Hide Menu

Takut Mau Mandiin Hamster Pakai Air? Terapkan 5 Cara Memandikan Hamster dengan Bedak Bayi!

Berikut Cara Membersihkan Hamster Selain Menggunakan Air yang Dapat Unyulicious Terapkan di Rumah

Artikel Cara Memandikan Hamster dengan Bedak Bayi ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Cara Memandikan Hamster dengan Bedak Bayi 2024
© freepik.com

Yuk, Kenali Fakta Unik dari Hamster!

Yuk, Kenali Fakta Unik dari Hamster!
freepik.com

Hamster adalah hewan pengerat yang dapat Unyulicious jadikan sebagai hewan peliharaan. Tidak hanya tampilannya lucu dan menggemaskan, kepribadian hamster pun unik dan menarik. 

Nah, sebelum Unyulicious memelihara hamster, sebaiknya ketahui fakta unik hewan satu ini terlebih dahulu. Mengetahui fakta unik hamster juga dapat membantu Unyulicious merawat hamster di setiap harinya. Check it out!

  • Gigi Hamster Terus Berkembang

Gigi hamster tidak berhenti bertumbuh ketika ia mencapai usia dewasa. Namun, hamster cukup pandai menjaga giginya sehingga panjang dan sehat dengan mengunyah sesuatu.

Oleh sebab itu, Unyulicious harus menyediakan beberapa makanan sebagai media kunyah hamster. Ketika ia punya makanan untuk dikunyah, hamster bisa mendapat rangsangan mental dan fisik agar tetap sehat sepanjang hidup. 

  • Hasmter adalah Hewan yang Penakut

Hamster memang terkenal mudah ketakutan. Itulah sebabnya mengapa penting untuk Unyulicious berhati-hati dalam merawatnya. Satu gerakan tiba-tiba dapat menakuti hamster, yang mana hal itu dapat merusak chemistry Unyulicious dengannya. Sensitivitas rasa takut yang meningkat adalah naluri alami yang membantunya selama hidup. 

  • Terampil dalam Melarikan Diri

Hamster adalah hewan yang lincah dan sukar untuk ditangkap. Hamster dapat masuk ke ruangan yang sempit, yang mana itu memudahkan mereka untuk melarikan diri. Oleh sebab itu, pastikan kandang hamster tidak memungkinkan mereka untuk keluar. Jika hamster keluar dari kandang, ia dapat dengan mudah terluka bahkan bisa lebih parah dari itu. 

  • Hamster Sangat Aktif di Malam Hari

Hamster tergolong sebagai hewan nokturnal. Oleh sebab itu, ia akan sangat aktif di malam hari dan terdiam ketika matahari mulai terbit. Dalam beberapa hal, Unyulicious bisa jadi kesulitan untuk menghadapi keadaan ini. Tentunya, hamster juga akan mengganggu jam tidur malam Unyulicious. 

  • Hamster Adalah Hewan Omnivora

Hamster termasuk hewan omnivora, yang berarti mereka memakan tumbuhan maupun hewan lainnya. Di alam liar, hamster memakan segala sesuatu, mulai dari serangga kecil hingga sayuran.

  • Dapat Memiliki Kondisi Genetik

Beberapa hamster terlahir dengan penyakit tertentu yang dapat berdampak negatif pada kesehatannya. Oleh sebab itu, penting untuk Unyulicious membawa hamster ke klinik hewan jika menemukan tanda-tanda penyakit. 

  • Memiliki Hampir 20 Spesies yang Berbeda

Sebanyak kurang lebih 18 spesies hamster berbeda telah ditemukan dan dibesarkan selama bertahun-tahun. Spesies tersebut memiliki kepribadian dan keunikan masing-masing. Maka, penting untuk Unyulicious mengenali terlebih dahulu hamster yang akan dipelihara. 

  • Hamster Adalah Hewan yang Cerdas

Hamster adalah hewan yang cerdas dan mudah dilatih. Unyulicious bisa mengajarinya untuk berdiri bahkan melompat sesuai perintah. Jika Unyulicious hendak melatih hamster, pastikan untuk memberi bantuan positif. Dalam artian, Unyulicious bisa memberi cemilan sehat agar hamster terus termotivasi.

  • Banyak Hamster yang Tidak Cocok dengan Teman Sekandangnya

Beberapa spesies hamster tidak baik-baik saja ketika ia dipelihara dalam 1 kandang dengan hamster lain. Terkadang memang ide yang baik untuk menjaga hamster tetap bersama, namun pastikan tidak lebih dari 2 ekor di kandang tersebut. 

  • Hamster adalah Hewan yang Bersih

Hamster mampu membersihkan tubuhnya sendiri dengan mulut dan cakarnya. Namun, tidak ada salahnya jika Unyulicious memandikannya sesekali waktu. Unyulicious bisa memandikannya menggunakan air, pasir, maupun bedak. 

Lantas, jika memilih memandikan dengan bedak, apakah Unyulicious tahu bagaimana cara memandikan hamster dengan bedak bayi? Jika belum, ayo cari tahu jawabannya di bawah ini. Simak sekarang!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Memandikan Hamster dengan Bedak Bayi - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Eli (2010), mandi pasir dapat disajikan dengan menempatkan suatu wadah yang diisi dengan pasir yang bagus atau kain wool kasar yang ukurannya sesuai dengan kandang hamster. 

Dari penelitian tersebut, dapat diartikan bahwa selain mennggunakan air, Unyulicious juga bisa memandikan hamster menggunakan pasir atau kain wool. Namun, jika menganggap pasir kurang cocok untuk hamster, Unyulicious bisa menggunakan bedak bayi atau bedak wangi sebagai gantinya. 

Lalu, apakah cara memandikan hamster menggunakan pasir sama dengan cara memandikan hamster dengan bedak bayi? Untuk mendapatkan jawabannya, simak setiap section di bawah ini, ya!

1
Siapkan Wadah Kecil

Isi Wadah dengan Bedak Halus dan Wangi

Siapkan Wadah Kecil

2
Letakkan Hamster di Wadah

Pastikan Hamster Nyaman Berada di Dalamnya

Letakkan Hamster di Wadah

3
Angkat Hamster

Angkat dengan Lembut dan Perlahan

Angkat Hamster

4
Beri Waktu Hamster untuk Menurunkan Pasir

Sikat Perlahan Bulu Hamster dengan Sikat Lembut

Beri Waktu Hamster untuk Menurunkan Pasir

5
Beri Bedak Tambahan untuk Hamster

Pastikan untuk Menggunakan Bedak Khusus Hamster

Beri Bedak Tambahan untuk Hamster

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Isi Wadah dengan Bedak Halus dan Wangi
© freepik.com
1
Isi Wadah dengan Bedak Halus dan Wangi

Siapkan Wadah Kecil

Rekomendasi kami

Cara memandikan hamster yang pertama adalah dengan menyiapkan wadah kecil. Pastikan wadah yang Unyulicious berikan cukup untuk hamster atau setidaknya cukup jika diletakkan di kandangnya. 

Setelah itu, isi wadah tersebut menggunakan bedak wangi atau bedak bayi. Unyulicious bisa menuangkan bedak tersebut hingga setengah dari wadah mandi hamster. 

Pastikan Hamster Nyaman Berada di Dalamnya
© freepik.com
2
Pastikan Hamster Nyaman Berada di Dalamnya

Letakkan Hamster di Wadah

Cara mandiin hamster selanjutnya yaitu taruh hamster di dalam wadah yang telah berisi bedak. Biarkan hamster bermain atau berguling di wadah berisi bedak tersebut. 

Hal itu karena cara mandi hamster adalah dengan berguling-guling. Namun, jika hamster terlihat tidak mau mandi, Unyulicious bisa membantunya dengan cara menyiramkan bedak ke tubuhnya secara perlahan. 

Angkat dengan Lembut dan Perlahan
© freepik.com
3
Angkat dengan Lembut dan Perlahan

Angkat Hamster

Jika hamster sudah terlihat bosan, biasanya mereka akan berhenti berguling. Itu menandakan bahwa proses mandi hamster sudah selesai. Jika demikian, Unyulicious bisa mengangkatnya dari wadah tersebut lalu pindahkan ke tempat bersih. 

Sikat Perlahan Bulu Hamster dengan Sikat Lembut
© freepik.com
4
Sikat Perlahan Bulu Hamster dengan Sikat Lembut

Beri Waktu Hamster untuk Menurunkan Pasir

Rekomendasi kami

Setelah memindahkan hamster ke tempat yang bersih, beri waktu ia untuk menurunkan bedak yang menempel di badannya. Jika Unyulicious memiliki hamster berbulu tebal, ada baiknya Unyulicious membantunya untuk menurunkan pasir yang menempel. 

Unyulicious bisa membantunya dengan cara menyisir bulu hamster menggunakan sikat lembut. Sisirlah  perlahan dan searah agar hamster tetap nyaman dan tidak berontak. Jika tidak memiliki sikat lembut khusus hamster, Unyulicious bisa menggunakan alternatif lain berupa sikat gigi dengan bulu halus. 

Pastikan untuk Menggunakan Bedak Khusus Hamster
© freepik.com
5
Pastikan untuk Menggunakan Bedak Khusus Hamster

Beri Bedak Tambahan untuk Hamster

Rekomendasi kami

Setelah proses pemandian selesai, Unyulicious bisa menambahkan bedak sebagai tahap akhir proses mandi. Tambahkan bedak khusus hamster, baik bedak kutu ataupun bedak wangi ke seluruh tubuhnya.

Akan tetapi, pastikan pemberian bedak tersebut tidak mengenai kepala. Tidak hanya itu, Anda bisa juga memberi hamster parfum khusus hewan peliharaan agar ia tetap wangi. Rutinitas mandi sudah selesai! 

Tanya Jawab Seputar Cara Memandikan Hamster dengan Bedak Bayi

Sama halnya dengan hewan peliharaan lain, Unyulicious juga perlu memerhatikan kebersihan hamster dengan memandikannya. Selain membuat tubuh hamster bersih dan lebih sehat, memandikannya juga dapat memperkuat kedekatan Unyulicious dengannya. 

Untuk itu, tim Unyu telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering kali ditanyakan terkait cara memandikan hamster dengan bedak bayi. Simak pertanyaan dan penjelasannya di bawah ini. 

Apakah hamster boleh dimandikan dengan bedak?

Boleh, Anda bisa memandikan hamster menggunakan bedak. 

Hamster mandi pakai apa?

Anda bisa memandikan hamster menggunakan air atau bedak wangi. 

Apakah hamster boleh dimandikan dengan tisu basah?

Boleh, jika Anda takut hamster sakit jika mandi dengan air, maka mandikan dengan cara mengelapkan tisu basah ke badannya. 

Kesimpulan: Cara Memandikan Hamster dengan Bedak Bayi

Melakukan keperawatan hamster dapat dikatakan lebih mudah daripada kucing. Meskipun begitu, Anda tidak boleh menggampangkan masalah ini. Tetap ada detail yang perlu perhatian khusus, seperti penggunaan alas serbuk kayu, penggunaan bedak, dan makanan. 

Oleh sebab itu, untuk memudahkan Anda merawat hamster khususnya hamster mandi, Anda bisa membaca cara memandikan hamster dengan bedak bayi dari tim Unyu di atas. Dengan cara yang tepat, tentu resiko menyakiti hamster akan terhindarkan. Lantas, setelah membaca penjelasan di atas, apakah Unyulicious tertarik memandikan hamster menggunakan bedak? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo