Hide Menu

Buat Hewan Peliharaan Anda Kembali Semangat dengan 7 Cara Mengobati Anjing Sakit Berikut!

Sembuhkan Anjing Sakit dan Kembalikan Keceriaannya dengan Memberi Obat untuk Anjing yang Sakit Ini

Artikel Cara Mengobati Anjing Sakit ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Mengobati Anjing Sakit 2024
© istockphoto.com/Sadeugra

Ciri-Ciri Anjing Sakit yang Perlu Unyulicious Ketahui

Ciri-Ciri Anjing Sakit yang Perlu Unyulicious Ketahui
istockphoto.com/igorr1

Anjing adalah salah satu hewan peliharaan favorit di masyarakat. Hewan ini dikenal memiliki kesetiaan yang tinggi terhadap pemiliknya. Gak hanya setia, anjing juga merupakan hewan yang mudah dilatih untuk melakukan trik-trik tertentu. Namun, sama halnya dengan manusia, anjing juga bisa sakit. 

Sayangnya, anjing gak bisa mengomunikasikan dengan baik jika ia sedang sakit. Oleh karena itu, sebagai pemilik, Unyulicious harus memahami perubahan perilaku keseharian dan ciri-ciri anjing sakit lainnya. Simak penjelasan di bawah ini. 

  • Muntah Berulang Kali

Kondisi pertama yang dapat menjadi ciri anjing sedang sakit yaitu muntah berulang kali. Muntah bisa jadi tanda alergi atau infeksi serius, terlebih pada anjing senior. Umumnya, kondisi ini disertai dengan menurunnya nafsu makan, lesu hingga adanya darah dalam muntah. 

  • Diare

Anjing yang diare terus menerus selama lebih dari 48 jam bisa menjadi tanda bahwa ia sedang sakit. Jika ini terjadi pada anjing di rumah, segera konsultasikan pada dokter hewan, terlebih jika kotorannya disertai darah atau lendir. 

  • Perubahan Frekuensi Buang Air Kecil

Ciri lainnya yaitu meningkatnya frekuensi kencing. Kondisi ini bisa menandakan adanya masalah ginjal, hati atau kelenjar adrenal. Di sisi lain, frekuensi kencing yang menurun juga dapat menandakan masalah kandung kemih. 

  • Rambut Rontok dan Kulit Gatal

Kutu atau tungau dapat menjadi penyebab rambut anjing rontok. Tidak hanya itu, infeksi jamur di telinga juga dapat membuat anjing sering menggaruk telinganya. Bahkan, dalam beberapa kasus, telinga anjing mengeluarkan cairan berwarna coklat. Jika Unyulicious menemukan kondisi berikut, segera bawa anjing ke dokter hewan, ya!

  • Batuk

Anjing yang batuk terus menerus dapat mengindikasikan penyakit jantung dan paru-paru. Bagi beberapa anjing, batuk ringan dapat sembuh dalam kurun waktu 2 minggu. Sementara anak anjing yang batuk terus menerus dapat menjadi penyebab pneumonia. Terlebih jika batuk tersebut disertai dengan nafsu makan menurun, panas hingga demam, keluar cairan dari hidung, dan lesu. 

  • Mata dan Hidung berair

Jika mata tampak seperti beling dan hidung anjing berair disertai dengan bersin, Unyulicious perlu mewaspadainya. Kondisi tersebut bisa menjadi penyebab masalah pernapasan.

  • Anjing Tampak Lesu

Tubuh yang lesu menjadi tanda adanya hal yang mengganggu kesehatan anjing. Anjing yang lesu bisa jadi gak tertarik untuk bermain atau melakukan aktivitas lain. Kelesuan tersebut bisa disebabkan karena suhu tubuh anjing yang tinggi. 

  • Perubahan Berat Badan

Ketika Unyulicious merasa berat badan anjing menurun selama 2-4 minggu, itu bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Begitu pun jika Unyulicious merasa bahwa berat badan anjing mengalami kenaikan yang tak terduga. 

Dengan mengetahui ciri ketika anjing sakit, tentu akan memudahkan Unyulicious dalam memberi obat untuk anjing sakit yang sesuai. Maka dari itu, cari tahu lebih lanjut cara mengobati anjing sakit dengan membaca artikel ini hingga akhir. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Cara Mengobati Anjing Sakit - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Made et al (2022), aspek penting yang perlu diperhatikan dalam memelihara anjing adalah kesehatan. Anjing muda rentan terinfeksi penyakit, baik dari agen virus, bakteri, maupun parasit. 

Untuk itu, tim Unyu akan membagikan beberapa cara mengobati anjing sakit sesuai gejalanya agar lebih spesifik untuk Unyulicious. Simak penjelasan di bawah ini, ya!

1
Anjing Diare atau Muntah

Atur Pola Makan dan Minum Secara Bertahap

Anjing Diare atau Muntah

2
Anjing Batuk dan Kesulitan Bernapas

Lakukan Pembersihan Lingkungan Anjing Secara Rutin

Anjing Batuk dan Kesulitan Bernapas

3
Anjing Terkena Penyakit Arthritis

Umum Dialami Oleh Anjing Senior

Anjing Terkena Penyakit Arthritis

4
Penyakit Kronis Karena Anjing Berusia Tua

Berikan Pakan Sesuai dengan Usianya

Penyakit Kronis Karena Anjing Berusia Tua

5
Anjing Terkena Penyakit Kulit

Minimalisir Peluang Anjing Menggaruk atau Menjilat Lukanya

Anjing Terkena Penyakit Kulit

6
Anjing Mengidap Distemper

Berakibat Fatal Jika Tak Kunjung Ditangani

Anjing Mengidap Distemper

7
Anjing Kejang

Banyak Hal Menjadi Penyebab Anjing Kejang

Anjing Kejang

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Atur Pola Makan dan Minum Secara Bertahap
© istockphoto.com/Manuel-F-O
1
Atur Pola Makan dan Minum Secara Bertahap

Anjing Diare atau Muntah

Rekomendasi kami

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab anjing muntah dan diare, seperti tidak sengaja mengkonsumsi racun tikus atau tidak cocok dengan makanan. Lalu, apa yang harus Unyulicious lakukan jika anjing muntah atau diare? Jawabannya adalah menerapkan perubahan secara bertahap pada makanannya.

Cobalah untuk melakukannya selama 3 hari dengan menambah sedikit demi sedikit makanan baru ke makanan yang biasa dia konsumsi. Unyulicious juga bisa memberikan dog food that good for stomach and digestive problems seperti rekomendasi di atas. 

Selain itu, hindari memberi anjing makanan sisa seperti tulang ayam. Hal itu karena serpihan tulang yang anjing kunyah dapat menyebabkan iritasi pada bagian usus anjing. Di sisi lain, jangan biarkan anjing minum terlalu banyak dalam satu waktu karena dapat menyebabkan muntah yang lebih banyak pula. Solusi yang dapat Unyulicious lakukan adalah memberinya minum sedikit demi sedikit.

Jika setelah melakukan cara-cara tersebut anjing masih tetap muntah dan diare, hal tersebut bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius. Maka dari itu, segera bawa anjing ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Lakukan Pembersihan Lingkungan Anjing Secara Rutin
© istockphoto.com/Jomkwan
2
Lakukan Pembersihan Lingkungan Anjing Secara Rutin

Anjing Batuk dan Kesulitan Bernapas

Rekomendasi kami

Anjing yang batuk hingga kesulitan bernapas menandakan adanya masalah pernapasan. Untuk mengatasi masalah pernapasan ini, Unyulicious bisa menempatkan humidifier atau pelembab ruangan untuk membantu pernapasannya lebih lancar. Selanjutnya, pastikan area tidur anjing tetap hangat dan kering agar anjing dapat bernapas dengan lega dan tidak terganggu.

Jika dengan kedua cara tersebut anjing masih merasa sulit bernapas, segera bawa anjing ke dokter hewan. Pasalnya, gejala kesulitan bernapas yang makin parah mengindikasikan anjing terkena infeksi pada saluran pernapasannya. 

Umum Dialami Oleh Anjing Senior
© istockphoto.com/FabioVolu
3
Umum Dialami Oleh Anjing Senior

Anjing Terkena Penyakit Arthritis

Rekomendasi kami

Anjing juga bisa menderita penyakit arthritis atau radang pada sendi. Oleh karena itu, anjing memerlukan istirahat. Jangan biarkan ia terlalu banyak bergerak untuk mengistirahatkan otot dan tulangnya.

Unyulicious juga bisa memijat otot anjing untuk mengurangi ketegangan dan mati rasa sendi yang ia rasakan. Tidak hanya itu, berilah ia alas tidur yang empuk untuk berbaring guna meredakan rasa sakit pada otot dan sendinya. 

Umumnya, arthritis dapat terjadi pada anjing ras dengan ukuran yang besar, kegemukan, karena tidak mendapat nutrisi yang cukup, cedera seperti tabrak kendaraan bermotor, kelincahan anjing yang berlebih, dan sebagainya. 

Berikan Pakan Sesuai dengan Usianya
© istockphoto.com/YakobchukOlena
4
Berikan Pakan Sesuai dengan Usianya

Penyakit Kronis Karena Anjing Berusia Tua

Rekomendasi kami

Sama halnya dengan manusia, anjing yang memasuki usia senior sangat rentan terkena penyakit. Dalam hal ini, pastikan Unyulicious selalu menyediakan obat di rumah. Pastikan Unyulicious menyiapkan obat yang sesuai dengan dosis anjuran dokter hewan.

Tim Unyu sarankan untuk mengurangi aktivitas anjing, sekalipun itu berolahraga. Jika anjing stres, tentu itu akan memperparah kondisinya.

Tidak hanya itu, pastikan anjing selalu buang air besar dan kecil secara teratur. Lakukan grooming dengan memotong bulu yang terlalu panjang untuk menghindari kotoran menempel pada kulitnya. Sebagai catatan, jangan lupa untuk selalu memberi kasih sayang dan perhatian padanya. 

Minimalisir Peluang Anjing Menggaruk atau Menjilat Lukanya
© istockphoto.com/Fetrinka
5
Minimalisir Peluang Anjing Menggaruk atau Menjilat Lukanya

Anjing Terkena Penyakit Kulit

Rekomendasi kami

Penyakit kulit dapat Unyulicious atasi dengan mudah selama anjing tidak menjilati lukanya, sekalipun luka tersebut berada di kaki. Untuk mencegah itu, Unyulicious bisa memasangkan collar agar anjing tidak menjilati bahkan menggaruk lukanya. 

Selain itu, jaga kebersihan tubuh anjing dengan memandikannya untuk mengurangi rasa gatal. Tidak lupa untuk selalu memberi anjing semangat agar ia cepat sembuh dari lukanya. Perlu diperhatikan jika Unyulicious ingin menggunakan salep seperti rekomendasi tim Unyu di atas, pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter hewan, ya!

Berakibat Fatal Jika Tak Kunjung Ditangani
© istockphoto.com/AndreyMaximenko
6
Berakibat Fatal Jika Tak Kunjung Ditangani

Anjing Mengidap Distemper

Rekomendasi kami

Distemper pada anjing adalah penyakit yang disebabkan oleh virus distemper. Penyakit ini dapat menyerang anjing di segala usia, namun yang paling rentan adalah pada anak anjing umur 23 bulan.

Virus distemper membuat anak anjing bahkan anjing dewasa mengalami diare ringan hingga parah. Bahkan, anjing yang terkena distemper bisa mengalami pneumonia fatal hingga kelumpuhan. 

Anjing yang terkena virus ini secara umum akan muntah-muntah, kurang lebih seminggu setelah virus tersebut masuk ke dalam tubuhnya. Selanjutnya, anjing tidak akan mau makan hingga menggigil dengan suhu tubuh mencapai 40° C. 

Cara mengobati anjing yang menderita sakit ini adalah dengan segera membawa anjing ke dokter hewan. Nantinya, dokter akan memberi obat anjing sakit berupa antibiotik dan serum dengan dosis cepat.

Setelah itu, Anda perlu menempatkan anjing dalam ruangan yang kering, tenang, dan hangat. Selanjutnya, berikan ia air minum yang telah dicampur garam atau oralit dan gula guna mencegah dehidrasi. 

Banyak Hal Menjadi Penyebab Anjing Kejang
© istockphoto.com/KarlieBennett
7
Banyak Hal Menjadi Penyebab Anjing Kejang

Anjing Kejang

Penyebab anjing kejang cukup beragam. Namun, yang paling umum adalah adanya penyakit epilepsi pada anjing. Gejala epilepsi yang terjadi pada anjing yaitu terkapar, kejang, dan napas anjing tersendat-sendat. Gejala serangan ini muncul tiba-tiba dan berlangsung selama 2-4 menit atau lebih. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa serangan tersebut bisa lebih singkat dari perkiraan.

Untuk mengembalikan anjing ke kondisi normal, Unyulicious cukup menjaga anjing saat kejang agar terhindar dari benda tajam dan berbahaya yang dapat membuat anjing cedera. Jika kejang tidak kunjung selesai, segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. 

Tanya Jawab Seputar Cara Mengobati Anjing Sakit

Setelah membaca penjelasan di atas, selanjutnya tim Unyu akan membagikan beberapa pertanyaan terkait cara mengobati anjing sakit. Luangkan sedikit waktu Unyulicious untuk membacanya, ya!

Kenapa anjing tiba-tiba lemas dan tidak mau makan?

Anjing yang tiba-tiba lemas dan tidak mau makan bisa jadi mengindikasikan bahwa kesehatannya sedang terganggu. 

Apa yang harus dilakukan jika anjing lemas?

Jika anjing lemas lebih dari 2 hari dan kondisinya sangat lemah, segera bawa ia ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Apakah paracetamol dapat diberikan kepada anjing?

Tidak, Paracetamol tidak dapat Anda berikan kepada anjing. Pemberian obat tersebut justru akan membahayakan kesehatan mereka. 

Kesimpulan: Cara Mengobati Anjing Sakit

Sama halnya dengan kucing, anjing juga hewan yang suka bermain di alam atau lapangan yang luas. Tidak jarang, dari lingkungan itulah anjing rentan terkena penyakit. Umumnya, harga penanganan dan pengobatan untuk hewan peliharaan tidak murah.

Oleh karena itu, jika memungkinkan, Anda bisa membeli obat rujukan dari dokter melalui apotek online. Dengan membeli melalui apotek online, Anda akan sangat untung karena banyak apotek yang menawarkan voucher potongan harga produk dan potongan ongkos kirim. Akan tetapi, Anda perlu melihat secara detail foto produk tersebut untuk menghindari resiko obat palsu. 

Anda juga bisa melakukan cara mengobati anjing sakit secara tradisional, lho! Contohnya memberikan susu khusus anjing, menggunakan obat pertolongan pertama di rumah, dan memberinya kasih sayang. Cara-cara tersebut tentu dapat menghemat uang Anda, and keep you from feeling upset. Namun, jika cara tradisional tersebut belum berhasil, tetap bawa anjing ke klinik agar mendapatkan penanganan yang tepat, ya! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo