahap produksi, serta kondisi kandang adalah beberapa faktor yang memengaruhi kebutuhan pakan dan protein ayam. 

Dengan pemeliharaan yang tepat, tentu ayam akan menghasilkan telur yang banyak dengan kualitas tinggi. Terdapat beberapa jenis ayam yang memang dibudidayakan sebagai ayam petelur, salah satunya adalah ayam petelur medium. Jika tertarik dalam bisnis ini, Anda harus tahu bibit yang berkualitas. 

Unyulicious dapat menggunakan ciri-ciri ayam petelur medium sebagai pedoman untuk budidaya ayam petelur. Gambar rekomendasi produk dari tim Unyu di atas juga dapat Anda gunakan dalam proses pemeliharaan ayam. Lantas, di antara beberapa jenis ayam petelur medium, jenis ayam apa yang akan Unyulicious budidayakan?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo