Hide Menu

Tertarik Memelihara Tuxedo Cat? Kenali Dulu 6 Mitos Kucing Belang Hitam Putih Berikut!

Sebelum Memelihara Kucing Belang Hitam Putih, Simak Dulu Mitos yang Ada di Masyarakat tentang Si Tuxedo Cat!

Artikel Mitos Kucing Belang Hitam Putih ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Mitos Kucing Belang Hitam Putih 2024
© istockphoto.com/MarySwift

Yuk, Kenalan dengan Tuxedo Cat!

Yuk, Kenalan dengan Tuxedo Cat!
istockphoto.com/AllisonPastor

Kucing belang hitam putih atau yang terkenal dengan tuxedo cat memang sering muncul di jalanan. Disebut demikian karena memiliki ciri 2 warna bulu yang terlihat seperti tuksedo kecil. Tidak jarang, pemilik kucing satu ini memasangkannya dasi kupu-kupu hitam di leher, sehingga seperti mengenakan black tie dress code.

Secara umum, kucing ini memang berwarna hitam dan putih. Namun, kucing ini juga memiliki warna bulu yang beragam, seperti abu, perak, oren, bahkan seperti kulit penyu dengan bercak putih. 

Selain itu, banyak orang yang memilih kucing dengan perpaduan warna hitam dan putih daripada kucing yang hanya berwarna polos hitam atau putih saja. Mereka beranggapan bahwa kucing berwarna putih polos cenderung mudah kotor.

Sedangkan kucing berwarna hitam polos memiliki kesan menakutkan dan banyak orang menganggapnya sebagai kucing yang bawa sial bahkan terlihat seperti jelmaan. Hal itulah yang membuat banyak orang lebih memilih memelihara kucing tuksedo ini. 

Lantas, apa sih yang membuat kucing tuksedo ini istimewa? Cari tahu jawabannya melalui fakta-fakta kucing belang hitam putih ini:

  • Kucing Terkaya di Dunia

Tepat pada tahun 1998, satu ekor kucing tuksedo bernama Sparky mewariskan kekayaannya sebesar 6,3 juta dollar saat pemiliknya meninggal. Hal itu membuatnya dinobatkan sebagai kucing terkaya daripada kucing lainnya dan kebanyakan manusia. 

  • Tuxedo Cat Sebenarnya Piebald

Kucing tuksedo bukanlah ras kucing tertentu. Kucing ini mendapatkan nama tersebut dari tanda 2 warna (piebald) berbeda pada mantel yang menyerupai tuksedo. Seperti yang telah tim Unyu jelaskan sebelumnya, warna kucing ini tidak selalu hitam dan putih. Tidak hanya itu, kucing ini juga bisa berasal dari berbagai ras, seperti ras Anggora bahkan kampung. 

  • Memiliki Tempat di Dalam Sejarah

Jika kucing oren terkenal karena kenakalannya, kucing belang hitam putih ini justru terkenal karena sering tercatat dalam sejarah, seperti:

  1. Beberapa tokoh film kartun, seperti Sylvester dari Looney TunesCat in The Hat, dan Mr. Mistoffelees menggambarkan dirinya sebagai kucing Tuxie.
  2. Tokoh terkenal seperti William Shakespeare, Sir Isaac Newton, dan Beethoven memiliki kucing tuksedo sebagai hewan peliharaan.
  3. Pada tahun 2012, seekor tuxedo cat bernama Tuxedo Stan mencalonkan diri sebagai walikota di kota pamerannya, Kanada. 
  • Pola Mantel Mereka Bukanlah Warisan

Sama halnya dengan kucing Calico dan Tortie, kucing tuxedo memiliki bulu yang rapih, namun ini bukan perihal genetika. Pola mereka berasal dari hasil sel pigmen yang lambat yang tidak dapat menjangkau seluruh bagian embrio kucing sebelum terbentuk sempurna. Hal itu meninggalkan bercak putih di area yang terlewatkan oleh sel pigmen.

Di sisi lain, meskipun Calico, Tortie, dan Tuxie ini memiliki kesamaan pada tandanya, namun sebagian besar kucing Calico dan Tortie adalah betina. Sedangkan jenis Tuxie memiliki jumlah betina dan jantan yang sama.

  • Pergi ke Tempat yang Belum Pernah Dikunjungi Kucing Lain Sebelumnya

Dengan keberuntungan dan pesonanya, tidak jarang kucing ini telah pergi ke banyak tempat yang belum pernah dikunjungi kucing lain sebelumnya, seperti:

  1. Pernah mencapai puncak Gunung Everest karena ada manusia yang menggendongnya.
  2. Kucing tuksedo bernama Simon ikut berperang pada Perang Dunia II. Hal yang ia lakukan dalam perang tersebut adalah melindungi persediaan makanan Inggris dari tikus dan hama.
  3. Kucing tuksedo berhasil masuk ke Gedung Putih. Tuxie cat tersebut merupakan peliharaan Presiden Bill Clinton saat itu. 

Mengetahui keuntungan dari fakta kucing belang hitam putih di atas cukup menarik, ya? Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang menganggapnya seram, lho. Lalu, apa saja mitos kucing belang hitam putih yang beredar di kucing lovers? Baca dan simak penjelasan tim Unyu agar tahu lebih lanjut!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Mitos Kucing Belang Hitam Putih - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Christopher (2013) bahwa tanda warna spesies kucing diantaranya menunjukkan periodisitas yang menjadi dasar dan keanekaragaman yang luar biasa. Warna-warna menarik pada spesies kucing seperti calico, oren, coklat, belang telon atau belang 3, kuning, loreng, termasuk belang hitam putih tentu menambah harga jual kucing tersebut. 

Namun, perlu Unyulicious ketahui bahwa di balik nilai bagus warna kucing, banyak orang yang mempercayai mitos dari warna-warna tersebut. Lantas, apa saja mitos kucing hitam putih? Berikut penjelasannya.

1
Memiliki Ciri Kepribadian Tertentu

Tuxedo Cat Terkenal Sangat Setia

Memiliki Ciri Kepribadian Tertentu

2
Mempunyai Kekuatan Magis

Banyak Orang yang Salah Sangka Ketika Tuxie Cat Hilang

Mempunyai Kekuatan Magis

3
Disembah di Mesir Kuno

Kucing adalah Hewan yang Sakral

Disembah di Mesir Kuno

4
Diperbolehkan Masuk ke Metropolitan Opera

Tuxie Cat Dianggap Kucing Berpakaian Pantas

Diperbolehkan Masuk ke Metropolitan Opera

5
Kucing Pembawa Keberuntungan

Gabungan Arti Hitam dan Putih yang Positif

Kucing Pembawa Keberuntungan

6
Memiliki Tingkat Kecerdasan yang Tinggi

Warna Bulu Tidak Memengaruhi Tingkat Kecerdasan Kucing

Memiliki Tingkat Kecerdasan yang Tinggi

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tuxedo Cat Terkenal Sangat Setia
© istockphoto.com/AlevG
1
Tuxedo Cat Terkenal Sangat Setia

Memiliki Ciri Kepribadian Tertentu

Rekomendasi kami

Beberapa orang menganggap bahwa kucing ini sangat setia, cerdas, dan penyayang. Meskipun banyak kucing belang hitam putih yang memiliki ciri tersebut, namun kepribadian tidak ada hubungannya dengan pola.

Pasalnya, kepribadian kucing berkembang seiring berjalannya waktu karena faktor genetik dan lingkungan. Unyulicious bisa melatih dan menumbuhkan ciri tersebut dengan mengajaknya bermain. Dengan bermain, hubungan antara Unyulicious dengan si tuxie cat akan semakin kuat. 

Banyak Orang yang Salah Sangka Ketika Tuxie Cat Hilang
© istockphoto.com/patrickheagney
2
Banyak Orang yang Salah Sangka Ketika Tuxie Cat Hilang

Mempunyai Kekuatan Magis

Banyak yang mengatakan bahwa selama ekuinoks musim semi atau diurnal, kucing ini tidak terlihat karena warna bulunya. Beberapa orang mengabaikan fisika cahaya dan bayangan, sebagian lagi percaya bahwa fenomena ini nyata dan terjadi karena kekuatan magis. Faktanya, jika kucing menghilang, bisa jadi ia sedang bersembunyi atau memang hilang. 

Kucing adalah Hewan yang Sakral
© istockphoto.com/pleh
3
Kucing adalah Hewan yang Sakral

Disembah di Mesir Kuno

Rekomendasi kami

Dahulu kala, bangsa Mesir Kuno menyembah kucing tuksedo karena menganggapnya sebagai dewa. Maka, tidak heran,jika di makam kerajaan Mesir Kuno banyak terdapat ukiran kucing. 

Bahkan, orang-orang kaya saat itu memperlakukan kucing layaknya dewi. Kucing-kucing tersebut diberi makanan enak dan dipakaikan perhiasan dengan harga yang mahal. Tidak berhenti sampai di situ, ketika kucing meninggal, kucing tersebut bahkan dijadikan mumi. 

Walaupun saat ini hal tersebut sudah tidak lagi dilakukan, namun kucing masih tetap dianggap sebagai hewan yang sakral. Hewan sakral ini layaknya sapi bagi masyarakat beragama Hindu di Bali, Indonesia. 

Tuxie Cat Dianggap Kucing Berpakaian Pantas
© istockphoto.com/TPAP8228
4
Tuxie Cat Dianggap Kucing Berpakaian Pantas

Diperbolehkan Masuk ke Metropolitan Opera

Rekomendasi kami

Ada rumor yang mengatakan bahwa kucing ini hadir karena mereka berpakaian pantas. Tentu anggapan tersebut tidak terlepas dari warna kucing loreng yang tampak seperti mengenakan tuksedo. Hal ini cukup lucu, namun tidak sepenuhnya benar. 

Kebijakan aksesibilitas Opera menegaskan bahwa anjing pemandu selalu boleh berada di Met. Sementara hewan lain tidak akan diizinkan, kecuali mereka adalah bagian dari pertunjukan. 

Gabungan Arti Hitam dan Putih yang Positif
© istockphoto.com/ndejan
5
Gabungan Arti Hitam dan Putih yang Positif

Kucing Pembawa Keberuntungan

Sebagian orang meyakini bahwa dengan memelihara kucing tuksedo akan bawa rezeki bagi pemiliknya. Warna hitam pada bulu kucing memiliki arti memberi perlindungan. Sedangkan warna putih memiliki arti kebaikan. 

Jika menggabungkan 2 makna tersebut, maka kedua warna tersebut memiliki arti yang positif, sehingga sering dikaitkan sebagai pembawa hoki. Bahkan banyak orang yang percaya ketika kucing belang hitam putih tiba-tiba melintas di hadapan, maka keberuntungan yang tidak terduga akan datang. 

Warna Bulu Tidak Memengaruhi Tingkat Kecerdasan Kucing
© istockphoto.com/feedough
6
Warna Bulu Tidak Memengaruhi Tingkat Kecerdasan Kucing

Memiliki Tingkat Kecerdasan yang Tinggi

Hanya karena tokoh terkenal, seperti Beethoven, Newton, dan Shakespeare memelihara kucing belang hitam putih ini, tidak sedikit orang yang percaya bahwa kucing ini secerdas tiga tokoh tersebut. Bahkan, beberapa pemilik melaporkan kucing putih hitam mereka lebih aktif dan pintar daripada kucing lainnya. 

Padahal, kucing belang ini hanyalah kucing biasa yang memiliki corak hitam dan putih di badannya. Jika memang kucing ini lebih aktif dan pintar, tentu hal tersebut berhubungan dengan kesehatan yang prima, cara pemeliharaan, dan bagaimana pemiliknya peduli dengan perkembangan si kucing. 

Anggapan bahwa tuxie cat ini memiliki tingkat intelegensi lebih tinggi dari kucing lainnya tentu hanyalah mitos. Pasalnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan anggapan tersebut. Intinya, warna bulu tidak bisa menjadi patokan tingkat kecerdasan kucing. 

Tanya Jawab Seputar Mitos Kucing Belang Hitam Putih

Sebelum Unyulicious mengakhiri artikel ini, luangkan sedikit waktu untuk membaca pertanyaan di bawah. Unyulicious tidak perlu mencari jawabannya karena tim Unyu sudah menyiapkan jawaban untuk Anda. Simak lebih lanjut, ya!

Kucing warna hitam putih kucing apa?

Kucing warna hitam putih adalah tuxedo cat atau felix cat, yaitu kucing ras domestik yang memiliki warna dominan yaitu hitam dan putih. 

Bagaimana sifat kucing hitam putih?

Sifat kucing hitam putih umumnya terkenal dengan sifat yang ramah, cerdas, dan penyayang. 

Apa nama untuk kucing hitam putih?

Nama untuk kucing hitam putih yaitu kucing tuksedo atau piebald

Mitos kucing hitam pertanda apa?

Sejak abad pertengahan, ada mitos kucing hitam sebagai pertanda pembawa sial di beberapa negara. Namun, di beberapa negara, ada pula yang menganggap kucing hitam ini sebagai pembawa keberuntungan. 

Kesimpulan: Mitos Kucing Belang Hitam Putih

Kucing belang hitam putih bukanlah jenis kucing khusus. Warna hitam dan putih yang sangat iconic tersebut berasal dari tanda 2 warna yang berbeda pada mantel mereka. Kucing Tuxie ini bisa berasal dari berbagai ras, seperti Anggora dan kampung. Bahkan, bulu mereka bisa saja pendek, lebat, panjang, atau halus. Tentunya, warna tersebut didapatkan dari gen induk kepada anak kucing tersebut. 

Oleh karena itu, sebelum Anda berniat memelihara atau mengembangbiakkan kucing ini, alangkah baiknya untuk membaca mitos kucing belang hitam putih dari tim Unyu di atas terlebih dahulu. Penjelasan dan gambar rekomendasi produk dari tim Unyu di atas bisa menjadi pedoman untuk Anda mengambil langkah berikutnya. Lantas, setelah membaca, apakah mitos tersebut juga hal yang Unyulicious pikirkan selama ini? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo