Hide Menu

5 Prediksi Warna Anak Kucing Berikut akan Muncul pada Perkawinan Silang pada Anabul

Ketahui Cara Menentukan Warna Bulu Anak Kucing yang Akan Lahir di Artikel Ini, Lengkap!

Artikel Prediksi Warna Anak Kucing ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Prediksi Warna Anak Kucing 2024
© istockphoto.com/IanDikhtiar

Cara Memprediksi Warna Anak Kucing

Cara Memprediksi Warna Anak Kucing
istockphoto.com/alexxx1981

Perkawinan silang kucing antar ras, baik anggora dengan kampung atau ras lain hingga persilangan warna sering bikin penasaran warna apa anak kucing yang nantinya akan lahir. Pasalnya, warna anak kucing baru lahir berasal dari perpaduan gen orang tuanya. Tidak hanya itu, hal yang bikin makin penasaran adalah warna anak kucing bisa jadi berbeda dari induknya.

Lantas, adakah cara mudah untuk melakukan prediksi warna anak kucing? Simak penjelasannya di bawah.

  • Melakukan Identifikasi Warna dan Pola Bulu Orang Tua

Langkah pertama yang dapat Unyulicious lakukan untuk menentukan warna bulu anak kucing yaitu mengidentifikasi warna dan pola bulu orang tuanya. Ketika keduanya memiliki warna yang berbeda, kemungkinan besar Unyulicious akan melihat si kitten memiliki warna campuran atau kombinasi dari kedua warna orang tuanya. Sebaliknya, jika kedua orang tua memiliki warna yang sama, umumnya anak kucing akan memiliki warna yang sama dengan orang tuanya.

  • Menguji Kemampuan Warna Kitten dengan Punnet Square

Cara selanjutnya yaitu menggunakan punnet square. Jika kedua orang tua memiliki warna yang berbeda, Unyulicious dapat menggunakan bantuan punnet square untuk memprediksi kemungkinan warna kitten. 

Punnet square adalah metode diagram untuk mengilustrasikan kemungkinan genetik dalam hasil persilangan. Berikut contoh perhitungan menggunakan punnet square:

Genetika Orang TuaAAAaaa
AA100% AA100% Aa100% aa
Aa100% Aa

25% AA

50% Aa

25% aa

100% aa
aa100% Aa100% Aa100% aa

Contoh di atas menunjukkan bahwa kemungkinan warna anak kucing dari persilangan orang tua dengan warna bulu Aa dan aa. Dari perhitungan di atas, Unyulicious mengetahui bahwa kemungkinan hasil persilangan AA, Aa, dan aa adalah 25%, 50%, dan 25%.

  • Memahami Faktor Lain yang Dapat Memengaruhi Warna Kitten

Tidak hanya faktor genetika orang tua, terdapat faktor lain yang dapat memengaruhi warna anak kucing. Salah satunya adalah faktor lingkungan, seperti polusi, paparan sinar matahari, dan makanan induk saat hamil. Oleh karena itu, warna anak kucing tidak selalu sama seperti warna yang diprediksi. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Prediksi Warna Anak Kucing - Terbaru 2024

Menurut penelitian Robert et al (2020), warna bulu kucing sangat sulit untuk dideskripsikan karena variasinya yang luas. Maka dari itu, memikirkan warna anak kucing yang nantinya akan lahir bisa membuat sang pemilik berpikir keras. 

Namun, Unyulicious tidak perlu khawatir. Tim Unyu telah menyediakan beberapa contoh prediksi warna kucing dari beberapa kemungkinan warna kedua orang tua yang berbeda. Simak penjelasan prediksi warna di bawah ini, ya!

1
Induk Jantan Hitam x Induk Betina Putih

Warna Kucing yang Sering Kali Ada di Jalanan

Induk Jantan Hitam x Induk Betina Putih

2
Induk Jantan Krem x Induk Betina Oren

Warna yang Umumnya Terdapat di Kucing Ras

Induk Jantan Krem x Induk Betina Oren

3
Induk Jantan Merah x Induk Betina Cokelat

Warna yang Cukup Langka di Masyarakat

Induk Jantan Merah x Induk Betina Cokelat

4
Induk Jantan Hitam x Induk Betina Oren

Hasil Persilangan Ini Sering Disebut Calico Cat

Induk Jantan Hitam x Induk Betina Oren

5
Induk Jantan Hitam x Induk Betina Oren atau Hitam

Banyak Orang Menyebutnya Torti Cat

Induk Jantan Hitam x Induk Betina Oren atau Hitam

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Warna Kucing yang Sering Kali Ada di Jalanan
© istockphoto.com/daisy1344
1
Warna Kucing yang Sering Kali Ada di Jalanan

Induk Jantan Hitam x Induk Betina Putih

Rekomendasi kami

Contoh pertama dari tim Unyu adalah jika induk jantan berwarna hitam kawin dengan induk betina berwarna putih. Jika jantan memiliki warna bulu hitam dan betina memiliki warna bulu putih, maka kemungkinan warna bulu bayi kucing adalah hitam atau putih.

Akan tetapi, jika induk betina memiliki gen resesif yang dapat menentukan warna bulu lain, seperti krim atau merah, maka kemungkinan warna bulu bayi kucing adalah putih, hitam, hitam agak abu, merah, atau krem.

Warna yang Umumnya Terdapat di Kucing Ras
© istockphoto.com/Ivan_Varyukhin
2
Warna yang Umumnya Terdapat di Kucing Ras

Induk Jantan Krem x Induk Betina Oren

Rekomendasi kami

Jika Unyulicious mengawinkan kucing jantan krem dengan induk betina berwarna oren seperti kartun Garfield, maka kemungkinan anak kucing berwarna oren atau krem. Namun, jika induk memiliki gen resesif yang dapat menentukan warna bulu lain, maka kemungkinan warna anak kucing jadi krem, oren, atau warna lain yang ditentukan oleh gen resesif tersebut. 

Warna yang Cukup Langka di Masyarakat
© istockphoto.com/misagi
3
Warna yang Cukup Langka di Masyarakat

Induk Jantan Merah x Induk Betina Cokelat

Rekomendasi kami

Jika induk jantan kucing berwarna merah dan induk betina coklat, maka kemungkinan warna bulu anak kucing yaitu merah atau cokelat. Akan tetapi, jika kedua induk memiliki gen resesif, maka kemungkinan warna anak kucing yaitu merah, cokelat, atau warna lain yang ditentukan oleh gen. 

Hasil Persilangan Ini Sering Disebut Calico Cat
© istockphoto.com/Marakit_Atinat
4
Hasil Persilangan Ini Sering Disebut Calico Cat

Induk Jantan Hitam x Induk Betina Oren

Induk laki memiliki kromosom seks XY dan betina memiliki kromosom XX. Kromosom X membawa gen yang dapat menentukan warna bulu. Selain itu, kromosom X membawa gen untuk warna oren dan hitam pada bulu kucing.

Karena induk betina memiliki kromosom XX, anak kucing dapat mewarisi 1 atau dua warna. Kucing ini sering kali disebut dengan calico cat atau kucing belang telon (kucing belang 3). Kucing belang tiga merupakan warna kucing yang cantik dan menjadi warna hewan favorit.

Kucing calico betina memiliki dua kromosom X. Hal itu pula yang membuatnya memiliki dua kromosom untuk kode warna bulunya. Di sisi lain, kucing laki hanya memiliki satu kromosom X dengan kode hitam atau oren. Sehingga, kemungkinan kucing calico berjenis kelamin laki hampir tidak mungkin ada. Faktanya, 99,9% dari semua kucing calico adalah betina. 

Banyak Orang Menyebutnya Torti Cat
© istockphoto.com/cynoclub
5
Banyak Orang Menyebutnya Torti Cat

Induk Jantan Hitam x Induk Betina Oren atau Hitam

Sama halnya dengan kucing calico, kucing persilangan kali ini juga mayoritas berkelamin betina. Penyebab hal tersebut adalah kromosom yang menentukan jenis kelamin juga menentukan warna dan corak bulu kucing. 

Kromosom betina atau X membawa kode genetik untuk warna oren atau hitam. Sementara kromosom jantan atau Y tidak membawa kedua warna tersebut.

Karena betina memiliki 2 kromosom X (XX), maka betina membawa genetik yang dapat menentukan warna corak bulu. Di sisi lain, karena kucing jantan hanya memiliki 1 kromosom X dan 1 kromosom Y, maka kucing jantan hanya bisa memiliki 1 warna saja (hitam atau oren). 

Persilangan ini menghasilkan warna kucing yang imut, biasa dikenal dengan sebutan kucing Torti atau Torti cat. Tidak hanya imut, kucing ini juga memiliki warna yang keren banget. Ciri warna kucing Torti yaitu perpaduan acak warna hitam dan oren sedikit kuning yang membentuk warna abstrak. 

Tanya Jawab Seputar Prediksi Warna Anak Kucing

Setelah mengetahui prediksi warna anak kucing baru lahir, selanjutnya tim Unyu akan membagikan beberapa pertanyaan dan jawaban terkait hal serupa. Tentunya, pertanyaan dan jawaban di bawah ini dapat menambah wawasan Unyulicious tentang ada berapa jenis warna anak kucing. Simak terus, ya!

Apakah warna anak kucing bisa berubah?

Ya, warna anak kucing bisa berubah. Adapun faktor yang dapat menyebabkan warna anak kucing berubah antara lain suhu, kurang nutrisi, efek matahari, pertambahan usia, sering menjilati tubuh, hingga masalah kesehatan. 

Kenapa anak kucing memiliki warna berbeda dari induknya?

Anak kucing memiliki warna yang berbeda dari induknya karena adanya perbedaan gen dari setiap ras. Hal itu karena gen dari setiap kucing dapat memengaruhi warna bulu, sehingga hal itu adalah hal yang wajar. 

Apa warna kucing yang langka?

Contoh warna kucing yang langka seperti krem, fawn, lilac, tortoiseshell, colorpoint, chocolate, black smoke, biru, rosette, chinchilla, dan albino. 

Kucing 2 warna disebut apa?

Kucing 2 warna biasa disebut bicolor, biasanya terdapat pada ras kucing campuran. 

Apa mitos kucing belang tiga?

Mitos kucing belang tiga yaitu hampir semua jenis ini adalah betina. Faktanya, kucing belang tiga dengan kelamin jantan memang jarang ditemukan, tetapi hal itu bukan karena induk memakannya. 

Kesimpulan: Prediksi Warna Anak Kucing

Memiliki hewan peliharaan yang imut dan lucu tentu idaman seluruh pemilik peliharaan, tidak terkecuali pemilik kucing. Terlebih jika si kucing memiliki warna yang cantik. Tentu saja, dengan warna yang cantik, Anda dapat mengabadikannya melalui foto dan menggunakannya sebagai gambar wallpaper di gadget yang Anda miliki. Dengan menjadikannya wallpaper, hal itu dapat menjadi salah satu arti bahwa Anda menyayanginya.

Akan tetapi, ketika si induk hamil, bisa jadi pemilik susah melakukan prediksi warna bayi yang nantinya akan lahir, terlebih jika perkawinan tersebut tidak diketahui oleh pemilik. Beda cerita jika perkawinan tersebut sengaja dilakukan untuk menghasilkan warna kucing yang diinginkan.

Maka dari itu, dengan membaca penjelasan tentang prediksi warna anak kucing di atas, diharapkan Anda mendapat gambaran untuk warna bayi kucing yang akan lahir. Tim Unyu juga sudah memberi referensi produk yang dapat menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Lantas, apa prediksi warna anak kucing dari hasil persilangan kucing yang Unyulicious lakukan?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo