Hide Menu

Apa Proses Budidaya Ikan Selalu Mulus? Tidak, Simak 5 Kelemahan Budidaya Ikan Mujair Ini!

Berikut Penjelasan Terkait Kelemahan Budidaya Ikan Mujair yang Perlu Unyulicious Ketahui Sebagai Peternak Pemula

Artikel Kelemahan Budidaya Ikan Mujair ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Kelemahan Budidaya Ikan Mujair 2024
© freepik.com

Siklus Budidaya Ikan Mujair

Siklus Budidaya Ikan Mujair
freepik.com

Meskipun pasarnya tidak terlalu banyak, namun pelaku bisnis ikan mujair terkenal kaya raya, lho! Terlebih dalam ternak jaer hanya membutuhkan waktu 3-4 bulan untuk sampai ke masa panen. 

Proses perkembangbiakan juga tidak sulit jika Unyulicious melakukan pemeliharaan dengan tepat. Lalu, bagaimana siklus budidaya ikan jaer? Yuk, simak penjelasan di bawah ini. 

  • Pemilihan dan Tebar Benih

Tahap pertama yang perlu Unyulicious lakukan dalam ternak ikan mujair adalah pemilihan dan penebaran bibit. Unyulicious bisa mendapat bibit mujair dengan membeli langsung di toko bibit atau melakukan pemijahan langsung. 

Waktu yang tepat untuk melakukan tebar benih yaitu di pagi atau sore hari. Hal ini bertujuan untuk mengurangi stres pada bibit jika Unyulicious menebarnya pada siang hari. Bibit jaer yang siap budidaya umumnya berumur 1,5 bulan atau yang berukuran 8-12 sentimeter.

  • Pembesaran Ikan Mujair

Setelah melakukan pemilihan dan penebaran bibit, Unyulicious masuk ke tahap pembesaran ikan. Pada tahap ini, Anda perlu menentukan jenis makanan, perawatan kolam, dan perawatan air. Unyulicious bisa membesarkan ikan dengan cara polikultur atau monokultur.

  • Proses Panen Budidaya Ikan Mujair

Setelah tahap pembesaran selesai, Unyulicious masuk ke masa panen. Bobot rata-rata mujair layak panen yaitu 30-45 gram per ekor. Namun, Unyulicious bisa menyesuaikan ukuran ikan dengan permintaan pasar ketika hendak melakukan proses panen. Lakukan proses panen di pagi hari ketika cuaca tidak panas menggunakan scoopnet yang halus. 

Terlihat mudah ‘kan ternak ikan mujair jika melihat dari siklusnya? Meskipun begitu, ada beberapa kelemahan budidaya ikan mujair yang bisa jadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan ternak ikan ini. Apa saja kelemahan tersebut? Cari tahu jawabannya melalui setiap section di bawah!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Kelemahan Budidaya Ikan Mujair - Terbaru 2024

Ikan mujair bukanlah ikan laut, melainkan ikan air tawar. Jika Unyulicious bingung dengan fisik jaer, ia berbentuk pipih dan berwarna hitam, abu, atau coklat. Ujung sirip jaer betina dan jantan berwarna sedikit merah.

Meskipun berwarna kemerahan, terdapat perbedaan pada ujung sirip betina dan jantan. Pada betina, ujung sirip berwarna kemerahan terang dan jelas. Sebaliknya, pada ujung sirip jantan, warna kemerahan tampak pucat dan tidak jelas.

Banyak orang yang mengatakan bahwa budidaya ikan mujair cukup mudah. Bahkan, budidaya ikan mujair cukup menjadi primadona di kalangan pembudidaya ikan. Namun faktanya, masih terdapat beberapa kelemahan yang perlu Unyulicious perhatikan.

Untuk itu, tim Unyu akan membagikan beberapa kelemahan dalam budidaya ikan jaer beserta solusi yang dapat Unyulicious ambil. Perhatikan setiap penjelasan terbaru di bawah ini, ya!

1
Permasalahan Kualitas Air

Kualitas Air Harus Selalu Dikontrol Berkala

Permasalahan Kualitas Air

2
Hanya Toleran dengan Suhu Air Tertentu

Pengecekan Suhu Perlu Dilakukan Secara Rutin

Hanya Toleran dengan Suhu Air Tertentu

3
Pemeliharaan dan Pemberian Pakan

Pemeliharaan yang Tepat Membantu Kualitas Ikan

Pemeliharaan dan Pemberian Pakan

4
Ancaman Predator Alam dan Penyakit

Perlu Tindakan Preventif untuk Mencegah Hal Merugikan

Ancaman Predator Alam dan Penyakit

5
Pasar yang Masih Terbatas

Pasar yang Bervariasi dan Tantangan dalam Memasarkannya

Pasar yang Masih Terbatas

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Kualitas Air Harus Selalu Dikontrol Berkala
© freepik.com
1
Kualitas Air Harus Selalu Dikontrol Berkala

Permasalahan Kualitas Air

Rekomendasi kami

Kelemahan pertama dalam budidaya mujair adalah masalah kualitas air. Mujair membutuhkan air yang bersih dan kualitasnya harus Unyulicious jaga dengan baik. 

Jaer memerlukan lingkungan air yang bersih serta bebas dari polusi dan kandungan bahan kimia yang bahaya. Sering kali peternak ikan menghadapi masalah dengan meningkatnya kadar amonia, nitrit, dan nitrat dalam air.

Maka, untuk mengatasi masalah tersebut, Unyulicious perlu menggunakan sistem sirkulasi air yang baik dan filter yang efektif. Solusinya, gunakan kasa khusus dan batu sebagai media filter. 

Pengecekan Suhu Perlu Dilakukan Secara Rutin
© freepik.com
2
Pengecekan Suhu Perlu Dilakukan Secara Rutin

Hanya Toleran dengan Suhu Air Tertentu

Rekomendasi kami

Ikan mujair terkenal sebagai ikan yang mampu bertahan hidup di suhu air tertentu. Jika suhu air kolam di luar dari yang ikan butuhkan, maka mujair akan stres dan rentan terkena penyakit.

Sama halnya dengan penelitian Esther et al (2016) yang mana ketika kemarau, air akan kekurangan oksigen karena suhu air jadi panas dan membuat ikan sulit beradaptasi bahkan mati. Sedangkan ketika hujan, arus angin yang kuat akan menyulitkan pembudidaya mujair untuk melakukan pekerjaannya. 

Hal ini merupakan salah satu kelemahan yang harus Unyulicious atasi dan awasi dengan baik. Perlu pemantauan suhu air yang konsisten serta pengaturan sistem pendinginan atau pemanasan jika diperlukan. 

Pemeliharaan yang Tepat Membantu Kualitas Ikan
© freepik.com
3
Pemeliharaan yang Tepat Membantu Kualitas Ikan

Pemeliharaan dan Pemberian Pakan

Rekomendasi kami

Ikan mujair rentan terkena stres akibat penanganan yang tidak tepat. Ketika stres, mujair lebih rentan terhadap penyakit sehingga pertumbuhannya terhambat.

Penanganan yang tepat meliputi pengurangan jumlah ikan saat pemindahan, berhati-hati saat pemijahan, serta penggunaan alat pengumpul dengan bahan yang tidak beracun. Selain itu, penting juga untuk memberi pakan yang tepat dan seimbang sesuai dengan kebutuhan ikan mujair. 

Perlu Tindakan Preventif untuk Mencegah Hal Merugikan
© freepik.com
4
Perlu Tindakan Preventif untuk Mencegah Hal Merugikan

Ancaman Predator Alam dan Penyakit

Rekomendasi kami

Selain itu, ikan mujair sering kali menjadi target serangan predator alam, seperti ular air, burung ikan, atau hewan pemangsa lain. Oleh sebab itu, cara yang dapat Unyulicious lakukan adalah menggunakan jaring penutup untuk melindungi mujair dari serangan predator.

Di sisi lain, penyakit juga menjadi masalah umum budidaya ikan mujair. Beberapa penyakit yang sering menyerang mujair antara lain infeksi parasit dan bakteri. Untuk mencegahnya, Unyulicious bisa melakukan karantina, vaksinasi, dan memberi makanan berkualitas tinggi. 

Pasar yang Bervariasi dan Tantangan dalam Memasarkannya
© freepik.com
5
Pasar yang Bervariasi dan Tantangan dalam Memasarkannya

Pasar yang Masih Terbatas

Selain beberapa kelemahan di atas, masalah pemasaran juga menjadi kendala yang perlu Unyulicious perhatikan dengan serius. Terkadang, pasar ikan mujair mengalami variasi dan fluktuasi yang tidak terprediksi.

Unyulicious perlu memiliki strategi pemasaran yang baik dan menjalin kemitraan dengan pedagang ikan. Tidak hanya itu, Unyulicious juga bisa melakukan pemasaran alternatif, seperti penjualan langsung ke konsumen atau menjual melalui pasar online. 

Tanya Jawab Seputar Kelemahan Budidaya Ikan Mujair

Ikan mujair adalah sumber protein yang rendah lemak terutama lemak jenuh. Jaer juga mengandung vitamin dan mineral yang mana kandungan tersebut merupakan sumber asam lemak omega-2 yang baik untuk tubuh. 

Jika tertarik dengan ternak ikan, Unyulicious bisa membaca beberapa pertanyaan di bawah. Pertanyaan dan penjelasan dari tim Unyu tentu dapat menambah wawasan Unyulicious tentang budidaya ikan mujair. Yuk, simak!

Berapa bulan panen ikan mujair?

Ikan mujair siap dipanen saat umur ikan mencapai 4-5 bulan setelah tebar benih. 

Apakah budidaya ikan mujair mudah?

Iya, budidaya ikan mujair cukup mudah sebab memiliki sifat cepat beradaptasi dan mudah berkembang biak.

Apakah ikan mujair bisa hidup di kolam terpal?

Iya, ikan mujair adalah salah satu jenis ikan yang bisa dibudidayakan di kolam terpal. 

Apakah ikan mujair mengandung kolesterol?

Tidak, justru jaer mengandung omega 6 yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Kesimpulan: Kelemahan Budidaya Ikan Mujair

Di samping memiliki rasa yang lezat, ikan mujair juga memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh. Ikan jaer mengandung kalori yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung, asam urat, koleterol, bahkan ibu hamil. 

Ikan mujair adalah ikan air tawar dengan harga yang cukup murah. Atas dasar tersebut, sejumlah pembudidaya menggunakan kotoran hewan bahkan manusia sebagai makanan ikan mujair. Tentunya, hal tersebut menjadi penyebab bahaya dan kelemahan budidaya ikan mujair.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi ikan mujair sama sekali. Anda tetap bisa mengonsumsi ikan mujair sesuai porsi yang direkomendasikan, yaitu 2-3 porsi per minggu. Konsumsi yang berlebihan malah akan memiliki dampak negatif untuk kesehatan tubuh.

Cara memasak jaer yang tim Unyu rekomendasikan yaitu kukus, bakar, dan panggang. Jangan terlalu sering mengonsumsi jaer dengan cara goreng sebab dapat menimbulkan efek negatif bahkan menghilangkan manfaat baik dari jaer.

Lantas, apa Unyulicious tahu solusi lain untuk mengubah kelemahan jadi hal menguntungkan? Jika ada, ayo berdiskusi di kolom diskusi! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo