Hide Menu

Bye Hair Ball! Inilah 5 Cara untuk Mengatasi Bulu Gimbal pada Kucing dengan Mudah!

Cara Mudah Mengetahui Penyebab Bulu Kucing Gimbal dan Cara Menghilangkannya, Bebaskan Anabul dari Ketidaknyamanan.

Artikel Cara Mengatasi Bulu Kucing Gimbal ini diposting diperbarui
41 Pembaca
Like
Cara Mengatasi Bulu Kucing Gimbal 2024
© istockphoto.com/primipil

Bulu Kucing Gimbal? Mengapa Bisa?

Bulu Kucing Gimbal? Mengapa Bisa?
pexels.com/@tima-miroshnichenko/

Ketika memilih untuk memelihara kucing, tentunya Unyulicious harus mengetahui banyak hal sebelumnya. Tidak hanya tentang makanan, mainan, litter box, atau lainnya. Di samping itu, Unyulicious juga harus mengetahui tiap masalah dan apa yang mungkin menjadi penyebabnya, termasuk masalah bulu gimbal pada kucing. 

Umumnya, bulu gimbal sering terjadi pada kucing yang memiliki bulu panjang, seperti kucing jenis persia, anggora, atau jenis kucing dengan bulu lebat lainnya. Tentunya, Unyulicious merasa kesulitan untuk mengatasi bulu kucing gimbal tersebut, karena bila sudah terlepas pun tidak menutup kemungkinan bulu gimbal tersebut muncul lagi. 

Lalu, apa sih sebenarnya penyebab bulu gimbal pada kucing? Inilah 10 faktor yang harus Anda tahu: 

  • Jarang Menyisir Bulu Anabul

Jika Unyulicious memelihara kucing persia, anggora, atau kucing bulu lebat lainnya, sebaiknya, rajin-rajinlah untuk menyisirnya. Pastikan Unyulicious menyisir bulu yang tidak hanya menggumpal saja, melainkan sisirlah sampai ke bagian dekat kulit.

Rutin menyisir bulu anabul menjadi hal yang penting, karena jika tidak, bulu kucing akan menggumpal dan jika sudah lama, Unyulicious akan kesusahan untuk mengurainya menggunakan sisir atau sikat khusus kucing. Sehingga, untuk menghilangkan bulu menggumpal tersebut harus dipotong atau dicukur. 

  • Anabul Jarang Dimandikan

Penyebab selanjutnya adalah karena bulu anabul terlalu kotor. Kotoran yang menempel di bulu kucing akan membuat bulu menjadi saling menempel, sehingga dapat menyebabkan bulu menjadi gimbal. 

Untuk itulah, Unyulicious harus sering memandikannya untuk menghilangkan kotoran yang melekat di bulu kucing. Unyulicious bisa memandikan kucing setidaknya seminggu sampai dua minggu sekali.

  • Tidak Segera Mengeringkan Anabul Setelah Mandi

Sama seperti manusia yang jika selesai keramas langsung disisir sambil dikeringkan, begitu juga yang harus Unyulicious lakukan pada kucing. Jika tidak segera dikeringkan setelah mandi, maka bulu kucing tersebut akan menjadi gimbal. 

Terlebih jika kucing hanya dijemur begitu saja, tentunya bulu di bagian dalam tidak bisa kering dan malah membuatnya lembab. Karena bulu yang masih lembab itulah, maka bulu-bulu tersebut menggumpal. Oleh karena itu, setelah memandikannya, pastikan Unyulicious mengeringkan Anabul dengan benar, ya!

  • Anabul Terinfeksi Jamur

Selanjutnya, yang dapat menyebabkan bulu kucing menggumpal atau gimbal adalah karena adanya jamur pada kulit Anabul. Ketika jamur tersebut menyerang kucing, tentunya kucing akan menggaruk secara terus menerus pada area tertentu. 

Selain bisa membuat luka dan botak atau pitak, Anabul yang terlalu sering menggaruk akan menyebabkan bulu pada area tersebut menjadi gimbal. Jika melihat tanda-tanda tersebut, segera mandikan Anabul ya, Unyulicious!

  • Tidak Memotong Bulu Kucing

Untuk hal ini, biasanya terjadi pada anak kucing atau kittenkucing yang sudah tua, sakit, atau memang kucing kurang menjaga kebersihan badannya. Ketika buang air, seringkali kotoran menempel pada area sekitar anus, buntut, atau kakinya.

Jika hal tersbut tidak segera Unyulicious bersihkan, maka hal tersebut dapat membuat bulu kucing menjadi gimbal. Cara mudah yang dapat dilakukan adalah dengan rajin memotong bulu pada area tersebut hingga pendek.

  • Kucing Sudah Tua atau Sedang Sakit

Kepada Unyulicious yang memelihara kucing, tentunya tahu bagaimana kebiasaan Anabul setiap harinya. Karena kucing menyukai kebersihan, salah satu hal favoritnya adalah suka menjilati tubuhnya agar selalu bersih, sehingga bulu pada tubuh mereka tidak menjadi gimbal.

Akan tetapi, ketika kucing sudah tua atau sedang sakit, kegiatan menjilati bulu itu akan berkurang bahkan tidak dilakukan kembali. Oleh karena itu, sebagai pemilik harus menggantikan tugas mereka dengan cara rajin membersihkan dan menyikat bulu kucing agar tidak menggumpal. 

  • Anabul Terlalu Sering Dimandikan

Apakah sebelumnya Anda sudah tahu bahwa sering memandikan kucing malah membuat bulunya menjadi kusut bahkan menggumpal? Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Ternyata, hal tersebut terjadi karena lapisan bulu di Anabul akan berkurang. Selain itu, terlalu sering memandikan kucing juga akan merusak jaringan atau sistem pada bulu kucing. Oleh karena itu, Anabul tidak boleh dimandikan terlalu sering. 

Baiknya, Unyulicious memandikan si Anabul 3-4 minggu sekali saja. Akan tetapi, jika Unyulicious memiliki kucing bulu panjang, maka Unyulicious bisa memandikannya 1 – 2 minggu sekali.

  • Anabul Terjangkit Kutu atau Tungau

Pada dasarnya, kutu memiliki jenis yang beragam. Namun, kutu yang paling sering membuat bulu kucing menjadi gimbal adalah kutu yang seperti pasir. Biasanya, kutu-kutu tersebut berkumpul di bagian bawah tiap helai bulu yang membuat kucing tidak nyaman, sehingga membuat kucing sering menggaruk bagian tersebut. 

Garukan pada bulu kucing bisa menjadi kusut dan gimbal. Untuk itu, Unyulicious harus menyisirnya menggunakan sisir kutu. Lakukanlah kegiatan tersebut secara rutin hingga kucing terbebas dari kutu yang menempel tersebut.

  • Menyisir Bulu ke Arah Berlawanan

Menyisir bulu kucing ke arah yang berlawanan dapat membuat bulu menjadi menggumpal dan memberikan rasa sakit. Sebaiknya, sisir bulu kucing mengikuti arah alami bulu dan gunakan pengering bulu ke arah berlawanan. 

Tetapi, Unyulicious tidak perlu khawatir. Unyulicious dapat membaca lebih lanjut artikel ini untuk mengetahui lebih dalam tentang cara mengatasi bulu kucing gimbal. Baca dan simak hingga akhir, ya!

Cara Pencegahan Anabul Terkena Hair Ball

Cara Pencegahan Anabul Terkena Hair Ball
unsplash.com/@rebaspike

Bulu kucing yang menggumpal atau hair ball menjadi salah satu kondisi yang dapat Unyulicious cegah. Salah satu caranya adalah dengan tidak melewatkan waktu untuk menyikat atau menyisir rambut kucing peliharaan, terutama jika memiliki kucing dengan jenis bulu atau rambut panjang. Dengan rutin menyisir rambut kucing, Unyulicious dapat mengurangi risiko rambut akan tertelan oleh kucing ketika sedang menjilat tubuhnya.

Unyulicious juga dapat membawa Anabul kesayangan melakukan perawatan di salon hewan profesional agar kucing mendapatkan perawatan yang tepat untuk kesehatan rambut. Menurut CGP Aji (2020), perawatan kucing yang juga disebut grooming ini bukan hanya untuk membuat Anabul lebih baik dalam penampilan. Sebaliknya, perawatan ini akan menghilangkan hal kurang baik seperti parasit dan bulu gimbal agar kucing lebih sehat. 

Selain itu, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan, vitamin, makanan dan serat pada kucing. Kandungan tersebut dapat memudahkan kucing untuk mengeluarkan hair ball yang tertelan ketika Anabul menjilati badannya serta merawat kekuatan rambut badan ataupun kepala.

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mengatasi Bulu Kucing Gimbal - Terbaru 2024

Setelah mengetahui penyebab dan pencegahan sederhana bulu kucing yang menggumpal, selanjutnya tim Unyu akan memberi tahu tentang bagaimana cara mengatasi gumpalan bulu yang ada di badan kucing. Baca dan simak lebih lanjut, ya!

1
Gunakanlah Bedak Ketika Menyisir Anabul

Bedak Dapat Menghilangkan Kusut pada Bulu

Gunakanlah Bedak Ketika Menyisir Anabul

2
Sisir dan Tatalah Bulu dari Bawah

Sisir Perlahan agar Anabul Tidak Kesakitan

Sisir dan Tatalah Bulu dari Bawah

3
Pilah Bulu yang Kusut

Memilah untuk Memudahkan

Pilah Bulu yang Kusut

4
Memandikan Kucing

Kusut, Jamur, dan Kutu Hilang Sekaligus

Memandikan Kucing

5
Menggunakan Pengering

Gunakan Sesuai dengan Kondisi Rambut Kucing

Menggunakan Pengering

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bedak Dapat Menghilangkan Kusut pada Bulu
© istockphoto.com/Osobystist
1
Bedak Dapat Menghilangkan Kusut pada Bulu

Gunakanlah Bedak Ketika Menyisir Anabul

Rekomendasi kami

Bedak dengan harga yang terjangkau dan mudah Unyulicious dapatkan tentunya bisa memudahkan Anda dalam merawat si Anabul. Penggunaan bedak dapat membantu untuk memudahkan proses menyisir gumpalan dan kusut di bulu kucing.

Unyulicious dapat menggunakan bedak bayi ataupun bedak khusus untuk kucing. Dengan menggunakan kedua bedak tersebut, tentunya Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lain berupa wangi harum. Lebih baiknya lagi, bedak kucing dapat berfungsi sebagai bedak anti jamur. 

Sisir Perlahan agar Anabul Tidak Kesakitan
© istockphoto.com/S_Kazeo
2
Sisir Perlahan agar Anabul Tidak Kesakitan

Sisir dan Tatalah Bulu dari Bawah

Rekomendasi kami

Mulailah menyisir rambut kucing mulai dari bagian bawah rambut yang Unyulicious anggap kusut. Lalu, pegang kulit bagian bawah dekat dengan kulit, sehingga kulit kucing tidak tertarik ketika Unyulicious menyisirnya. 

Selanjutnya, secara perlahan tarik sisir melalui bulu yang kusut. Jika Anabul merasa sakit ketika sedang mengatasi gumpalan bulu di area tertentu, gantilah dengan ujung atau sisi lainnya.

Memilah untuk Memudahkan
© istockphoto.com/Naypong
3
Memilah untuk Memudahkan

Pilah Bulu yang Kusut

Rekomendasi kami

Dengan memilah-milah bulu yang kusut, tentunya akan memudahkan Unyulicious untuk menyisir Anabul. Sekalipun nanti Unyulicious memotong bagian yang kusut, gunakanlah gunting tumpul dengan menempatkan satu sisi di bawah area yang kusut lalu tarik keluar. Unyulicious juga dapat menggunakan alat cukur bulu kucing elektrik untuk menghilangkan gumpalan bulu tersebut.

Cara memotong bulu kucing yang gimbal adalah sebagai berikut:

  1. Jagalah suhu alat cukur agar tetap dingin
  2. Tarik kulit kucing sampai tegang
  3. Gerakkan alat cukur dengan benar
  4. Jangan mencukur terlalu pendek 
  5. Hindari mencukur daerah-daerah yang berisiko tinggi

Namun, baik menggunakan gunting ataupun alat cukur elektrik, pastikan bahwa kucing nyaman agar tidak melukainya.

Kusut, Jamur, dan Kutu Hilang Sekaligus
© istockphoto.com/primipil
4
Kusut, Jamur, dan Kutu Hilang Sekaligus

Memandikan Kucing

Umumnya, kucing tidak ingin dimandikan, tetapi air dapat membantu melarutkan kusut. Pastikan Unyulicious tidak menuangkan sampo ke area yang kusut dan jangan menggosoknya dengan handuk karena akan dapat memperburuk gumpalan bulu tersebut. 

Tentunya, keuntungan lain dengan rutin memandikan kucing adalah dapat bermanfaat sebagai obat anti kutu dan jamur yang mengganggu. Setidaknya, Unyulicious bisa memandikan Anabul 3-4 minggu sekali.

Gunakan Sesuai dengan Kondisi Rambut Kucing
© istockphoto.com/SvetlanaRey
5
Gunakan Sesuai dengan Kondisi Rambut Kucing

Menggunakan Pengering

Jika kucing Unyulicious tidak merasa keberatan dengan suara dan udara yang keluar dari pengering rambut, pilihlah posisi dalam pengaturan dingin untuk melonggarkan kerutan pada bulu. Namun, jika kucing memiliki rambut yang tipis, cukup gunakan sisir lurus untuk menghilangkan kusut.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengatasi Bulu Kucing Gimbal

Berikut tadi adalah tentang penyebab dan cara mengatasi bulu kucing gimbal. Selanjutnya, tim Unyu akan memberikan rangkuman terkait pertanyaan terkait menghilangkan bulu kucing yang menggumpal. Simak pertanyaan dan jawabannya berikut ini:

Apa penyebab bulu kucing menggumpal?

Bulu kucing yang tidak terawat dengan baik dapat menyebabkan bulu kucing menggumpal atau hair ball. Jika tidak segera teratasi, gumpalan bulu tersebut dapat termakan oleh kucing dan menyebabkan masalah pencernaan.

Berapa kali kita harus menyisir bulu kucing?

Unyulicious dapat menyisir bulu kucing setidaknya setiap 1 atau 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kucing tetap cantik dan sehat.

Apakah bulu kucing perlu dicukur?

Umumnya, mencukur bulu kucing bukanlah hal yang baik karena akan berisiko pada kerusakan kulit dan menghilangkan perlindungan alami yang membantu kucing. Namun, pada kasus tertentu, dokter hewan akan menyarankan untuk mencukur bulu yang kusut dan susah disisir, bulu sering masuk ke saluran pencernaan kucing, parasit atau masalah kulit, dan terlalu sering rontok.

Apakah mencukur bulu kucing itu berbahaya?

Cukur bulu kucing tidaklah berbahaya, namun terdapat beberapa kerugian tergantung dari bagaimana bentuk potongannya. Salah satunya adalah menghilangkan perlindungan alami pada diri kucing. 

Berapa lama bulu kucing akan tumbuh kembali setelah dicukur?

Kucing dengan jenis bulu pendek akan tumbuh kembali sepenuhnya dalam waktu kurang dari 3 bulan. Sementara, untuk kucing berbulu panjang membutuhkan waktu lebih lama, yaitu antara 4-6 bulan.

Kesimpulan: Cara Mengatasi Bulu Kucing Gimbal

Dalam memelihara kucing, tentunya banyak hal yang harus Unyulicous perhatikan, salah satunya adalah mencegah bulu kucing menggumpal. Meskipun mencukur bulu kucing tidak baik, untuk kasus-kasus tertentu mencukur bulu menjadi hal yang dokter hewan sarankan untuk menghindari hal parah yang bisa saja terjadi.

Rekomendasi dari tim Unyu tentang cara mengatasi bulu kucing gimbal diharapkan dapat menjadi awal yang baik untuk Unyulicious melakukan persiapan. Lalu, sudah siapkah Unyulicous menyayangi Anabul dengan sepenuh hati?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo