Hide Menu

Budidaya Lele di Lahan Terbatas? Why Not! Ini 5 Cara Beternak Lele di Kolam Terpal, Mudah!

Terapkan Cara Ternak Lele di Kolam Terpal Berikut dan Bangun Perusahaan Budidaya Lele Terbaik!

Artikel Cara Beternak Lele di Kolam Terpal ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Cara Beternak Lele di Kolam Terpal 2024
© freepik.com

Kelebihan Ternak Lele di Kolam Terpal

Kelebihan Ternak Lele di Kolam Terpal
freepik.com

Budidaya lele sebagai ikan konsumsi adalah salah satu bisnis yang banyak menarik perhatian. Pasalnya, bisnis lele ini dapat dikatakan cukup menguntungkan. Untuk media yang digunakan, banyak peternak yang melakukan budidaya ikan lele kolam terpal. Lantas, bagaimana cara ternak lele di kolam terpal? 

Sebelum membahas bagaimana cara beternak lele di kolam terpal, alangkah baiknya Unyulicious mengetahui kelebihan budi daya lele kolam terpal terlebih dahulu. Berikut penjelasannya. 

  • Ikan Lele Tidak Beraroma Tanah

Berbeda dengan ternak lele dengan media kolam tanah, ternak lele di kolam terpal tidak akan beraroma tanah. Sebab, penggunaan kolam tanah yang berlumpur dapat membuat lele bau tanah. Hal inilah yang kurang disukai oleh konsumen lele. 

  • Kolam Terpal Lele Mengandung Penyakit

Penyakit adalah momok yang menakutkan bagi peternak lele. Untungnya, ikan lele yang dibudidaya di kolam terpal jarang berpenyakit. Bahkan, hama yang menyerang ikan lele juga jarang ditemukan di kolam terpal. 

  • Kolam Terpal Minim Air

Faktanya, ternak lele di kolam terpal dapat menghemat penggunaan air. Berbeda dengan kolam tanah yang dapat menyerap air, penggunaan kolam terpal terkenal lebih hemat air. 

Cukup menarik, ya, budi daya ikan lele kolam terpal. Demi membantu Anda untuk mewujudkan cita-cita menjadi peternak yang berhasil, ayo pelajari cara beternak lele di kolam terpal yang efektif. Simak penjelasannya di bawah! 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Beternak Lele di Kolam Terpal - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Jayadi (2015), dalam pembuatannya, kolam terpal tergolong mudah. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya tetap harus memerhatikan tujuan dari pembuatan kolam tersebut. Oleh sebab itu, tim Unyu akan membagikan cara ternak lele di kolam terpal yang tepat. Yuk, perhatikan dengan seksama section di bawah ini!

1
Mempersiapkan Kolam Terpal

Persiapan Awal Merupakan Hal yang Penting

Mempersiapkan Kolam Terpal

2
Proses Pemilihan Bibit Unggul

Bibit Lele Unggul Memiliki Proteksi Diri yang Baik

Proses Pemilihan Bibit Unggul

3
Tebar Benih Lele

Jangan Gegabah dalam Penebaran Bibit Karena Bisa Jadi Berbahaya

Tebar Benih Lele

4
Memberi Pemeliharaan Terbaik

Makanan Sangat Berpengaruh untuk Kualitas Lele

Memberi Pemeliharaan Terbaik

5
Proses Panen Ikan Lele

Waktu yang Ditunggu-tunggu Tiba!

Proses Panen Ikan Lele

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Persiapan Awal Merupakan Hal yang Penting
© freepik.com
1
Persiapan Awal Merupakan Hal yang Penting

Mempersiapkan Kolam Terpal

Rekomendasi kami

Cara pertama yang dapat Unyulicious lakukan adalah membuat kolam terpal. Selanjutnya, perhatikan bahwa permukaan kolam harus lebih dalam. Hal tersebut bermanfaat agar matahari tidak tembus sebab dapat membuat lele kepanasan bahkan mati. 

Suhu air yang disarankan untuk kolam terpal lele yaitu 20°C-28°C. Selanjutnya, beri garam krosok untuk mencegah munculnya jamur dan menyeimbangkan pH air. Setelah pemberian garam krosok, berikan molasses guna menghambat pertumbuhan alga hijau biru.

Saat pemberian awal molasses, jangan lupakan pemberian suplemen ikan. Jika kolam sudah siap, diamkan kolam selama 5 hari. Biarkan hingga tumbuhan lumut atau fitoplankton tumbuh secara alami dan siap untuk tebar benih lele. 

Bibit Lele Unggul Memiliki Proteksi Diri yang Baik
© freepik.com
2
Bibit Lele Unggul Memiliki Proteksi Diri yang Baik

Proses Pemilihan Bibit Unggul

Rekomendasi kami

Terlebih untuk pemula, Anda harus tahu betul jenis bibit yang berkualitas guna menghasilkan lele unggul. Secara umum, proses pencarian bibit lele berkualitas dapat Unyulicious beli melalui penjual benih lele terpercaya.

Untuk memudahkan dalam pemilihan, berikut ciri-ciri benih terbaik:

  1. Ukuran ideal bagi bibit lele berkisar 5-7 cm, dan pastikan tidak ada cacat di tubuhnya.
  2. Bibit lele jantan memiliki perut ramping, tulang kepala pipih, warna cenderung gelap, gerakan lincah, dan bentuk kelamin runcing.
  3. Bibit lele betina memiliki ciri perut yang lebih besar dari punggungnya, geraknya lamban, ukuran kepala cembung, dan kelamin berbentuk bulat.
  4. Bibit ikan lele terbaik akan sangat gesit atau agresif ketika diberi makanan. 
Jangan Gegabah dalam Penebaran Bibit Karena Bisa Jadi Berbahaya
© freepik.com
3
Jangan Gegabah dalam Penebaran Bibit Karena Bisa Jadi Berbahaya

Tebar Benih Lele

Rekomendasi kami

Jika sudah mendapat bibit lele yang unggul, selanjutnya tebar benih di kolam yang telah Unyulicious siapkan sebelumnya. Namun, pisahkan terlebih dahulu lele dengan ukuran kecil dan besar. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari ikan lele memakan sesama.

Karena benih lele masih sangat sensitif, maka jangan sembarangan dalam penyebarannya. Hindari metode tebar bibit lele secara bersamaan karena dapat membuat lele stres dan menyebabkan kematian. Selain itu, pastikan suhu di tempat asal lele dan kolam ternak sama.

Ketika lele sudah bisa menyesuaikan diri di tempat baru, tunggulah 1 hari sebelum memberi suplemen dengan dosis 5 ml/m³. Jika bingung, Unyulicious bisa melihat gambar aturan pakai di kemasan. Perlu Unyulicious ketahui, waktu yang baik untuk tebar bibit lele yaitu di pagi dan malam hari. 

Makanan Sangat Berpengaruh untuk Kualitas Lele
© freepik.com
4
Makanan Sangat Berpengaruh untuk Kualitas Lele

Memberi Pemeliharaan Terbaik

Rekomendasi kami

Daripada kolam lain, kolam terpal terkenal memiliki pemeliharaan yang lebih mudah. Akan tetapi, tetap ada beberapa perawatan yang perlu Unyulicious lakukan agar lele tumbuh lebih cepat dan sehat.  Adapun cara yang dapat Unyulicious lakukan adalah sebagai berikut:

  • Memberi Pakan Ikan

Pilih pakan ikan bernutrisi tinggi, seperti pelet, cacing, plankton, dan makanan berprotein lainnya. Beri makanan secara teratur sehari 3 kali, yaitu pukul 7 pagi, 5 sore, dan 10 malam. Ingat, jangan memberi lele makan ketika hujan. Sebab, kualitas makanan dapat berubah karena tercemar zat asam. 

  • Mengantisipasi Hama

Organisme patogen dalam kolam lele bisa saja muncul. Sehingga, penting untuk memberi asupan suplemen tambahan dari perusahaan terpercaya. Tidak hanya itu, Unyulicious bisa menggunakan sekat pembatas untuk mencegah predator membahayakan lele.

  • Mengganti Air Secara Berkala

Untuk menjaga kualitas air tetap baik, Unyulicious perlu melakukan perawatan dengan melakukan penggantian dan penambahan air. Ganti air kolam lele ketika sudah memasuki umur panen. Penggantian air sebelum masa panen dapat menghambat pertumbuhan lele. 

Selain itu, pastikan mengganti air kolam di pagi atau sore hari, ya. Jangan mengganti air di siang hari, sebab dapat berdampak buruk pada kesehatan lele. 

Waktu yang Ditunggu-tunggu Tiba!
© freepik.com
5
Waktu yang Ditunggu-tunggu Tiba!

Proses Panen Ikan Lele

Rekomendasi kami

Ikan lele dengan pemeliharaan yang tepat tentu akan menjadi lele yang berkualitas. Secara umum, Unyulicious dapat memanen lele setelah 2-3 bulan. 

Ketika proses panen, 1 kg lele bisa berjumlah 7-8 ekor dengan ukuran berkisar 5-7 cm atau 9-12 cm. Untuk proses panen, Unyulicious bisa menyurutkan air kolam terlebih dahulu. 

Selanjutnya, pindahkan lele yang sudah dipanen ke wadah lain menggunakan serok atau jaring. Sortir ikan lele yang siap panen tersebut dengan hati-hati. Kemudian, bersihkan kolam sebelum Unyulicious mengisi dengan benih baru. 

Tanya Jawab Seputar Cara Beternak Lele di Kolam Terpal

Selain tahap yang sudah disebutkan di atas, tim Unyu juga sudah merangkum beberapa pertanyaan terkait ikan lele. Pertanyaan dan jawaban di bawah ini dapat menambah wawasan Unyulicious tentang budidaya lele. Yuk, simak pertanyaan beserta penjelasannya berikut. 

Berapa lama panen lele di kolam terpal?

Setelah 2-3 bulan pemeliharaan, umumnya ikan lele sudah siap dipanen. 

Berapa ukuran kolam terpal untuk 1000 ekor lele?

Jika Anda memilih ternak lele sangkuriang, maka untuk 1000 ekor lele Anda bisa menggunakan kolam terpal dengan ukuran 5×2 meter. 

Apakah lele perlu sirkulasi air?

Iya, lele memerlukan sirkulasi air agar tetap bertahan hidup dan cepat besar. 

Kesimpulan: Cara Beternak Lele di Kolam Terpal

Melakukan ternak lele di kolam terpal merupakan cara yang paling mudah. Di sisi lain, harga yang Anda bayar untuk membeli bahan kolam terpal seperti kerangka dan terpal juga relatif murah daripada kolam tanah maupun beton. 

Meskipun mudah, sama halnya dengan pemeliharaan ikan hias, pemeliharaan lele sebagai ikan konsumsi tidak boleh sembarangan. Anda perlu memberi perhatian khusus untuk memastikan bahwa hasil panen lele nantinya berkualitas. 

Oleh sebab itu, tim Unyu berharap semoga cara beternak lele di kolam terpal di atas mampu menjadi pedoman untuk Unyulicious. Dengan memahami tahap-tahap di atas, memanen lele dengan jumlah 500 atau bahkan 1000 ekor kini bukan lagi mimpi! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo