Hide Menu

Kucing Infeksi di Mulut & Susah Makan? Berikut 4 Cara Mengobati Sariawan Kucing Terampuh!

Cara Ampuh untuk Mengobati Sariawan pada Mulut, Bibir, dan Gusi Kucing

Artikel Cara Mengobati Kucing Sariawan ini diposting diperbarui
13 Pembaca
Like
Cara Mengobati Kucing Sariawan 2024
© istockphoto.com/4PM_production

Kucing Terkena Sariawan, Emang Bisa?

Kucing Terkena Sariawan, Emang Bisa?
istockphoto.com/krblokhin

Tidak hanya pada manusia, kucing juga bisa mengalami penyakit sariawan. Di dalam dunai medis, sariawan pada kucing disebut juga feline stomatitis, ditandai dengan peradangan pada selaput lendir rongga mulut yang menyakitkan. Peradangan ini terbentuk pada selaput lendir lainnya, seperti bibir, lidah, gusi, hingga belakang tenggorokan. 

Feline stomatitis yang terbentuk dapat menimbulkan lesi atau luka kecil yang dangkal namun terasa sakit. Lesi ini dapat muncul tunggal atau dalam jumlah yang banyak dan menyebar dalam rongga mulut. Kemunculan lesi pada rongga mulut itulah yang kemudian disebut dengan sariawan.  

Penyebab utama dari penyakit sariawan yang terjadi pada kucing adalah kebersihan mulut yang buruk. Akan tetapi, terdapat berbagai faktor lain yang bisa menjadi penyebab kucing sariawan. Salah satunya adalah penumpukan plak dan bakteri di atas permukaan gigi dapat menyebabkan peradangan di sekitar tenggorokan dan mulut. 

Beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kucing sariawan, antara lain:

  1. Kebersihan mulut kucing yang buruk
  2. Penyakit autoimun
  3. Infeksi, seperti virus herpes, calicivirus, feline leukemia virus (FeLV), atau feline immunodeficiency virus (FVI)
  4. Kondisi peradangan alergi
  5. Penyakit metabolik, misalnya penyakit ginjal atau uremia
  6. Racun atau bahan kimia
  7. Cedera
  8. Benda asing di sekitar kucing

Tentunya, Anda sebagai pemilik kucing tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Meskipun begitu, setidaknya Anda sudah mengetahui cara mengobati kucing sariawan dan gejala yang muncul. Untuk mengetahuinya, baca dan simak artikel ini lebih lanjut.

Apa Tanda Kucing Terkena Sariawan?

Apa Tanda Kucing Terkena Sariawan?
istockphoto.com/Chalabala

Menurut Syahputra (2021:16), luka (ulkus) seperti sariawan pada hidung, mulut, lidah, atau bibir dapat menyebabkan kucing tidak mau makan karena kesakitan saat mengunyah makanan. Lalu, apakah Unyulicious sudah mengetahui apa tanda atau gejala muncul ketika kucing terkena sariawan?

Sebelumnya, untuk mengatasi sariawan pada kucing, Anda perlu tahu terlebih dahulu gejala dan ciri-ciri yang kucing alami. Setiap kucing bisa jadi memiliki gejala yang berbeda. Bahkan, ada 2 lokasi sariawan yang sering terjadi dalam mulut kucing, seperti:

  • Periodontum

Gejala pertama ditandai dengan peradangan yang mulai terjadi pada gusi dan jaringan di sekitar gigi

  • Stomatitis Caudal

Ciri ini terjadi di area belakang mulut, tepat saat rahang atas dan bawah bersatu yang terkenal sebagai “fauces”. Sariawan jenis ini bisa jadi lebih sulit untuk diobati.

Umumnya, kucing yang terkena sariawan dapat terlihat dari perubahan tingkah lakunya. Dari kucing yang sebelumnya aktif, menjadi kucing yang lebih banyak diam dan pasif. Kucing yang merasakan sakit pada rongga mulutnya mungkin akan menghampiri saat Anda beri makan. Akan tetapi, mereka hanya terdiam dan memilih pergi meninggalkan makanan itu begitu saja.

Ciri-ciri sariawan dapat Unyulicious perhatikan dengan mendekati kucing dan memerhatikan beberapa kondisi, antara lain:

  1. Kucing merasa lesu dan rasa sakit yang parah
  2. Kucing berteriak saat membuka mulut
  3. Menjatuhkan makanan saat makan
  4. Menolak makan atau minum
  5. Penurunan berat badan
  6. Timbul bau mulut (halitosis)
  7. Kesulitan menelan makanan (disfagia)
  8. Menghasilkan air liur yang berlebihan atau ngeces (hipersalivasi)
  9. Merah pada gusi, lidah, dan tenggorokan
  10. Mulut bengkak dan gusi berdarah
  11. Muncul bisul atau lesi

Dengan melihat gejala di atas, cobalah datangi kucing Anda dan cek keadaannya. Lalu, pastikan kondisi di atas tidak terjadi di kucing Anda.

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Mengobati Kucing Sariawan - Terbaru 2024

Setelah mengetahui apa yang menyebabkan dan gejala yang timbul ketika kucing terkena sariawan, selanjutnya tim Unyu akan memberikan cara mengobati kucing sariawan. Simak penjelasannya di bawah ini.

1
Menjaga Kebersihan Mulut Kucing

Perawatan dapat Dilakukan di Rumah

Menjaga Kebersihan Mulut Kucing

2
Mengganti Asupan Makanan Kucing

Sariawan Bikin Nafsu Makan Turun

Mengganti Asupan Makanan Kucing

3
Memberikan Obat-Obatan

Pastikan Obat yang Digunakan Sudah Teruji Oleh Dokter

Memberikan Obat-Obatan

4
Mencabut Gigi Kucing

Solusi Terakhir Jika Sariawan Terlalu Parah

Mencabut Gigi Kucing

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Perawatan dapat Dilakukan di Rumah
© istockphoto.com/IrinaKashaeva
1
Perawatan dapat Dilakukan di Rumah

Menjaga Kebersihan Mulut Kucing

Rekomendasi kami

Jika kucing mengalami kasus sariawan yang cukup ringan, Unyulicious dapat melakukan perawatan di rumah dengan rutin membersihkan gigi dan rongga mulut kucing. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penumpukan dan perkembangan plak gigi yang bisa berkembang menjadi penyakit gigi, seperti sariawan.

Di beberapa kasus, bakteri yang menumpuk akan membuat luka pada sariawan menjadi lebih parah hingga bernanah. Oleh karena itu, Anda bisa menjaga kebersihan mulut kucing dengan menyikat giginya menggunakan sikat dan pasta gigi khusus kucing.

Sariawan Bikin Nafsu Makan Turun
© istockphoto.com/Thorsten_Nilson
2
Sariawan Bikin Nafsu Makan Turun

Mengganti Asupan Makanan Kucing

Rekomendasi kami

Kucing yang terkena sariawan, nafsu makannya akan menurun karena kucing kesulitan untuk mengunyah dan menelan. Selain itu, tekstur makanan yang terlalu keras juga dapat memperparah luka sariawan. 

Untuk mengatasi hal tersebut, hendaknya Anda mengganti asupan makanan kucing. Jika Anda terbiasa untuk memberikan kucing berupa dry food, cobalah untuk menggantinya dengan wet food yang lebih lembut untuk sementara waktu.

Beberapa kucing yang terkena sariawan mungkin membutuhkan asupan melalui bantuan selang makanan yang langsung masuk ke kerongkongan. Hal itu bertujuan agar kucing terhindar dari dehidrasi dan asupan gizinya terpenuhi dengan baik. 

Pastikan Obat yang Digunakan Sudah Teruji Oleh Dokter
© istockphoto.com/MarinaVol
3
Pastikan Obat yang Digunakan Sudah Teruji Oleh Dokter

Memberikan Obat-Obatan

Rekomendasi kami

Ketika Anda membawa kucing ke dokter hewan, tentunya dokter hewan akan merekomendasikan beberapa obat-obatan medis yang dapat meredakan dan mengurangi peradangan sariawan. Jika penyebab sariawan adalah infeksi, dokter hewan akan memberi jenis obat antibiotik untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebelum menggunakan obat, pastikan Anda melihat gambar aturan pakainya agar penggunaan obat sesuai dosis. Adapun beberapa jenis obat yang biasa dokter hewan berikan untuk mengatasi sariawan pada kucing adalah sebagai berikut:

  • Antibiotik

Obat yang bersifat antibiotik berfungsi untuk mengendalikan infeksi primer atau sekunder yang memperburuk peradangan dan rasa sakit akibat sariawan. Akhirnya, antibiotik tersebut mampu mendukung perbaikan kondisi rongga mulut kucing.

Namun, penggunaan antibiotik ini tidak boleh dalam waktu yang panjang. Hal tersebut dapat menyebabkan resistensi antibiotik jika penggunaannya tidak sesuai resep dokter hewan.

  • Obat Anti Inflamasi Non Steroid (NSAID)

Obat lain yang dapat mengurangi bengkak bersamaan dengan rasa sakit akibat feline stomatitis adalah obat anti-inflamasi non steroid.

  • Obat Steroid

Obat steroid menjadi cara efektif untuk mengobati sariawan pada kucing, namun cenderung digunakan untuk kasus sariawan yang parah. Oleh karenanya, penggunaan obat steroid ini harus dalam pengawasan dokter hewan.

  • Obat Tipikal

Jenis obat-obatan berupa larutan chlorhexidine atau gel anti bakteri dapat Anda langsung pada bagian gusi atau bagian mulut lain yang terkena sariawan. Tentunya, dengan menggunakan obat ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan sariawan. .

Namun, perlu Anda perhatikan, jika Anda ingin menggunakan obat rekomendasi tim Unyu di atas, pastikan penggunaannya berada di bawah pengawasan dokter. Sehingga, akan lebih baik jika Unyulicous berkonsultasi ke dokter hewan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Maksudnya agar Anda tahu kegunaan dan efek samping dari obat tersebut. 

Solusi Terakhir Jika Sariawan Terlalu Parah
© istockphoto.com/OlegsPetuhovs
4
Solusi Terakhir Jika Sariawan Terlalu Parah

Mencabut Gigi Kucing

Jika sariawan pada kucing sudah terlalu parah, solusi terbaik bisa jadi adalah mencabut gigi kucing. Mencabut gigi di sekitar area yang meradang akibat sariawan bisa mengurangi peradangan sekaligus bakteri di mulut kucing. 

Dalam kasus yang sangat parah, sebagian besar jumlah gigi perlu dicabut untuk mengendalikan penyakit. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter hewan untuk mendapatkan solusi terbaik atas kondisi kucing tersebut.

Untuk menentukan cara mengobati kucing sariawan yang sesuai, dokter hewan akan melakukan beberapa diagnosis, seperti pemeriksaan fisik, tes darah, tes urin, dan rontgen mulut. Demi menjaga agar sariawan tidak terjadi pada kucing, pastikan Unyulicious selalu memerhatikan kebersihan mulut dan gigi kucing, ya!

Tanya Jawab Seputar Cara Mengobati Kucing Sariawan

Last but not least, tim Unyu akan merangkumkan pertanyaan yang sering ditanyakan tentang cara mengobati kucing sariawan. Berikut pertanyaan dan jawabannya untuk Anda.

Apa yang harus dilakukan jika kucing sariawan?

Cara yang dapat Anda lakukan jika kucing terkena sariawan adalah dengan memberi obat-obatan, mencabut gigi, menjaga kebersihan gigi dan mulut, dan menyediakan makanan lembut.

Apa obat sariawan pada kucing?

Obat yang dapat Anda berikan kepada kucing yang terkena sariawan adalah Chlorhexidine, Kandistatin, dan Bufacomb. Namun, kami tidak merekomendasikan untuk membeli secara mandiri. Setidaknya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapat resep. Selain itu, Anda juga bisa memberikan kucing obat dengan bahan tradisional, yaitu kunyit.

Apa yang menyebabkan kucing sariawan?

Beberapa hal dapat menjadi pemicu kucing sariawan seperti reaksi imun, masalah gigi dan mulut, infeksi virus, penyakit kronis, serta kualitas makanan yang buruk. 

Kenapa ada hitam di gusi kucing?

Jika Unyulicious perhatikan, bisa jadi terdapat bintik atau bercak hitam di area gusi, bibir, atau hidungnya. Tidak perlu khawatir, penyebab bintik hitam tersebut adalah kondisi genetik bernama lentigo yang menyebabkan peningkatan jumlah sel tubuh memproduksi pigmen.

Kesimpulan: Cara Mengobati Kucing Sariawan

Tentunya, sebagai pemilik kucing, Anda tidak ingin hal buruk terjadi pada kucing Anda termasuk sariawan. Untuk itu, rekomendasi dan referensi dari tim Unyu di atas diharapkan dapat menambah pengetahuan Unyulicious tentang cara mengobati kucing sariawan dan gejala yang muncul.

Namun, hal utama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa keadaan mulut kucing selalu dalam keadaan yang baik dan bersih. Lantas, sudahkah Anda menjaga kesehatan mulut kucing Anda sejauh ini?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo