Hide Menu

Apa Saja Sih Struktur Ilmiah Burung Cinta? Simak Saja 7 Klasifikasi Burung Love Bird Ini!

Kenali Klasifikasi Ilmiah Burung Cinta untuk Menambah Pengetahuan Anda Melalui Artikel di Unyu

Artikel Klasifikasi Burung Love Bird ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Klasifikasi Burung Love Bird 2024
© freepik.com

Spesies Lovebird yang Perlu Unyulicious Ketahui

Spesies Lovebird yang Perlu Unyulicious Ketahui
freepik.com

Apakah Unyulicious sudah tahu tentang burung lovebird sebelumnya? Jika belum, keputusan yang tepat Unyulicious mengunjungi tautan ini. Tim Unyu akan menjelaskan tentang lovebird untuk menambah wawasan Unyulicious. Yuk, kenal lebih dekat dengan lovebird!

Nama lain burung lovebird adalah burung cinta, merupakan salah satu dari sembilan burung spesies genus Agarponis. Dalam bahasa Yunani, Agarponis terbagi menjadi 2 kata besar, yaitu agape dan ornis. Agape memiliki arti cinta, sedangkan ornis memiliki arti burung.

Burung lakbet memiliki tubuh yang kecil, hanya berkisar 13-17 cm dengan berat 40-60 gram saja. Meskipun termasuk burung berukuran kecil, namun burung LB ini memiliki sifat sosial yang baik. 

Delapan dari spesies lainnya berasal dari Afrika, sedangkan asal spesies burung labet kepala abu dari Madagaskar. Asal pemberian nama lovebird yaitu dari pengamatan perilaku umum mereka. Perilaku umum tersebut menunjukkan bahwa sepasang burung cinta akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain. 

Sifat pasangan burung lakbet adalah monogami di alam bebas. Mereka memiliki umur hidup rata-rata 10-15 tahun. Di Indonesia, Unyulicious bisa menemukan banyak lovebird di Papua dan Sumatera Utara. Lantas, apa saja klasifikasi burung love bird

Sebelum menjawab klasifikasi burung love bird, tim Unyu akan membagikan beberapa spesies burung cinta dan nama latin burung lovebird. Perhatikan tabel di bawah ini! 

Nama UmumNama LatinDeskripsiWilayah
Fischer’s LovebirdAgapornis fischeriMemiliki panjang 14 cm. Sebagian besar warna hijau, kepala dan bagian tubuh atas oranye, blue butt, paruh merah, dan berkacamata putih. Selatan Danau Victoria di Tanzania Utara
Black-Masked LovebirdAgapornis personataMemiliki panjang 14 cm. Topeng kepala hitam, sebagian besar warna hijau, paruh merah, bulu dada kuning, dan berkacamata putih.Burundi, Tanzania, dan Kenya
Black-Cheeked LovebirdAgapornis nigrigenisPanjangnya 14 cm. Leher dan bagian belakang kepala coklat, sebagian besar berwarna hijau, paruh merah, berkacamata putih, bagian depan kepala coklat kemerahan, dan bagian dada atas oranye.Zambia

Lilian’s Lovebird

Nyasa Lovebird

Agapornis fischeriMemiliki panjang 13 cm. Sebagian besar mempunyai warna hijau termasuk punggung dan pantat, kepala oranye, paruh merah serta mata berkacamata putih.Malawi

Black-Winged Lovebird

Abyssinian Lovebird

Agapornis pullariusMemiliki panjang 16.5 cm. Sebagian besar warnanya hijau, beberapa helai sayap hitam, dan paruh merah. Burung jantan memiliki warna merah di bagian kepala depan dan atas. Sedangkan burung betina seluruhnya berwarna hijau.Eritrea Selatan sampai Ethiopia Selatan
Australian Peached-faced LovebirdAgapornis roseicollisMemiliki panjang 15 cm. Kebanyakan berwarna hijau dengan bagian punggung bawah dan pantat berwarna biru, muka merah muda, dan paruh berwarna gading. Angola, Afrika Selatan, dan Namibia
Red-faced LovebirdAgapornis pullariusMemiliki panjang 15 cm. Sebagian besar memiliki warna hijau dengan merah di leher bagian atas dan kepala. Burung jantan memiliki paruh yang lebih gelap dari burung betina. Selain itu, burung jantan juga mempunyai warna merah lebih banyak dan lebih gelap di muka dan kepala.Afrika Tengah
Black-collared Lovebird or Swindern’s LovebirdAgapornis swindernianusMemiliki panjang 13.5 cm. Sebagian besar warna hijau, leher coklat dengan hitam di bagian belakang leher, dan paruh berwarna abu tua atau hitam.Khatulistiwa Afrika
Grey-headed Lovebird or Madagascar LovebirdAgapornis canusMemiliki panjang 13 cm. Warna paruh kelabu muda. Sebagian besar berwarna hijau, dengan hijau gelap di bagian punggung. Burung jantan berwarna abu di bagian tubuh atas, leher, dan kepala.Madagaskar
I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Klasifikasi Burung Love Bird - Terbaru 2024

Menurut penelitian Ilham (2019), lovebird merupakan burung yang berada di habitat dataran tinggi. Habitat burung lovebird lainnya yaitu di perbukitan yang banyak rumput dan dekat dengan sumber mata air. 

Dari aneka ragam habitat tersebut, sebenarnya seperti apa sih klasifikasi burung love bird? Untuk mengetahui jawabannya, simak setiap section di bawah ini sampai habis!

1
Kerajaan Lovebird

Lovebird Tergabung ke Dalam Kerajaan Animalia

Kerajaan Lovebird

2
Filum Love Bird

Love Bird Termasuk ke Dalam Filum Chordata

Filum Love Bird

3
Kelas Love Bird

Love Bird Termasuk ke Dalam Kelas Aves

Kelas Love Bird

4
Ordo Lovebird

Lovebird Termasuk ke Dalam Ordo Psittaciformes

Ordo Lovebird

5
Famili Lovebird

Lovebird Masuk ke Dalam Famili Psittacidae

Famili Lovebird

6
Subfamili Lovebird

Lovebird Masuk ke Dalam Subfamili Psittacinae

Subfamili Lovebird

7
Tribus Lovebird

Love Bird Masuk ke Dalam Tribus Psittaculini

Tribus Lovebird

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lovebird Tergabung ke Dalam Kerajaan Animalia
© freepik.com
1
Lovebird Tergabung ke Dalam Kerajaan Animalia

Kerajaan Lovebird

Rekomendasi kami

Hewan memiliki arti organisme eukariotik multiseluler yang membentuk sebuah kerajaan biologi bernama Animalia. Akan tetapi, kerajaan Animalia memiliki hewan pengecualian, yaitu hewan yang yang mengonsumsi bahan organik, melakukan respirasi seluler, bereproduksi dengan cara seksual, motilitas, tumbuh dari bola sel yang berongga, dan blastula selama fase perkembangan embrio. 

Jenis hewan sendiri ada 2, yaitu vertebrata dan invertebrata. Vertebrata adalah jenis hewan yang mencakup semua hewan yang memiliki tulang belakang. Semua jenis ikan, reptil, amfibia, burung, serta mamalia masuk ke dalam vertebrata, kecuali belut, lintah laut, dan remang.

Sedangkan, invertebrata yaitu hewan yang masuk ke dalam jenis hewan yang tidak memiliki tulang punggung antar ruas tulang belakang. Hewan ini terbagi menjadi beberapa golongan, yaitu filum Profera, Protozoa, Platyhelminthes, Artropoda, Annelida, Nemathelminthes, Moluska, Coelenterata, dan Echinodermata. 

Love Bird Termasuk ke Dalam Filum Chordata
© freepik.com
2
Love Bird Termasuk ke Dalam Filum Chordata

Filum Love Bird

Filum Chordata merupakan kelompok hewan yang termasuk vertebrata dan beberapa binatang yang mirip invertebrata dengan ciri-ciri serupa. Chordata meliputi hewan-hewan yang memiliki ciri sebagai berikut:

  • Memiliki notokord, yaitu kerangka berbentuk batangan yang keras tapi lentur. Notokord terletak di antara saluran pencernaan dan tali saraf dan memanjang di sepanjang tubuh membentuk sumbu kerangka.
  • Memiliki ekor yang memanjang ke arah posterior.
  • Memiliki celah faring.
  • Memiliki tali saraf tunggal, memiliki ujung anterior yang membesar berupa otak, dan terdapat lubang di dorsal hingga notokord.
Love Bird Termasuk ke Dalam Kelas Aves
© freepik.com
3
Love Bird Termasuk ke Dalam Kelas Aves

Kelas Love Bird

Rekomendasi kami

Aves atau burung adalah kelompok hewan bertulang belakang yang memiliki bulu dan sayap. Aves termasuk hewan ovipar darah panas. Ovipar adalah salah satu perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur. 

Banyak dari spesies burung yang sudah mendirikan populasi perkembangbiakan di wilayah yang diperkenalkan oleh manusia. Di sisi lain, sebagian besar burung menempati berbagai lokasi di dalam ekologi.

Sementara beberapa burung umum lain menempati tempat khusus di habitatnya atau berdasarkan letak jenis makanannya berada. Bahkan, di dalam sebuah habitat tunggal seperti hutan, area satu ini bisa ditempati oleh burung dari berbagai jenis. 

Lovebird Termasuk ke Dalam Ordo Psittaciformes
© freepik.com
4
Lovebird Termasuk ke Dalam Ordo Psittaciformes

Ordo Lovebird

Rekomendasi kami

Psittaciformes adalah ordo burung yang terdiri dari hampir 400 spesies burung dengan paruh bengkok, termasuk manuk lakbet. Ordo burung ini dapat Unyulicious temukan di seluruh dunia, kecuali di daerah kutub. Adapun beberapa ciri khas dari ordo ini, antara lain:

  1. Memiliki kaki yang kuat dan pendek
  2. Memiliki kepala besar dan bulat
  3. Memiliki paruh yang bengkok
  4. Memiliki suara yang beragam
  5. Cerewet dan ramah
  6. Pemakan biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan
Lovebird Masuk ke Dalam Famili Psittacidae
© freepik.com
5
Lovebird Masuk ke Dalam Famili Psittacidae

Famili Lovebird

Rekomendasi kami

Umumnya, Psittacidae adalah burung yang bersarang di dalam rongga dan terdiri dari pasangan monogami. Secara khusus, Psittacidae adalah pemakan biji. Terdapat beberapa variasi dalam pola makan spesies individu, seperti buah, kacang, dedaunan, dan setiap serangga atau binatang lain yang ia mangsa. 

Lovebird Masuk ke Dalam Subfamili Psittacinae
© freepik.com
6
Lovebird Masuk ke Dalam Subfamili Psittacinae

Subfamili Lovebird

Psittacinae adalah sub famili dalam famili betet Psittacoidea. Contoh burung subfamili ini yaitu burung betet, makaw, dan parkit yang sejati. 

Terdapat beberapa subfamili yang memiliki hubungan yang lebih dekat. Akan tetapi, Psittacinae hanya terbatas pada burung betet Afrika dan beberapa kelompok burung Asia. 

Love Bird Masuk ke Dalam Tribus Psittaculini
© freepik.com
7
Love Bird Masuk ke Dalam Tribus Psittaculini

Tribus Lovebird

Rekomendasi kami

Psittaculini adalah suku burung beo dari keluarga Psittaculidae. Beberapa subdivisi dalam suku tersebut bersifat kontroversial. Adapun suku dari Psittaculini antara lain sebagai berikut:

  1. Genus Geoffroyus
  2. Genus Psittinus
  3. Genus Tanygnathus
  4. Genus Prioniturus
  5. Genus Eclectus
  6. Genus Lophopsittacus
  7. Genus Psittacula
  8. Genus Necropsittacus

Tanya Jawab Seputar Klasifikasi Burung Love Bird

Cukup menarik, ya mempelajari tentang burung lovebird? Namun, jangan keburu beranjak. Simak terlebih dahulu beberapa pertanyaan dan jawaban di bawah ini. Tentunya, pertanyaan dan penjelasan di bawah dapat semakin memperkaya wawasan Unyulicious. Ini daftarnya:

Love bird termasuk jenis burung apa?

Burung love bird masuk ke dalam jenis burung spesies genus Agapornis. Agapornis berasal dari bahaya Yunani “agape” yang berarti cinta dan “ornis” yang memiliki arti burung. 

Apa yang Anda ketahui tentang lovebird?

Lovebird atau LB adalah jenis burung. Akan tetapi, karena memiliki istilah cinta, kata lovebird sering kali diberikan kepada 2 orang yang sedang menjalin hubungan. 

Kenapa love bird disebut burung cinta?

Burung LB disebut burung cinta karena selain memiliki arti burung cinta dari bahasa Yunani, burung ini juga terkenal setia terhadap pasangannya. 

Lovebird yang mahal warna apa?

Lovebird yang mahal yaitu lovebird biola blue. Jenis burung cinta ini memiliki perpaduan warna biru dan putih seputih es yang sangat cantik.

Kesimpulan: Klasifikasi Burung Love Bird

Burung lovebird terkenal dengan suara kicau atau ngekek yang sangat gacor. Tidak jarang, suaranya tersebut diadu dengan burung dengan ngekek sejenis, yaitu cucak cungkok.

Manfaat utama mengetahui klasifikasi burung love bird tentu saja menambah wawasan Anda tentang lovebird. Sehingga, Anda tidak hanya sekedar mengetahui tentang alasan disebut burung cinta saja, namun juga mengetahui tentang klasifikasi ilmiah burung LB ini. 

Di sisi lain, deskripsi spesies burung LB di atas juga dapat menjadi pedoman untuk Anda saat mengembang biakkan burung ini. Warna-warni burung labet yang cantik tentu akan sangat menarik jika dilombakan. Tidak hanya itu, warna yang cantik juga akan sangat menarik bila Anda ingin mengambil foto atau gambar dan membagikannya ke media sosial.

Lantas, apakah ada hal lain yang ingin Unyulicious ketahui tentang burung lovebird ini? Jika ada, jangan ragu untuk menuliskannya di comment section di bawah ini, ya! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo