Hide Menu

Stop Penggunaan Obat, Lakukan 5 Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Secara Alami Berikut!

Bye-Bye Obat! Berikut Adalah Panduan Cara Mengobati Sakit Mata pada Kucing Secara Alami. Mudah!

Artikel Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Secara Alami ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Secara Alami 2024
© istockphoto.com/ULADZIMIRCYARGEENKA

Apa Saja Jenis Sakit Mata pada Kucing?

Apa Saja Jenis Sakit Mata pada Kucing?
istockphoto.com/ULADZIMIRCYARGEENKA

Tidak hanya manusia, kucing juga berpotensi mengalami sakit mata, terlebih kucing yang sering bermain di alam. Tanda sakit mata pada kucing yaitu banyaknya kotoran pada mata, kucing sering berkedip, dan mata terlihat keruh. Lantas, adakah cara mengobati sakit mata pada kucing secara alami tanpa obat? Simak lebih lanjut.

Sebagai pemilik kucing, tentunya Unyulicious harus care and concern ketika kucing sakit mata. Akan tetapi, Unyulicious tidak perlu khawatir karena penyakit tersebut dapat sembuh selama Anda mengobati sakit mata pada kucing dengan benar.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang mengobati sakit mata pada kucing, alangkah baiknya jika Unyulicious mengetahui apa saja jenis sakit mata pada kucing. Berikut penjelasannya.

  • Infeksi Mata

Infeksi menjadi salah satu penyebab sakit mata pada kucing. Kondisi ini terjadi akibat penyebaran virus atau kuman yang berasal dari mulut, hidung atau tenggorokan kucing ke matanya. Kucing yang terkena infeksi ini akan menunjukkan gejala seperti demam, batuk, bersin, dan flu. Di sisi lain, infeksi ini membuat mata kucing tampak berair, menonjol, dan kemerahan.

  • Konjungtivitis

Konjungtivitis yaitu sebuah peradangan pada konjungtiva atau selaput yang melapisi permukaan pada bola mata dan bagian kelopak mata. Ketika kucing terkena penyakit ini, mata kucing akan tampak kemerahan. Selain itu, konjungtivitis juga dapat menimbulkan gejala berupa mata bengkak, mata belek seperti bernanah, dan sensitif terhadap cahaya. 

  • Keratitis

Keratitis merupakan keadaan ketika kornea mata mengalami peradangan. Hal itu membuat permukaan mata tampak putih atau keruh. Penyebab penyakit mata ini yaitu luka seperti akibat cakaran kucing lain. 

  • Blefaritis

Pembengkakan pada kelopak mata atau blefaritis yaitu jenis sakit mata yang sering terjadi pada kucing. Umumnya, blefaritis bisa menyebabkan mata kucing menjadi merah, gatal, dan bengkak, sehingga kucing sering berkedip secara tiba-tiba. 

  • Katarak

Sama halnya dengan manusia, kucing juga bisa mengalami katarak. Katarak membuat lensa mata tampak keruh. Secara umum, katarak menyerang kucing dan anjing yang sudah berusia tua. 

  • Infeksi Virus Herpes Kucing

Penyebab virus herpes pada mata kucing yaitu Feline Herpesvirus. Herpes adalah salah satu jenis sakit mata yang mudah menular pada kucing. Meskipun begitu, penyebab virus herpes pada kucing berbeda dengan virus pada manusia dan tidak menular dari kucing ke manusia. 

  • Penyakit Retina

Penyakit ini bisa membuat kucing mengalami gangguan penglihatan hingga kebutaan karena bagian retina tidak dapat menangkap cahaya. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab penyakit ini, seperti robekan pada retina hingga faktor genetik. 

  • Glaukoma

Jenis sakit mata terakhir yaitu glaukoma. Penyakit ini terjadi akibat tingginya tekanan di dalam bola mata, sehingga menekan dan merusak saraf mata. Sama halnya dengan katarak, penyakit ini juga bisa menyerang manusia dan hewan. Gejala glaukoma meliputi mata menjadi besar, kemerahan, keruh, mengeluarkan banyak air mata, dan keadaan mata setengah tutup. 

Tampak menyeramkan, ya? Namun, jangan khawatir. Tim Unyu akan menjabarkan beberapa cara mengobati kucing sakit mata secara alami. Untuk itu, baca artikel di Unyu ini hingga selesai, ya! 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Secara Alami - Terbaru 2024

Menurut penelitian Jean (2013), manifestasi penyakit virus pada mata sangat banyak dan bervariasi, bergantung pada patogen pemicunya. Penyakit virus pada kucing adalah kejadian umum dan terkadang dapat menimbulkan tantangan diagnostik dan terapeutik bagi dokter hewan. Maka jika ini terjadi, pelajari cara mengobati kucing yang sakit mata dari tim Unyu di bawah ini. 

1
Kompres Mata dengan Handuk Hangat

Pastikan Suhu Air Suam-Suam Kuku

Kompres Mata dengan Handuk Hangat

2
Gunakan Air Steril

Metode Terbaik untuk Mengeluarkan Kotoran Mata Kucing

Gunakan Air Steril

3
Madu

Gunakan Madu Murni agar Penyembuhan Maksimal

Madu

4
Air Garam dan Cuka Apel

Terdengar Ngeri, tapi Bermanfaat!

Air Garam dan Cuka Apel

5
Penggunaan Lysine

Asam Amino untuk Hewan Peliharaan dan Ternak

Penggunaan Lysine

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pastikan Suhu Air Suam-Suam Kuku
© istockphoto.com/TodoreanGabriel
1
Pastikan Suhu Air Suam-Suam Kuku

Kompres Mata dengan Handuk Hangat

Rekomendasi kami

Cara pertama yang dapat Unyulicious lakukan yaitu mengompres mata kucing menggunakan handuk hangat. Unyulicious bisa merendam kain atau handuk ke dalam air hangat selama beberapa waktu.

Setelah itu, angkat dan peras handuk tersebut sebelum memberikannya ke kucing. Selanjutnya, tekan kain perlahan di mata kucing dan tahan selama 60 detik. 

Jika kedua mata kucing sakit atau iritasi, Unyulicious bisa mengulang cara ini pada sebelah mata yang lain. Lakukan selama beberapa kali hingga kemerahan atau iritasi pada mata kucing mereda. Langkah pertama ini juga dapat menjadi cara mengobati mata kucing berair secara alami. 

Metode Terbaik untuk Mengeluarkan Kotoran Mata Kucing
© istockphoto.com/catinsyrup
2
Metode Terbaik untuk Mengeluarkan Kotoran Mata Kucing

Gunakan Air Steril

Rekomendasi kami

Cara berikutnya yaitu menggunakan air steril. Unyulicious bisa membasahi kapas dengan air steril untuk membersihkan atau menyeka kotoran di mata. Unyulicious bisa melakukan cara ini dengan menyeka dari saluran mata. Selanjutnya, usap ke arah luar dengan lembut dan perlahan-lahan. 

Sebagai alternatif, Unyulicious juga bisa menggunakan tisu basah khusus kucing seperti rekomendasi tim Unyu di atas. Rekomendasi tersebut merupakan produk berkualitas, jadi aman untuk anabul. 

Gunakan Madu Murni agar Penyembuhan Maksimal
© istockphoto.com/dardespot
3
Gunakan Madu Murni agar Penyembuhan Maksimal

Madu

Rekomendasi kami

Metode menyembuhkan sakit pada mata kucing berikutnya adalah dengan memanfaatkan madu. Caranya dengan mengoleskan madu ke mata kucing untuk mengurangi pembengkakan. 

Tidak hanya itu, Unyulicious juga bisa mencampurkan 2 sendok makan madu dengan 2 sendok makan air steril. Selanjutnya, aduk sampai tercampur rata dan teteskan ke mata kucing setiap 2 kali sehari. 

Terdengar Ngeri, tapi Bermanfaat!
© istockphoto.com/NNL_STUDIO
4
Terdengar Ngeri, tapi Bermanfaat!

Air Garam dan Cuka Apel

Rekomendasi kami

Bagi sebagian orang, penggunaan air garam atau cuka apel bisa jadi cukup menyeramkan. Faktanya, kedua bahan ini mampu membantu mengobati sakit mata pada kucing, lho! Campuran air garam dan cuka apel terkenal mampu membunuh virus, kuman, dan bakteri sekaligus mengeluarkan kotoran di mata kucing.

Caranya mudah. Unyulicious hanya perlu mencelupkan ujung kapas atau handuk kering ke dalam larutan air garam atau larutan cuka apel. Ambil kapas atau handuk tersebut dan peras sedikit agar tidak terlalu basah. Selanjutnya, oleskan kapas tersebut mulai dari saluran mata kucing ke arah luar secara perlahan dan searah. 

Asam Amino untuk Hewan Peliharaan dan Ternak
© istockphoto.com/IrynaV
5
Asam Amino untuk Hewan Peliharaan dan Ternak

Penggunaan Lysine

Rekomendasi kami

Khusus untuk penyakit herpes pada mata kucing, Unyulicious bisa menggunakan lysine. Lysine merupakan asam amino esensial yang mampu menghambat pertumbuhan virus. Setelah Unyulicious memberikan lisin, penyakit herpes kucing atau Feline Herpevirus tidak akan menyebar lagi. 

Tanya Jawab Seputar Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Secara Alami

Sebelum Unyulicious mengakhiri membaca artikel ini, luangkan sedikit waktu untuk membaca beberapa pertanyaan dan jawaban di bawah. Tentunya, penjelasan yang ada di bagian ini mampu menambah wawasan Unyulicious tentang cara mengobati kucing sakit mata secara alami. Simak sekarang!

Apakah air garam bisa menyembuhkan sakit mata pada kucing?

Ya, air garam bisa menyembuhkan sakit mata kucing. 

Bolehkah mengompres mata kucing dengan air hangat?

Jawabannya boleh. Anda bisa mengompres mata kucing dengan cara merendam kain halus di dalam air hangat. Selanjutnya, peras kain dan kompreskan ke mata kucing perlahan. 

Apa obat sakit mata pada kucing?

Beberapa obat sakit mata yang dapat Anda berikan kepada kucing yaitu Doxycycline, Terramycin, Chloramphenicol, Gentamicin, Azithromycin, Levofloxacin, Carmellose, dan Idoxuridine. Akan tetapi, sebelum memberikannya kepada kucing, pastikan sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan, ya. 

Apakah sakit mata pada kucing bisa sembuh sendiri?

Ya, sakit mata pada kucing bisa sembuh sendiri. Namun, jika dalam beberapa hari belum ada perubahan, alangkah baiknya Anda segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Kenapa mata kucing berkaca-kaca?

Mata kucing berkaca-kaca seperti beling karena mengalami infeksi saluran pernapasan atas. Kondisi ini juga biasa disebut dengan flu kucing. 

Kesimpulan: Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Secara Alami

Itulah penyakit mata yang terjadi pada kucing dan cara mengobatinya secara alami. Penyakit mata kucing seperti konjungtivitis karena alergi atau iritasi umumnya bisa sembuh sendiri. Ingat, jangan memberikan antibiotik, salep atau obat tetes mata seperti Insto tanpa pengawasan dari dokter. Meski obat tersebut dapat Anda beli di apotik dengan harga terjangkau, namun pemberian tanpa pengawasan dapat memperburuk sakit mata kucing. 

Unyulicious bisa menggunakan cara mengobati kucing sakit mata secara alami di atas untuk menghemat pengeluaran dan lebih aman dilakukan di rumah. Pasalnya, penyakit mata tidak hanya terjadi pada mata normal kucing dewasa saja, anak, bayi kucing, bahkan kucing jules pun bisa sakit mata. Oleh sebab itu, cara di atas juga dapat menjadi cara mengobati anak kucing sakit mata. 

Jika Anda melihat kucing menunjukkan tanda sakit mata, seperti sering berkedip, susah buka mata sehingga tampak sipit, mata keruh dan merah seperti warna darah, dan terus-menerus menggaruk mata, segera lakukan penanganan. Jika tanda tersebut tidak kunjung mereda meski Anda sudah melakukan cara di atas, segera konsultasikan kondisinya ke dokter hewan. Dengan begitu, kucing akan mendapat penanganan yang tepat. 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo