Hide Menu

Inilah 5 Perbedaan Ranchu dan Lionhead, Termasuk ke Strain Mas Koki namun Ternyata Beda!

Serupa tapi Tak Sama! Meskipun Termasuk Maskoki, namun Ranchu dan Lionhead Memiliki Perbedaan yang Signifikan

Artikel Perbedaan Ranchu dan Lionhead ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Perbedaan Ranchu dan Lionhead 2024
© freepik.com

Ranchu dan Lionhead, Dua Ikan yang Termasuk Strain Maskoki

Ranchu dan Lionhead, Dua Ikan yang Termasuk Strain Maskoki
freepik.com

Sebagai pecinta ikan hias, tentunya Unyulicious sudah tidak asing lagi dengan ikan Ranchu dan Lionhead. Kedua jenis ikan tersebut masuk ke dalam keluarga ikan mas koki. Ikan mas koki termasuk ke dalam spesies yang memiliki nama latin Carassius auratus.

Karena Ranchu dan Lionhead memiliki penampilan yang menarik, tentu akan menjadi daya tarik untuk aquarium di rumah. Akan tetapi, apakah Unyulicious tahu perbedaan contoh ikan mas koki tersebut? Sebelum membahas tentang perbedaan Ranchu dan Lionhead, ada baiknya tim Unyu mengenalkan terlebih dahulu tentang kedua ikan ini. 

Asal Lionhead yaitu mutasi alami egg-fish yang termasuk varietas ikan mas tertua di dunia. Ikan Lionhead termasuk golongan ikan besar dengan spesimen dewasa dengan panjang yang bisa mencapai 10-12 inci. 

Lionhead terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu Nacreous, Metallic, Matte, serta beberapa warna khas ikan mas lainnya. Untuk varietas calico, ikan Lionhead akan terlihat sangat menarik karena memiliki tubuh yang berwarna kuning dengan tudung merah cerah. Lionhead adalah strain ikan maskoki yang memiliki habitat di China daratan saat masa Dinasti Qing. 

Berikutnya adalah tentang ikan Ranchu, merupakan modifikasi dari varietas Lionhead asli dalam beberapa cara. Umumnya, Ranchu lebih pendek daripada Lionhead, panjangnya hanya mencapai 8-10 inci. Ranchu adalah mas koki yang terbentuk di Jepang. 

Meskipun begitu, ikan Ranchu disebut-sebut sebagai rajanya ikan hias mas koki, lho! Jika Unyulicious merawat ikan ini, terdapat anjuran untuk memberi pakan yang tenggelam di air. Hal itu karena jika Unyulicious memberi pakan terapung, Ranchu bisa menelan banyak udara yang tidak baik untuk kemampuan renangnya.  

Itulah sekilas pengetahuan tentang perbedaan ikan Ranchu dan Lionhead. Menarik, ‘kan? Namun, dari banyaknya perbedaan, kedua ikan ini sama-sama tidak memiliki sirip punggung. Selanjutnya, tim Unyu akan menjabarkan perbedan Ranchu dan Liohead secara lengkap. Simak penjelasannya di artikel ini, ya! 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Ranchu dan Lionhead - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Syaifudin et al (2004), ikan mas koki adalah salah satu jenis ikan hias populer dan memiliki banyak penggemar. Kelebihan dari ikan ini adalah strain yang sedikit pun tidak mirip dengan aslinya. 

Sama halnya dengan Ranchu Goldfish dan Lion Head Goldfish, meskipun termasuk jenis ikan mas koki, namun ternyata mereka memiliki perbedaan. Apa sajakah perbedaan tersebut? Cari tahu jawabannya di bawah ini. 

1
Bentuk dan Karakteristik

Masing-Masing Memiliki Bentuk dan Karakteristik Unik

Bentuk dan Karakteristik

2
Tekstur dan Pola Tubuh

Keduanya Memiliki Pola Tubuh yang Khas dan Indah

Tekstur dan Pola Tubuh

3
Ukuran dan Warna

Meskipun 1 Strain, Keduanya Memiliki Warna Berbeda

Ukuran dan Warna

4
Karakter dan Sifat

Karakter dan Sifat Keduanya Sangat Berbeda

Karakter dan Sifat

5
Cara Pemeliharaan dan Perawatan

Perlu Perhatian dan Perawatan yang Ekstra

Cara Pemeliharaan dan Perawatan

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Masing-Masing Memiliki Bentuk dan Karakteristik Unik
© freepik.com
1
Masing-Masing Memiliki Bentuk dan Karakteristik Unik

Bentuk dan Karakteristik

Rekomendasi kami

Perbedaan Ranchu dan Lionhead yang pertama adalah dari segi bentuk dan karakteristik. Ikan Ranchu memiliki tubuh yang bulat dan memiliki permukaan yang lembut dan licin. Selain itu, daging di punggungnya tebal sehingga membuatnya tampak gendut.

Sedangkan ikan Lionhead memiliki kepala yang lebih besar dan bulat daripada ikan Ranchu. Hal yang membuat ikan Lionhead tampak istimewa adalah adanya jambul yang menutupi sebagian besar kepala ikan.

Keduanya Memiliki Pola Tubuh yang Khas dan Indah
© freepik.com
2
Keduanya Memiliki Pola Tubuh yang Khas dan Indah

Tekstur dan Pola Tubuh

Tekstur dan pola tubuh adalah perbedaan selanjutnya. Ranchu memiliki tubuh yang lembut dan berkualitas dengan permukaan yang cukup licin. Beberapa varian Ranchu memiliki pola tubuh yang khas, yaitu pola bintik atau pola coret seperti melingkar. 

Sementara itu, Lionhead memiliki pola tubuh yang lebih kasar dan permukaannya tidak terlalu licin. Bentuk dan pola tubuh Lion head umumnya terlihat lebih indah, simetris, dan ada variasi ukiran di sepanjang sisiknya. 

Meskipun 1 Strain, Keduanya Memiliki Warna Berbeda
© freepik.com
3
Meskipun 1 Strain, Keduanya Memiliki Warna Berbeda

Ukuran dan Warna

Rekomendasi kami

Selanjutnya, Ranchu dan Lionhead memiliki perbedaan di variasi dan warna. Umumnya, Ranchu Goldfish memiliki ukuran yang lebih kecil. Ukuran Ranchu dewasa dapat mencapai sekitar 15-20 sentimeter. Sedangkan Lionhead bisa mencapai ukuran yang lebih besar, yaitu 20-25 sentimeter. 

Perbedaan lainnya terletak pada variasi warna kedua ikan. Ranchu Goldfish memiliki variasi warna yang lebih beragam, dari putih, cokelat, merah, hingga kuning. Sedangkan Lion Head cenderung memiliki warna yang monoton, seperti oranye atau merah tua. 

Karakter dan Sifat Keduanya Sangat Berbeda
© freepik.com
4
Karakter dan Sifat Keduanya Sangat Berbeda

Karakter dan Sifat

Rekomendasi kami

Setiap ikan memiliki karakter dan sifat yang berbeda, termasuk ikan Ranchu dan Lionhead. Ranchu terkenal memiliki karakter yang lebih tenang, mudah beradaptasi, dan tidak terlalu nakal. Dapat dikatakan bahwa Ranchu cenderung lebih ramah dan mudah dekat dengan sang pemilk. 

Sementara untuk Lion Head, ia memiliki karakter yang lebih aktif dan suka berinteraksi dengan sesama ikan di aquarium. Akan tetapi, beberapa ikan ini terkadang bisa menjadi lebih agresif dan sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Meskipun begitu, Lionhead tetap menjadi favorit bagi banyak pecinta ikan hias, terlebih karena keunikan dan pesona kepala besar serta jambulnya. 

Perlu Perhatian dan Perawatan yang Ekstra
© freepik.com
5
Perlu Perhatian dan Perawatan yang Ekstra

Cara Pemeliharaan dan Perawatan

Rekomendasi kami

Perbedaan terakhir adalah dari sisi pemeliharaan dan perawatan. Ranchu memiliki kebutuhan perawatan dan pemeliharaan yang lebih mudah daripada Lionhead. Ranchu yang gendut dan bulat memudahkannya untuk bergerak dan berenang dengan bebas di akuarium. 

Sebaliknya, Lion Head Goldfish perlu perhatian ekstra dalam pemeliharaannya. Hal itu karena bentuk kepala dan tubuhnya yang lebih besar.

Ikan ini juga rentan terkena penyakit dan masalah kesehatan lain, terlebih penyakit yang berkaitan dengan kelebihan lemak dan bentuk tubuhnya. Oleh sebab itu, pemeliharaan Lionhead membutuhkan sirkulasi dan tingkat kebersihan air yang optimal. Tidak lupa dengan pemberian makanan yang tepat. 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Ranchu dan Lionhead

Setelah membaca penjelasan di atas, ternyata karakteristik dari Ranchu dan Lionhead ini unik dan lucu, ya? Tidak heran jika banyak orang yang melakukan budidaya dan jual ikan mas koki tersebut. Untuk Unyulicious yang baru akan memulai memelihara ikan hias, mulailah dari anak ikan mas koki. Selain karena harga yang tidak mahal seperti ikan jumbo, Unyulicious juga bisa berlatih untuk merawat ikan. 

Selanjutnya, sebelum mengakhiri artikel ini, luangkan sedikit waktu Unyulicious untuk membaca beberapa pertanyaan dan jawaban di bawah. Penjelasan di bawah tentu akan semakin menambah wawasan Unyulicious ikan hias. Check it out!

Apa saja jenis-jenis ikan mas koki?

Beberapa jenis ikan mas koki antara lain ikan mas koki Oranda, ikan mas Mutiara, fancy Panda, ikan mas koki Ryukin, ikan mas koki Bulldog Black Moore atau Moore hitam, ikan mas koki Bubble Eye atau ikan yang memiliki mata seperti balon, dan lainnya. 

Apa ciri ikan mas koki?

Ciri utama ikan mas koki yaitu memiliki warna emas cemerlang yang tidak ditemukan pada ikan jenis lain. 

Kesimpulan: Perbedaan Ranchu dan Lionhead

Ranchu dan Lionhead berasal dari strain maskoki yang sama, namun memiliki perbedaan. Meskipun begitu, perbedaan Ranchu dan Lionhead tersebut tidak membuat keduanya sepi peminat. Banyak yang mengabadikan kecantikan kedua jenis ikan ini dalam sebuah foto atau gambar.

Pasalnya, masing-masing jenis ikan memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Bahkan, orang memberi nama ikan Ranchu sebagai raja ikan hias koki! Selain ikan Ranchu dan Lionhead, Anda juga bisa memelihara ikan koki ekor panjang. Akan tetapi, ikan hias tidak hanya jenis mas koki saja, melainkan Anda juga bisa memelihara ikan koi.

Salah satu yang menjadi idola dari ikan koi yaitu ikan koi Platinum Slayer. Tentunya, ikan koi juga mampu untuk mempercantik akuarium di rumah Anda. Lantas, setelah membaca penjelasan di atas, jenis manakah yang paling menarik perhatian Unyulicious? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo