Hide Menu

Pelihara Baby Sulcata Tortoise Sampai Monster! Inilah 7 Cara Merawat Kura-Kura Sulcata

Tips dan Cara untuk Merawat Kura-Kura Sulcata Tortoise dari Bayi Hingga Sebesar Monster!

Artikel Cara Merawat Kura-Kura Sulcata ini diposting diperbarui
77 Pembaca
Like
Cara Merawat Kura-Kura Sulcata 2024
© pexels.com/Josh Hild

Memelihara Kura-Kura Sulcata

Memelihara Kura-Kura Sulcata
pexels.com/Rutpratheep Nilpechr

Halo Unyulicous! Jika Anda membaca konten ini, tentunya sudah ingin segera merawat kura-kura Sulcata di rumah, kan? Namun perlu Anda ketahui, bahwa memelihara Sulcata tortoise membawa tantangan tersendiri bagi banyak para keeper reptil. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum Anda memutuskan untuk merawat kura-kura jenis ini.

Merawat Sulcata dari baby tortoise hingga menjadi dewasa adalah perjalanan panjang yang akan penuh dengan kenangan. Perjalanan ini pasti membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, juga memerlukan teknik, cara, dan perawatan yang tepat agar kura-kura Sulcata selalu sehat hingga dewasa.

Hal-hal yang mungkin perlu Anda siapkan ketika merawat dan memelihara kura-kura Sulcata antara lain makanan Sulcata yang tepat, snack/treat, kandang, sabun dan shampo untuk memandikan, minyak agar tidak kering, vitamin dan obat ketika sakit, dan banyak lagi.

Kali ini tim Unyu akan merangkum beberapa hal mengenai bagaimana tips dan cara merawat kura-kura Sulcata yang baik dan benar bersama Andhi Ermawan. Beliau pernah memiliki pengalaman memelihara tortoise seperti Aldabra dan Sulcata hingga mencapai ukuran 65-75 cm. Simak lebih lanjut informasi cara merawat kura-kura sulcata di bawah ini!

Tentang Sulcata Tortoise

Tentang Sulcata Tortoise
freepik.com/wirestock

Sulcata dikenal dengan nama ilmiah Centrochelys Sulcata, adalah kura-kura berjenis tortoise, yakni kura-kura yang hidup di darat saja. Tentunya terdapat banyak perbedaan antara kura-kura dan tortoise, baik dalam hal ekosistem, makanan, sampai perawatan. Kura-kura Sulcata merupakan kura-kura terbesar nomor 3 di dunia setelah kura-kura Galapagos tortoise di peringkat 1 dan kura-kura Aldabra tortoise di peringkat 2.

Memelihara Sulcata tortoise akan serasa memiliki teman hidup. Mengapa demikian? Kura-kura Sulcata memiliki ukuran yang bisa sangat besar, mencapai hingga 58 sampai 76 cm dengan berat antara 36-49 Kg. Selain itu, kura-kura jenis ini dikenal memiliki umur yang panjang, yakni sampai 70 tahun di habitat aslinya dan sekitar 30 tahun sebagai hewan peliharaan.

Penelitian dari Fabio P. (2020) yang menjelaskan bahwa kura-kura Sulcata jantan memiliki ukuran yang lebih besar dari pada betina. Sulcata jantan dewasa memiliki berat sekitar 100 kg, dengan panjang karapas lurus mencapai hingga 86 cm serta panjang karapas melengkung sekitar 101 cm. Sedangkan pada Sulcata betina, ukuran panjang karapas lurus mencapai 57.8 cm, serta panjang karapas melengkung mencapai 67 cm.

Kura-kura ini berasal dari benua Afrika, memiliki habitat di hamparan padang rumput kering, semak-semak, serta sabana yang banyak ditemukan di negara-negara. Beberapa diantaranya seperti Chad, Mali, Ethiopia, Eritrea, Burkina Faso, Somalia, Nigeria, Sudan, Senegal, dan Mauritania.

Klasifikasi kura-kura Sulcata:

  • Kingdom: Animalia
  • Kelas: Reptilia
  • Nama ilmiah: Centrochelys Sulcata
  • Filum: Chordata
  • Ordo: Testudines
  • Famili: Testudinidae
  • Genus: Centrochelys

Dari wacana di atas, Unyulicious bisa tahu bahwa kura-kura Sulcata tortoise berpotensi akan jadi besar sekali apabila dipelihara dengan baik. Oleh sebab itu, perawatan khusus mungkin diperlukan agar Sulcata selalu sehat dan nyaman hidup bersama Anda.

Andhi Ermawan
Pakar
Exotic & Predator Keeper

Andhi pernah masyhur di kalangan hobbyist ikan predator lewat memelihara ikan Piranha dari Amazon jenis terlangka dan terbanyak di Indonesia. Tidak hanya itu, Andhi juga pernah memelihara reptil langka seperti Aldabra tortoise, yakni salah satu jenis kura-kura darat terbesar di dunia. Saat ini Andhi sedang vacuum dalam memelihara hewan, namun tetap aktif menulis mengenai hewan peliharaan dan anti hama di Unyu.

Unyu
Writer
Tim Editorial

Situs terlengkap dan terpercaya yang secara konsisten membahas apapun tentang hewan, mulai dari rekomendasi, artikel, hingga review produk untuk hewan

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

10 Cara Merawat Kura-Kura Sulcata - Terbaru 2024

Langsung saja, berikut adalah cara memelihara Sulcata tortoise yang baik dan benar. Cari tahu lebih lanjut agar kura-kura Sulcata Anda selalu sehat dan bugar sampai dewasa.

1
Persiapkan Kandang Sulcata

Kandang Kura-Kura Sulcata Harus Sesuai Ukurannya

Persiapkan Kandang Sulcata

2
Pembersihan Kandang Sulcata

Jagalah Kandang agar Selalu Bersih dari Kotoran

Pembersihan Kandang Sulcata

3
Ketahui Makanan Kura-Kura Sulcata

Rumput, Daun, Bunga, dan Pelet

Ketahui Makanan Kura-Kura Sulcata

4
Sediakan Tempat Minum dan Wadah Makan

Supaya Tidak Tercampur Kotoran

Sediakan Tempat Minum dan Wadah Makan

5
Mandikan Sulcata Agar Terhindar dari Jamur

Di Karapas Sering Ada Jamur!

Mandikan Sulcata Agar Terhindar dari Jamur

6
Pakai Minyak dan Wax Pelembab Tortoise

Agar Tempurung Lembab dan Tidak Pecah

Pakai Minyak dan Wax Pelembab Tortoise

7
Gunakan Lampu UVA UVB & Heater untuk Baby Sulcata Tortoise

Agar Makan Lahap dan Sehat!

Gunakan Lampu UVA UVB & Heater untuk Baby Sulcata Tortoise

8
Pelajari Penyakit Kura-kura Sulcata

Penyakit Sulcata yang Harus Dihindari!

Pelajari Penyakit Kura-kura Sulcata

9
Vitamin dan Obat yang Dibutuhkan Sulcata

Vitamin D3, Kalsium, dan Lainnya untuk Tortoise

Vitamin dan Obat yang Dibutuhkan Sulcata

10
Aksesoris Lain yang Mungkin Diperlukan

Akesoris Lucu dan Unik untuk Sulcata Tortoise

Aksesoris Lain yang Mungkin Diperlukan

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Kandang Kura-Kura Sulcata Harus Sesuai Ukurannya
© tokopedia.com/OTAWOOD
1
Kandang Kura-Kura Sulcata Harus Sesuai Ukurannya

Persiapkan Kandang Sulcata

Rekomendasi kami

Ketika memelihara Sulcata, tentunya berbeda dengan merawat kura-kura Brazil. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kandang yang tepat. Sebab, kandang harusnya menjadi ekosistem buatan yang baik bagi Sulcata sehingga merasa nyaman dan aman. Jangan menempatkan tortoise dalam aquarium. Mengapa demikian? Inilah penjelasan lengkapnya: 

  • Kandang Baby Sulcata Tortoise

Ketika masih kecil, kura-kura Sulcata masih mudah sekali dirawat dan dipelihara. Untuk kandang bayi kura-kura Sulcata, gunakan bak plastik atau box container yang mudah dicuci sehingga memudahkan untuk merawatnya. Jangan lepaskan di luar ruangan karena kura-kura kecil rentan sekali dimakan tikus.

Apabila diperlukan, Anda bisa memakai alas kandang reptil berupa substrat serpihan kayu (coco husk) sehingga air kencing dan kotoran terserap sehingga ruangan tetap terjaga kering. Anda juga bisa menggunakan alas karet apabila ingin lebih praktis dan mudah dalam membersihkan. Hindari penggunaan alas rumput sintetis berwarna hijau, sebab tortoise mengartikan warna hijau sebagai makanan. Dalam kandang kura-kura juga harus tersedia pakan cadangan serta air yang cukup untuk diminum.

  • Kandang Sulcata Medium dan Dewasa

Ketika sudah berada dalam ukuran medium dan dewasa, kura-kura Sulcata memerlukan kandang yang lebih luas. Beberapa orang memelihara Sulcata tortoise dewasa dalam kandang yang sempit seperti bak fiber yang membuatnya stress.

Anda bisa menggunakan kandang lipat pagar dari besi dan memasangnya di taman belakang yang berumput atau ruangan tertentu yang terjangkau matahari. Buatlah rumah-rumahan kecil yang bisa jadi tempat berteduh ketika hujan dan panas terik. Sediakan juga wadah pakan serta minum yang terus tersedia agar mereka bisa mengonsumsinya kapanpun mereka butuh. 

Jagalah Kandang agar Selalu Bersih dari Kotoran
© radarjember.jawapos.com
2
Jagalah Kandang agar Selalu Bersih dari Kotoran

Pembersihan Kandang Sulcata

Rekomendasi kami

Ketika merawat Sulcata tortoise, hendaknya kandang harus selalu dalam keadaan bersih dari kotoran apapun. Kotoran termasuk kencing, tinja (feses) kura-kura, sisa pakan yang tidak dimakan, sisa pelet, dan lainnya. Selain akan menyebabkan bau tidak sedap, juga akan mengundang serangga dan predator seperti lalat, semut, tikus, dan ular untuk datang.

Bahkan, ketika dibiarkan, kadang tortoise memakan kotoran tinjanya sendiri. Hal ini akan berdampak buruk sebab dalam kotoran tersebut terdapat banyak bakteri dan virus yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Setiap hari, pastikan mengambil kotoran kura-kura yang mengering serta siram sisa air kencing kura-kura. Setiap 1 minggu sekali, Unyulicious bisa melakukan pembersihan dengan mencuci bak dan kandang kura-kura menggunakan sabun deterjen dan sikat plastik. Pastikan membilas dengan bersih sisa air deterjen, agar tidak terminum oleh si hewan peliharaan.

Pakailah sikat bergagang panjang agar tangan tidak langsung bersentuhan dengan kotoran. Sebab dalam beberapa kasus, kotoran ini sering bercampur bakteri yang juga tidak baik untuk manusia.

Rumput, Daun, Bunga, dan Pelet
© everythingreptiles.com
3
Rumput, Daun, Bunga, dan Pelet

Ketahui Makanan Kura-Kura Sulcata

Rekomendasi kami

Kura-kura Sulcata harus mendapatkan asupan makanan dengan takaran tertentu. Pola makan untuk kura-kura Sulcata bayi dan dewasa adalah sama, yakni kurang lebih 80% rumput dan jerami serta 10% sayuran dan sisanya adalah 10% camilan. Perbedaannya adalah kura-kura bayi tidak perlu makan terlalu banyak. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut: 

  • Rumput

Anda bisa memberikan rumput dan daun sebagai makanan bayi kura-kura Sulcata, sebab rumput lebih lembut dan mudah ditelan. Terdapat berbagai jenis rumput seperti rumput bermuda, gandum, rumput timothy, namun tidak semua jenis rumput ini cocok untuk bayi Sulcata. Di Indonesia, sulit sekali mencari jenis rumput yang sesuai habitat aslinya. Anda bisa memberi makan Sulcata dengan rumput kebun atau rumput kering timothy hay yang tersedia di marketplace.

  • Daun-daunan

Alternatif lain untuk pakan bayi kura-kura Sulcata adalah memberi makan dedaunan. Daun yang paling cocok dan menggugah selera makan bayi Sulcata adalah daun tanaman kembang sepatu (Hibiscus Rosa-sinensis). Selain daunnya, bunga kembang sepatu juga sangat menggoda kura-kura untuk makan lahap. Tidak percaya? Coba saja.

  • Sayuran

Untuk sayuran, sebisa mungkin bayi kura-kura tortoise diberi makan fumak/siomak karena memiliki kadar air yang tinggi serta tidak terlalu banyak kalsium. Alternatif lain adalah menggunakanan sawi hijau, buncis, atau bisa juga kangkung. Perlu dicatat bahwa lebih baik untuk menghindari pemberian makan sayur bayam.

  • Buah-buahan

Buah yang paling bagus untuk kura-kura tortoise adalah buah murbei, buah naga, pepaya, dan labu siam. Selain itu, wortel juga sangat menyehatkan untuk Sulcata tortoise. Untuk bayi Sulcata tortoise, Anda harus memotong buah tersebut jadi kecil-kecil sehingga mudah ditelan.

  • Makanan Cadangan

Kura-kura Sulcata juga sangat menyukai kaktus centong. Tanamlah kaktus ini di halaman rumah Anda sebagai cadangan makanan. Bahkan, para penggemar tortoise menjadikan kaktus centong sebagai makanan cadangan ketika tortoise akan ditinggal bepergian. Sebab, kaktus centong tidak mudah lembek, awet, dan bisa bertahan beberapa hari.

Supaya Tidak Tercampur Kotoran
© petdt.com
4
Supaya Tidak Tercampur Kotoran

Sediakan Tempat Minum dan Wadah Makan

Rekomendasi kami

Tidak seperti kucing yang bisa buang air menggunakan tempat pasir kucing, Sulcata tortoise pasti akan buang air sembarangan. Bisa jadi Sulcata akan buang air di makanannya. Maka, sediakan tempat dan wadah pakan untuk menaruh makanan kura-kura. Setelah makanan habis, segera angkat dan bersihkan lalu keringkan untuk digunakan kembali.

Tempat minum juga dibutuhkan sebab kura-kura Sulcata membutuhkan kadar air yang tinggi dalam tubuhnya. Apabila kurang air akan timbul berbagai macam penyakit seperti salah satunya yang sering menyerang kura-kura Sulcata adalah batu kandung kemih atau sering disebut bladder stone.

Jangat kaget, Sulcata sangat rentan terhadap penyakit ini. Hampir 80% Sulcata mengidap penyakit ini, mungkin disebabkan oleh kandungan yang terdapat pada makanan. Namun, ini teratasi dengan menyediakan tempat minum yang besar. Kura-kura jenis tortoise sangat senang untuk berendam.

Tahukah Anda bahwa kura-kura bisa minum lewat dua lubang, yakni lewat mulut dan anus? Maka pilihlah tempat minum yang besar namun pendek. Sehingga Sulcata bisa naik, minum, sambil berendam. Kura-kura berendam untuk minum serta mendinginkan tubuhnya. Selain itu juga membersihkan pencernaannya.

Anda mungkin akan sering menemukan kotoran putih seperti batu kapur keluar dari anus Sulcata. Tidak perlu khawatir, inilah yang kami maksud bahwa bladder stone harus keluar. Justru apabila tidak keluar, akan menggumpal menjadi batu dan menjadi penyakit.

Di Karapas Sering Ada Jamur!
© Tokopedia.com
5
Di Karapas Sering Ada Jamur!

Mandikan Sulcata Agar Terhindar dari Jamur

Rekomendasi kami

Setiap 1 minggu sekali saat membersihkan kandang Sulcata, Anda juga harus memandikannya. Banyak yang tidak mengetahui cara yang benar untuk memandikan dan menjemur kura-kura. Berikut adalah beberapa step yang harus Anda tahu:

  • Pilihlah waktu di pagi hari, ketika terik matahari tidak begitu panas. Sediakan bak plastik dan isi dengan air bersih setinggi 1-2 cm di atas karapas kura-kura. Masukkan kura-kura Sulcata ke dalam bak, tempatkan bak dan kura-kura di bawah paparan sinar matahari selama maksimal 30 menit. Anda akan melihat Sulcata buang air besar mengeluarkan banyak kotoran (pup). 
  • Setelah itu, mandikan kura-kura tortoise sampai bersih. Gunakan sikat halus untuk menyikat tempurung dan karapas kura-kura. Congkel dengan lembut apabila ada jamur di karapas.
  • Pakailah sabun khusus tortoise yang tidak membuat kulit dan tempurung kering ketika memandikan Sulcata. Sabun yang digunakan manusia akan pedih di mata dan tidak nyaman untuk Sulcata karena terlalu kering.
  • Setelah memandikan, bilas sampai kering dan oleskan minyak dan pelembab kura-kura tortoise Anda.
Agar Tempurung Lembab dan Tidak Pecah
© tokopedia.com
6
Agar Tempurung Lembab dan Tidak Pecah

Pakai Minyak dan Wax Pelembab Tortoise

Rekomendasi kami

Setelah memandikan Sulcata, Anda harus mengoleskan pelembab khusus atau minyak zaitun agar tempurung dan karapas tidak kering akibat sabun. Hal ini mencegah terjadinya tempurung pecah pada tortoise.

Cara mengoleskan cukup mudah, yakni tuang pada sikat gigi yang lembut kemudian oleskan perlahan ke seluruh bagian karapas dan tempurung. Untuk produknya sendiri sudah kami rekomendasikan di atas.

Agar Makan Lahap dan Sehat!
© tokopedia.com
7
Agar Makan Lahap dan Sehat!

Gunakan Lampu UVA UVB & Heater untuk Baby Sulcata Tortoise

Rekomendasi kami

Selain membutuhkan lingkungan yang hangat dan kering untuk menjaga kesehatan tubuhnya, reptil tipe vegetarian seperti Sulcata tortoise membutuhkan UVA dan UVB untuk memproses makanan dalam tubuhnya. 

Lampu ini merupakan salah satu bagian dari cara merawat kura-kura Sulcata bayi yang tidak boleh terlupakan. Secara tidak teknis, sinar UVA dan UVB yang terkandung dalam sinar matahari memiliki peranan penting dalam membentuk vitamin D3 yang penting untuk perkembangan tulang dan tempurung kura-kura.

Penyinaran menggunakan lampu UVA dan UVB sangat diperlukan apabila Anda tidak sanggup menjemur kura-kura Anda setiap hari. Aturlah lampu agar tidak terlalu panas dan dekat dengan kura-kura, yakni berjarak 30-60 cm. Idealnya, nyalakan lampu hanya maksimal 3-4 jam sehari. Selain itu, penjemuran di bawah sinar matahari secara langsung diperlukan paling tidak 1-2 kali dalam seminggu.

Penyakit Sulcata yang Harus Dihindari!
© tokopedia.com
8
Penyakit Sulcata yang Harus Dihindari!

Pelajari Penyakit Kura-kura Sulcata

Rekomendasi kami

Berikut adalah penyakit umum yang sering menyerang kura-kura Sulcata.

  • Bladder Stone

Penyakit batu kemih ini sangat sering menyerang Sulcata. Solusi agar terhindar dari penyakit ini adalah menghindari jenis makanan yang terlalu banyak mengandung kalsium serta melakukan penjemuran Sulcata sambil berendam. Secara otomatis, urates kura-kura akan keluar seiring dengan sering berendam. Apabila tidak keluar, solusinya adalah operasi.

  • Pyramiding

Seperti namanya, pyramiding berarti membentuk piramida. Tempurung kura-kura yang mengerucut dan membentuk piramida adalah akibat pola makan dan polah hidup yang salah. Solusi agar terhindar dari penyakit ini adalah dengan pemberian pola makan yang tepat, serta penyinaran yang tepat agar perkembangan tempurung tidak terganggu.

  • Infeksi Saluran Pernafasan

Penyakit ini berbahaya bagi kura-kura Sulcata. Sebab, penyakit ini membuat Sulcata jadi enggan makan. Gejala yang sering muncul antara lain adalah pilek, flu, hidung berlendir, mata berair, penurunan nafsu makan, serta lemas. Segera jemur kura-kura Anda di bawah terik matahari hangat. Apabila tidak membaik, bawa ke dokter hewan terdekat.

  • Mata Berair

Beberapa penyebab dari penyakit mata berair pada Sulcata adalah infeksi parasit atau jamur, kemasukan benda asing, kekurangan vitamin D pada makanan, dan kondisi ruangan yang terlalu lembab. Solusi utama untuk penyakit ini adalah membawa ke dokter hewan agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Hindari lingkungan yang terlalu lembab, jagalah tetap kering, dan bersih.

  • Infeksi Jamur pada Tempurung dan Kearapas

Penyakit ini terjadi pada kura-kura Sulcata akibat kurangnya menjaga kebersihan kandang. Sisa kotoran dan makanan yang menempel pada tempurung atau kerapas akan mengakibatkan jamur dan bakteri berkembang sehingga menggerogoti tubuh Sulcata Anda. Gejalanya antara lain adalah bercak-bercak merah pada bagian kulit, gatal, serta cangkang yang keropos. Solusi masalah ini adalah dengan sering membersihkan kandang dan menjemur atau memandikan kura-kura.

Vitamin D3, Kalsium, dan Lainnya untuk Tortoise
© tokopedia.com
9
Vitamin D3, Kalsium, dan Lainnya untuk Tortoise

Vitamin dan Obat yang Dibutuhkan Sulcata

Rekomendasi kami

Pemberian vitamin dan nutrisi yang tepat juga sangat dibutuhkan oleh Sulcata tortoise agar tetap sehat. Vitamin D3 akan membantu perkembangan kulit dan tulang kura-kura, sedangkan kalsium akan membantu perkembangan pada tempurung agar cepat besar. Namun, pemberian kalsium yang terlalu banyak tidak disarankan.

Kami sudah merekomendasikan beberapa vitamin dan suplemen yang mungkin harus dipersiapkan sebagai bagian dari cara merawat kura-kura Sulcata yang baik dan benar.

Akesoris Lucu dan Unik untuk Sulcata Tortoise
© tokopedia.com
10
Akesoris Lucu dan Unik untuk Sulcata Tortoise

Aksesoris Lain yang Mungkin Diperlukan

Rekomendasi kami

Di pasaran terdapat banyak produk aksesoris untuk reptil tortoise. Sebagai contoh, Anda dengan mudah menemukan cave atau gua batu mini yang digunakan untuk sembunyi berlindung dan bermain bagi bayi Sulcata.

Juga terdapat lampu keramik heater yang berfungsi untuk menghangatkan anak kura-kura Sulcata agar tetap hangat di musim penghujan sehingga terhindar dari penyakit flu. Produk aksesoris rekomendasi sudah kami cantumkan di atas.

Tanya Jawab Seputar Cara Merawat Kura-Kura Sulcata

Sebelum menutup artikel ini, ada beberapa pertanyaan seputar cara merawat kura-kura Sulcata dan memeliharanya dengan baik. Simak selengkapnya di bawah ini! 

Apakah Sulcata menggigit?

Tidak. Kura-kura Sulcata tidak menggigit sebab Sulcata adalah vegetarian. Bisa jadi, tergigit adalah hal yang mungkin karena mengira tangan atau jari Anda sebagai makanan.

Apakah kura-kura Sulcata perlu minum?

Tentu saja! Hewan mana yang tidak perlu minum. Justru kura-kura Sulcata ini tidak boleh kekurangan minum sebab akan berakibat fatal bagi perkembangan tubuhnya.

Apakah Sulcata boleh makan kangkung, timun, sawi putih, dan pisang?

Boleh, namun tidak disarankan untuk menggunakan pakan tersebut sebagai makanan harian kura-kura. Tetap gunakan rumput alami atau sayuran seperti fumak/siomak bagi kura-kura tortoise. Selain itu, opsi lain adalah memberi makan dedaunan, seperti daun tanaman kembang sepatu dan kaktus centong.

Berapa lama menjemur Sulcata tortoise?

Jemurlah kura-kura Sulcata kurang lebih antara 15-30 menit. Namun, apabila Anda sudah melihat Sulcata buang air besar, Anda bisa menghentikan proses berjemur.

Berapa harga kura-kura Sulcata?

Harga kura-kura Sulcata berkisar antara 1-1.5 juta rupiah untuk bayi Sulcata tortoise. Untuk dewasa, tergantung ukuran, jenis kelamin, serta bentuk kecantikan dan faktor estetik dari tempurungnya.

Kesimpulan: Cara Merawat Kura-Kura Sulcata

Kami sudah menyampaikan semua yang terbaik, teknik dan cara merawat kura-kura Sulcata agar sampai besar dan sehat. Sebagai kesimpulan, merawat Sulcata cukuplah mudah. Cukup dengan menjaga kebersihan, pola makan teratur, dan membuat Sulcata seolah-olah berada dalam habitat aslinya.

Berikan kasih sayang dan kenyamanan saat memelihara agar Sulcata hidup dengan nyaman. Semoga Unyulicious bisa memelihara Sulcata tortoise sampai dewasa dan penuh kenangan. Yuk, praktikkan cara di atas dan pelihara kura-kura Sulcata dengan baik dan benar!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo