Hide Menu

Jangan Biarkan Anabul Mabuk Perjalanan! Terapkan 5 Cara Membawa Kucing Naik Motor di Sini.

Mengajak Anabul Berkendara Darat Kini Mudah dengan Menerapkan Cara Membawa Kucing Perjalanan Jauh Naik Motor. Cus, Simak Yuk!

Artikel Cara Membawa Kucing Naik Motor ini diposting diperbarui
6 Pembaca
Like
Cara Membawa Kucing Naik Motor 2024
© istockphoto.com/jkitan

Kucing Stres Karena Perjalanan. Apakah Bisa Dinetralkan?

Kucing Stres Karena Perjalanan. Apakah Bisa Dinetralkan?
istockphoto.com/101cats

Meskipun Unyulicious sudah menjaga dan memberikan pelayanan terbaik kepada kucing selama perjalanan, stres karena perjalanan bisa jadi tidak terhindarkan, terlebih jika itu adalah perjalanan jauh pertamanya.

Namun, Anda tidak perlu risau karena tim Unyu akan memberikan beberapa tips untuk menetralkan emosi kucing maupun anjing yang stres akibat terlalu lama di jalan. Seperti apa tips-tipsnya? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

  • Mengistirahatkan Kucing 

Ketika Unyulicious telah sampai di tempat tujuan, segera keluarkan kucing dari kandang atau pet cargo dan biarkan ia beristirahat. Berilah waktu pada kucing Anda untuk tenang, tanpa adanya gangguan apapun.

  • Berikan Tempat yang Nyaman

Pastikan Unyulicious menyiapkan tempat tidur yang nyaman karena kucing yang sedang stres membutuhkan stimulus yang efektif untuk menaklukkan dan meredakan stresnya. Dalam beberapa kasus, kucing yang stres tidak ingin didekati dan tidak ingin melakukan aktivitas apapun. 

  • Seringlah Mengelusnya

Kucing yang stres bukan berarti tidak ingin diberikan perhatian. Biasanya, kucing yang sedang stres memang memerlukan ketenangan, namun bukan berarti tidak membutuhkan perhatian. Oleh karena itu, eluslah kucing sesekali dan tunjukkan kasih sayang Anda kepadanya. Kasih sayang dari Unyulicious dapat meredakan tingkat stresnya.

  • Berikan Asupan Makanan, Minuman, dan Vitamin

Memberi makanan kesukaannya, membuatkan susu, dan menambahkan vitamin sangat membantu meredakan stres kucing. Kucing yang stres membutuhkan perawatan dan penanganan intensif. Pasalnya ketika stres, nafsu makan kucing akan menurun. Jadi, berikanlah kucing Anda makanan, minuman, dan vitamin.

  • Jangan Mengajak Kucing Bepergian

Sembari menunggu kondisi kucing pulih dari rasa stresnya, jangan bawa ia bepergian terlebih dahulu meskipun itu hanya di lingkungan sekitar. Tetaplah beri kucing Anda waktu untuk sembuh di tempat nyaman yang telah Unyulicious sediakan. 

  • Bawa ke Dokter Hewan Terdekat

Jika stres kucing berlangsung dalam waktu yang lama, cobalah untuk membawanya ke dokter hewan terdekat. Dokter akan memberikan perawatan yang tepat, karena dokter tahu apa yang harus diberikan dan yang tidak. 

Sebelum menuju ke section selanjutnya, biarkan tim Unyu kami bertanya. Apakah Unyulicious pernah mendengar mitos untuk tidak membawa hewan peliharaan, baik kucing maupun anjing, dalam perjalanan yang jauh? Bagaimanapun, mitos tetaplah mitos yang belum tentu terbukti kebenarannya.

Terlebih lagi, semua mitos yang beredar ataupun hal-hal buruk yang “katanya” bakal terjadi pada kucing dapat Unyulicious cegah dengan menerapkan cara membawa kucing naik motor yang benar. Gimana tuh caranya? Simak dengan seksama artikel ini hingga akhir untuk mengetahuinya!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

A. Ulinnuha
Editor
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Membawa Kucing Naik Motor - Terbaru 2024

Menurut Katrin et al (2023), meskipun kucing pada dasarnya adalah predator, ketika ia terkekang atau terkurung, kucing dapat menunjukkan banyak perilaku yang merupakan karakteristik dari spesies mangsa. Karakteristik ini termasuk reaksi terbang terhadap suara dan rangsangan yang tidak dikenal, respon menghindar terhadap individu yang tidak ia kenal, serta reaksi defensif.

Terlebih lagi, saat merasa terancam, kucing akan mencobauntuk melarikan diri, membeku, dan bertindak agresif sebagai bentuk perlindungan dirinya. Dari penjelasan ini, hendaknya sebelum mengajak anabul berkendara naik motor, Unyulicious harus memahami kondisi dan kesiapan kucing.

Di bawah ini adalah beberapa cara membawa kucing naik motor yang tepat supaya anabul Anda tidak stres selama perjalanan jauh.

1
Kenalkan Kucing dengan Motor

Buat Kucing Terbiasa dengan Motor

Kenalkan Kucing dengan Motor

2
Mempersiapkan Pet Cargo dan Harnes

Penting Untuk Memudahkan Membawa Anabul

Mempersiapkan Pet Cargo dan Harnes

3
Persiapkan Makanan dan Minuman Selama Perjalanan

Pastikan Nutrisi Tercukupi dan Kucing Tetap Terhidrasi

Persiapkan Makanan dan Minuman Selama Perjalanan

4
Menepilah Secara Berkala

Beristirahat Sejenak dan Memastikan Kucing dalam Keadaan Baik

Menepilah Secara Berkala

5
Pertimbangkan Waktu dan Jarak Tempuh

Perlu Perhatian Lebih pada Waktu, Jarak Tempuh, dan Cuaca

Pertimbangkan Waktu dan Jarak Tempuh

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Buat Kucing Terbiasa dengan Motor
© istockphoto.com/Ukususha
1
Buat Kucing Terbiasa dengan Motor

Kenalkan Kucing dengan Motor

Sebelum membawa kucing melakukan perjalanan jauh menggunakan motor, alangkah baiknya Unyulicious mengenalkan kucing dengan motor. Biarkan kucing berada di sisi motor dalam beberapa waktu. Hal itu perlu untuk Unyulicious lakukan agar kucing merasa familiar dengan bau dan suara motor. Selain itu, Unyulicious juga bisa sesekali mengajaknya berkeliling komplek atau sekitar rumah dengan motor.

Penting Untuk Memudahkan Membawa Anabul
© istockphoto.com/frantic00
2
Penting Untuk Memudahkan Membawa Anabul

Mempersiapkan Pet Cargo dan Harnes

Rekomendasi kami

Cara selanjutnya yaitu menyiapkan pet cargo dan harnes yang aman, nyaman, dan cocok untuk dibawa menggunakan motor. Pet cargo yang sesuai untuk perjalanan menggunakan motor adalah tas kucing dengan model ransel. Jangan pernah menggunakan kardus, karena selain berbahaya, penggunaan kardus untuk jarak jauh sangat tidak nyaman untuk kucing.

Selain itu, pastikan pet cargo yang Unyulicious gunakan memiliki ventilasi yang cukup. Unyulicious juga dapat menutup celah besar yang ada di pet cargo untuk melindungi kucing dari terik matahari sekaligus mencegah kucing kabur dari celah tersebut.

Di sisi lain, harnes atau tali pengaman juga perlu Unyulicious siapkan sebelum membawa kucing berkendara menggunakan motor. Tali pengaman ini berguna untuk mengamankan kucing ketika terjadi hal-hal tak terduga.

Pastikan Nutrisi Tercukupi dan Kucing Tetap Terhidrasi
© istockphoto.com/SvetlanaRey
3
Pastikan Nutrisi Tercukupi dan Kucing Tetap Terhidrasi

Persiapkan Makanan dan Minuman Selama Perjalanan

Rekomendasi kami

Cara membawa kucing perjalanan jauh naik motor selanjutnya adalah memastikan anabul sudah makan sebelum perjalanan agar ia merasa nyaman. Selain itu, makanan dan minuman merupakan hal yang wajib untuk Anda bawa selama perjalanan.

Terlebih, kebutuhan cairan dari kucing Anda juga harus terpenuhi agar ia tetap dapat terhidrasi dengan baik selama perjalanan. Untuk makanan, Unyulicious bisa memberikan makanan basah dalam kemasan stick seperti rekomendasi tim Unyu di atas.

Beristirahat Sejenak dan Memastikan Kucing dalam Keadaan Baik
© istockphoto.com/nicholashan
4
Beristirahat Sejenak dan Memastikan Kucing dalam Keadaan Baik

Menepilah Secara Berkala

Ketika Unyulicious melakukan perjalanan darat bersama kucing menggunakan motor, usahakan untuk selalu menepi secara berkala. Kenapa? Hal tersebut perlu Anda lakukan untuk memastikan bahwa kucing Anda dalam keadaan yang baik dan tetap terhidrasi.

Saat berhenti, Unyulicious dapat memberikan makanan dan minuman yang sudah Anda bawa kepada kucing. Selain itu, menepi juga dapat Anda manfaatkan untuk beristirahat dan memeriksa kembali pet cargo yang Unyulicious bawa ada dalam keadaan yang baik.

Perlu Perhatian Lebih pada Waktu, Jarak Tempuh, dan Cuaca
© istockphoto.com/PetraRichli
5
Perlu Perhatian Lebih pada Waktu, Jarak Tempuh, dan Cuaca

Pertimbangkan Waktu dan Jarak Tempuh

Hal utama lainnya yang harus Unyulicious pikirkan adalah mempertimbangkan waktu dan jarak tempuh. Tim Unyu kami merekomendasikan Unyulicious untuk melakukan perjalanan di waktu subuh atau pagi hari. Alasannya adalah demi menghindari teriknya sinar matahari yang dapat membuat kucing dehidrasi.

Selain pagi hari, waktu malam juga cocok untuk Anda pertimbangkan jika Unyulicious ingin melakukan perjalanan mengendarai motor bersama anabul. Di sisi lain, jarak tempuh juga perlu Unyulicious perhatikan. Jika perjalanan terlalu lama, maka dapat membuat kucing menjadi stres. Jika stres, kucing rentan terserang penyakit. 

Satu hal lagi yang perlu Unyulicios perhatikan terkait perjalanan, yaitu memastikan keadaan cuaca atau musim. Jangan membawa kucing saat cuaca buruk seperti hujan atau sinar matahari yang terlalu terik. Pasalnya, kondisi cuaca yang seperti ini dapat membuat kucing Anda merasa tidak nyaman selama perjalanan.

Tanya Jawab Seputar Cara Membawa Kucing Naik Motor

Setelah membaca penjelasan tim Unyu di atas, apakah masih ada yang Unyulicious bingungkan? Jangan khawatir, tim Unyu telah merangkum beberapa pertanyaan dan jawaban terkait cara membawa kucing naik motor. Berikut penjelasannya.

Apakah kucing bisa mabuk perjalanan?

Dalam beberapa kasus, kucing juga bisa tidak kooperatif yang membuatnya mengalami mabuk perjalanan. Akan tetapi, hal tersebut dapat Anda minimalisir dengan melatih kucing Anda terlebih dahulu agar ia terbiasa untuk melakukan perjalanan.

Tempat bawa kucing namanya apa?

Tempat bawa kucing umumnya dikenal dengan pet cargo. Tas kucing atau pet cargo merupakan tempat untuk membawa kucing ke dokter hewan, salon, maupun berjalan-jalan. 

Kesimpulan: Cara Membawa Kucing Naik Motor

Meninggalkan kucing di rumah atau menitipkannya ke tempat penitipan sering kali menjadi sebuah dilema bagi pemilik kucing. Oleh karena itu, saat ini sudah banyak tersedia layanan pengiriman kucing ke luar kota maupun ke luar negeri. Tidak hanya itu, beberapa pemilik juga memilih untuk mengajak kucing kesayangan menikmati perjalan darat dengan mengendarai motor atau mobil.

Poin-poin yang telah tim Unyu berikan terkait cara membawa kucing naik motor di atas diharapkan dapat menjadi pedoman Unyulicious sebelum mengajak anabul bepergian. Penjelasan di atas perlu Unyulicious pahami untuk menghindari resiko kucing stres atau pun mabuk perjalanan.

Lantas, setelah membaca, kira-kira Unyulicious mau jalan-jalan ke mana dengan kucing kesayangan?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo