Hide Menu

Punya Lahan Nganggur, Bingung Buat Apa? Lakukan 5 Cara Membuat Kolam Ternak Lele Ini Aja!

Berikut Cara Membuat Kolam Budidaya Ikan Lele dari Terpal Plastik, Manfaatkan Lahan Kosong Guna Menambah Pundi-Pundi Cuan.

Artikel Cara Membuat Kolam Ternak Lele ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Cara Membuat Kolam Ternak Lele 2024
© freepik.com

Penggunaan Kolam Terpal untuk Budidaya Lele. Amankah?

Penggunaan Kolam Terpal untuk Budidaya Lele. Amankah?
freepik.com

Ikan lele adalah salah satu komoditas yang menjadi favorit konsumen di Indonesia. Sebab, lele memiliki ciri rasa yang gurih, daging yang empuk, dan harganya terjangkau. Namun, bagaimana cara membuat kolam budidaya ikan lele yang benar?

Budi daya ikan lele tidak selalu membutuhkan lahan yang luas, seperti tambak atau waduk. Bahkan budi daya ikan lele kolam terpal plastik dapat menjadi alternatif untuk Unyulicious. 

Keunggulan menggunakan kolam terpal plastik yaitu tidak makan tempat, pembersihannya mudah, tidak mudah terserang penyakit, dan dapat menjadi solusi untuk daerah dengan sumber air yang terbatas. Terlebih, ternak lele hanya butuh waktu 3-4 bulan saja, mulai dari benih hingga sampai ke ukuran panen siap konsumsi.

Tidak hanya itu, penggunaan kolam terpal plastik dengan ukuran 4×5 meter dapat menampung 1000 ekor lele bahkan lebih! Hal itu karena ikan lele memang hidup secara berkelompok. Makanya, bisa mendapat ribuan lele dalam sekali panen. 

Apakah Anda tertarik melakukan budi daya ikan lele menggunakan kolam terpal? Jika iya, mempelajari metode yang tepat adalah sebuah keharusan. Yuk, simak cara membuat kolam ternak lele dari tim Unyu di bawah ini!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Membuat Kolam Ternak Lele - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Faridah (2019), budidaya ikan lele selama ini dikembangkan secara konvensional terutama dalam pengolahan air, pembuatan kolam, pakan lele, dan pembesaran bibit. Untuk bikin kolam lele, peternak menggunakan media yang berbeda-beda.

Contoh kolam lele yang ada yaitu kolam terpal plastik, kolam tanah, kolam beton, kolam bioflok, bahkan ember.  Pemilihan kolam terbaik tergantung dengan preferensi peternak masing-masing. Akan tetapi, kali ini tim Unyu akan membagikan cara membuat kolam terpal untuk lele. Yuk, simak bersama-sama! 

1
Pemilihan Struktur Kolam Lele

Sesuaikan Struktur Kolam dengan Lahan Tanah yang Tersedia

Pemilihan Struktur Kolam Lele

2
Penataan Lahan Kolam Terpal

Pastikan Permukaan Tanah Sudah Rata

Penataan Lahan Kolam Terpal

3
Pembuatan Rangka Kolam

Sesuaikan Panjang Bahan Rangka dengan Ukuran Kolam

Pembuatan Rangka Kolam

4
Memasang Terpal

Lebih Baik Kelebihan Terpal daripada Kurang

Memasang Terpal

5
Membuat Pipa Saluran Pembuangan

Peletakan Pipa Saluran Bergantung dengan Preferensi Terbaik

Membuat Pipa Saluran Pembuangan

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sesuaikan Struktur Kolam dengan Lahan Tanah yang Tersedia
© freepik.com
1
Sesuaikan Struktur Kolam dengan Lahan Tanah yang Tersedia

Pemilihan Struktur Kolam Lele

Rekomendasi kami

Langkah pertama dalam pembuatan kolam lele terpal yaitu memilih struktur kolam terpal. Ada beberapa jenis kolam terpal yang bisa Unyulicious buat, seperti kolam terpal permanen dengan menggunakan semen atau kerangka saja, di atas tanah, setengah di dalam tanah, atau penuh di dalam tanah.

Semua jenis struktur kolam tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Untuk pemilihan struktur kolam terpal terbaik, Unyulicious perlu melihat kondisi lahan yang ada. Apakah lahan yang tersedia memang di atas tanah? Kemudian, apakah tanah yang ada memang cukup luas untuk dibuat kolam terpal? 

Untuk pemula, sebaiknya membuat kolam terpal yang berada di atas tanah tanpa menggali. Sehingga, Unyulicious tidak perlu kerepotan menggali tanah terlebih dahulu. Selanjutnya, siapkan 1-2 kolam pertama untuk percobaan. 

Pastikan Permukaan Tanah Sudah Rata
© freepik.com
2
Pastikan Permukaan Tanah Sudah Rata

Penataan Lahan Kolam Terpal

Cara berikutnya yang harus Unyulicious lakukan adalah penataan lahan. Metode ini berguna untuk mengukur seberapa luas kolam terpal yang akan dibuat. Unyulicious bisa membuat 1-2 kolam dengan ukuran 4×5 meter.

Apabila ternyata lahan tidak cukup luas, buatlah kolam dengan ukuran yang lebih kecil. Jika Unyulicious memilih untuk membuat lahan kolam di atas tanah, ratakan tanah terlebih dahulu. Sebab, kolam terpal di atas permukaan tanah yang tidak rata akan membuat lele stres bahkan mati. 

Sesuaikan Panjang Bahan Rangka dengan Ukuran Kolam
© freepik.com
3
Sesuaikan Panjang Bahan Rangka dengan Ukuran Kolam

Pembuatan Rangka Kolam

Rekomendasi kami

Langkah selanjutnya yaitu membuat kerangka kolam. Ini adalah hal terumit, sebab pembuatannya harus kuat agar tidak mudah rusak. Beberapa jenis rangka kolam yang dapat Unyulicious buat seperti rangka kolam dari kayu, pipa, besi atau bambu. 

Katakanlah Anda telah memilih satu. Maka, tahap pertama yang harus Unyulicious lakukan adalah memotong bambu atau pipa sesuai dengan ukuran kolam terpal. Setelah menyiapkan bambu atau pipa, langkah selanjutnya yaitu mengeratkannya.

Unyulicious bisa merekatkan antar rangka menggunakan paku atau tali. Untuk hasil yang maksimal, paku dan ikatlah antar bambu atau pipa tersebut. Semakin kuat ikatan, maka semakin bagus pula kekuatan konstruksi kolam terpal. 

Lebih Baik Kelebihan Terpal daripada Kurang
© freepik.com
4
Lebih Baik Kelebihan Terpal daripada Kurang

Memasang Terpal

Untuk pemasangan terpal, Unyulicious harus mengetahui berapa ukuran terpal yang sesuai dengan kolam. Pastikan Unyulicious membeli terpal dengan ukuran yang pas, ya. Sebab, jika ukuran terpal kurang, maka Unyulicious akan kesusahan untuk mengubah kembali konstruksi kolam. 

Di sisi lain, jika ukuran terpal melebihi tinggi kolam, maka Unyulicious bisa melipatnya ke dalam. Ketika terpal sudah terpasang, jangan lupa untuk menyiapkan pipa saluran pembuangan air. 

Peletakan Pipa Saluran Bergantung dengan Preferensi Terbaik
© freepik.com
5
Peletakan Pipa Saluran Bergantung dengan Preferensi Terbaik

Membuat Pipa Saluran Pembuangan

Rekomendasi kami

Langkah terkahir yaitu membuat pipa saluran pembuangan air. Hal tersebut berguna ketika ingin menguras kolam, Unyulicious tidak perlu kesusahan menimba air keluar dari kolam. Tedapat 2 jenis tempat yang bisa Unyulicious gunakan sebagai saluran pembuangan air.

Pertama di dasar kolam yang berguna untuk membersihkan air kolam secara menyeluruh. Selanjutnya, ada juga yang memasang pembuangan di sisi kolam dengan tinggi 30 cm. Metode kedua bisa menjaga air kolam tetap tersisa di kolam terpal, sehingga lele tetap ada di dalam kolam. 

Perlu Unyulicious ingat, sebelum mengganti air, biarkan ikan lele berpuasa terlebih dahulu selama 12-24 jam. Hal tersebut bertujuan agar ikan terhindar dari stres. Ketika mengganti air kolam, ikan yang stres cenderung memuntahkan makanan yang telah diberikan.

Jika kolam sudah siap digunakan, maka Unyulicious bisa menebar benih ikan lele ke dalam kolam. Tebar benih sedikit demi sedikit secara perlahan agar lele tetap sehat. 

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Kolam Ternak Lele

Tidak hanya ikan hias, ternyata ikan konsumsi juga perlu tempat yang nyaman. Oleh sebab itu, untuk menambah wawasan Unyulicious terkait ternak lele, tim Unyu telah merangkum beberapa pertanyaan terkait hal serupa. Beberapa pertanyaan dan jawaban di bawah ini tentu dapat menambah wawasan Unyulicious. Yuk, cek sekarang! 

Berapa ukuran kolam untuk 1000 ekor lele?

Ukuran kolam untuk 1000 ekor lele sangkuriang yaitu 5×2 meter. 

Berapa kedalaman kolam ikan lele?

Kedalaman kolam ikan lele yang dianjurkan adalah 1-1,5 meter.

Apakah bisa ternak lele di kolam tanah?

Bisa, kolam tanah sering kali digunakan sebagai media ternak ikan lele. 

Kesimpulan: Cara Membuat Kolam Ternak Lele

Pemeliharaan yang tepat perlu Anda lakukan agar ikan lele tumbuh besar dan memiliki nilai jual yang baik. Mulai dari memilih bibit berkualitas, memberi pakan, menyediakan kolam yang nyaman, hingga memberi tambahan probiotik. 

Pastikan Anda membeli pakan sesuai umur dari perusahaan pakan terbaik. Pemberian pakan dilakukan sebanyak 3 kali sehari, yaitu di pagi, siang, dan sore hari. Tidak hanya itu, pemberian probiotik juga harus mengikuti dosis yang tertera pada gambar aturan pakai di kemasan. 

Lalu, setelah membaca cara membuat kolam ternak lele yang tim Unyu sebutkan di atas, kapan nih memulai budidaya lele? Kapanpun itu, pastikan semua perlengkapan telah siap agar usaha yang Anda lakukan ada hasilnya. Semoga berhasil! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo