Hide Menu

Warna Mata Kucing Berubah Tidak Normal? Cari Tahu 5 Penyebab Mata Kucing Berwarna Kuning!

Mata Warna Kuning pada Kucing Tidak Selalu Karena Genetika, Bisa Jadi Itu Tanda Adanya Masalah Kesehatan. Segera Cari Tahu!

Artikel Penyebab Mata Kucing Berwarna Kuning ini diposting diperbarui
11 Pembaca
Like
Penyebab Mata Kucing Berwarna Kuning 2024
© istockphoto.com/AdehanAhmad

Penyakit Kuning Bisa Merubah Warna Mata Kucing Menjadi Kuning?

Penyakit Kuning Bisa Merubah Warna Mata Kucing Menjadi Kuning?
istockphoto.com/TodoreanGabriel

Anabul di rumah bertingkah tidak seperti biasa? Atau mata cantiknya berubah warna menjadi kuning? Jangan hanya diam! Faktanya, penyebab mata kucing berwarna kuning tidak hanya karena faktor genetika dari induknya, melainkan juga tanda si kucing sedang sakit.

Salah satu penyakit yang dapat merubah warna mata kucing menjadi kuning yaitu penyakit kuning. Lalu, apa sih penyakit kuning pada kucing?

Kucing anggora atau kampung yang terkena penyakit kuning, ditandai dengan kulit dan mata yang menguning akibat meningkatnya kadar bilirubin dalam darah. Beberapa hal dapat menjadi penyebab penyakit kuning terjadi, termasuk penyakit hati dan infeksi tertentu. 

Pada kucing yang menderita penyakit kuning, bilirubin menumpuk di jaringan, terutama di bagian kulit dan mata. Seiring berkembangnya penyakit tersebut, kulit dan cakar kucing juga bisa berubah menjadi kekuningan. Di sisi lain, bagian putih pada mata juga dapat berubah menjadi kuning. 

Tanda dan gejala penyakit kuning pada kucing dapat berupa kelesuan, penurunan berat badan, dan muntah. Akan tetapi, semua tanda dan gejala juga bergantung pada penyebab penyakit kuning tersebut. Untuk memperdalam wawasan Unyulicious tentang penyebab warna mata kucing berwarna kuning akibat penyakit, simak artikel ini hingga selesai, ya!

Warna-warni Mata Kucing

Warna-warni Mata Kucing
istockphoto.com/gopfaster

Kucing memiliki warna warni mata yang cantik. Bahkan, tiap kucing bisa memiliki perbedaan warna mata.

Tidak ada perbedaan dengan manusia, bagian mata kucing yang berwarna tersebut bernama iris, yaitu lingkaran yang menyerupai pupil. Iris memiliki 2 lapisan dan tiap lapisan memiliki kandungan melanosit yang menghasilkan pigmen warna. Pigmen tersebut yang kemudian tim Unyu sebut dengan melanin. 

Ingin tahu lebih banyak tentang warna-warni mata kucing? Cari tahu melalui penjelasan di bawah ini, ya!

  • Kucing dengan Warna Kuning atau Oranye

Mata kucing yang berwarna kuning atau oren sering kali diartikan sebagai kelicikan dan supranatural. Kucing dengan warna mata ini berarti memiliki aktivitas melanosit yang lebih kuat. Unyulicious bisa menemui kucing dengan mata kuning atau oranye pada kucing hitam. 

  • Warna Mata Biru

Warna cantik ini memiliki arti polos dan rasa dingin yang menusuk, bahkan kerap berhubungan dengan ilmu gaib bagi sebagian orang. Seekor kucing yang tidak memiliki melanin di iris akan memiliki warna mata biru. Sayangnya, warna cantik ini tidak bertahan sampai kucing dewasa dan tua. 

  • Kucing dengan Kombinasi Warna Berbeda

Kucing dengan warna mata dichroic memiliki kombinasi dua warna berbeda di kedua matanya. Kombinasi ini membuat warna bola mata kucing terlihat belang. Kucing yang memiliki warna mata ini cukup langka, lho

  • Mata Kucing Berwarna Hijau

Bagi beberapa orang, warna hijau berhubungan dengan kekuatan mistis dan warna yang paling sering terdapat pada kucing. Sama halnya dengan warna mata biru, mata hijau memiliki sedikit melanin. 

  • Kucing dengan 2 Warna Mata Berbeda

Jenis mata kucing ini terkenal dengan sebutan odd eye. Kondisi warna mata ini disebut heterochromia iridium. Mata kucing ini bisa diturunkan secara genetik dari induk ke anak atau bawaan cacat pertumbuhan. Kondisi mata kucing ini dapat Unyulicious temukan pada kucing albino yang memiliki satu mata warna biru dan mata lain berwarna oranye, kuning, abu, coklat, atau hijau. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Penyebab Mata Kucing Berwarna Kuning - Terbaru 2024

Menurut penelitian Noelle (2005), pemeriksaan mata adalah bagian penting dari pemeriksaan fisik lengkap yang dapat membantu diagnosis sistemik pada hewan. Media mata yang transparan seperti beling dapat berperan sebagai jendela diagnostik bagi dokter. 

Oleh karena itu, penting untuk Unyulicious mengetahui penyebab mata kucing berwarna kuning. Salah satu yang dapat menyebabkan mata kucing berwarna kuning adalah sakit kuning. Lalu, apa penyebab yang lain? Perhatikan penjelasannya di bawah ini. 

1
Kolangiohepatitis

Dokter Akan Melakukan Diagnosa dan Memberi Obat yang Tepat

Kolangiohepatitis

2
Lipidosis Hepatik

Kucing Membutuhkan Bantuan Selang Makanan

Lipidosis Hepatik

3
Pankreatitis

Beberapa Gejala Pankreatitis Mirip dengan Gejala Penyakit Lain

Pankreatitis

4
Anemia Hemolitik

Pengobatan Penyakit Ini Bergantung dengan Penyebabnya

Anemia Hemolitik

5
Neoplasia Hepatik

Bersifat Jinak hingga Ganas

Neoplasia Hepatik

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Dokter Akan Melakukan Diagnosa dan Memberi Obat yang Tepat
© istockphoto.com/NNL_STUDIO
1
Dokter Akan Melakukan Diagnosa dan Memberi Obat yang Tepat

Kolangiohepatitis

Rekomendasi kami

Kolangiohepatitis atau yang biasa dikenal dengan hepatitis yaitu kondisi yang terjadi ketika saluran empedu di hati mengalami peradangan. Hal ini dapat menyebabkan penyakit kuning pada kucing, membuat organ mata dan kulit menguning, serta masalah hati lainnya.

Umumnya, kolangiohepatitis terlihat pada kucing dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti peradangan, infeksi, dan kanker. Cara yang biasa dokter hewan lakukan untuk mendiagnosis penyakit ini yaitu melakukan pemeriksaan fisik mendetail, tes darah, dan USG perut.

Nantinya, perawatan bergantung pada penyebab yang mendasarinya. Akan tetapi, biasanya dokter hewan akan memberikan antibiotik dan obat untuk mengurangi peradangan. 

Untuk mengurangi peradangan dan sebagai pencegahan, Unyulicious bisa menggunakan rekomendasi produk antibiotik dan obat tetes mata di atas. Akan tetapi, pastikan Unyulicious sudah berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu, ya!

Kucing Membutuhkan Bantuan Selang Makanan
© istockphoto.com/miljko
2
Kucing Membutuhkan Bantuan Selang Makanan

Lipidosis Hepatik

Rekomendasi kami

Sindrom hati berlemak atau lipidosis hepatik yaitu kondisi adanya lemak yang menumpuk pada hati. Beberapa hal dapat menjadi penyebab penyakit kuning kucing, termasuk obesitas, kelaparan, dan diabetes. Pada kucing, penyebab paling umum dari penyakit ini yaitu pankreatitis. 

Dokter hewan sering mendiagnosa penyakit ini ketika muncul tanda-tanda kucing sakit kuning, seperti mata dan kulit yang menguning dan riwayat penurunan berat badan secara tiba-tiba. 

Penyakit ini dapat menyebabkan gagal hati jika tidak segera mengobatinya. Perawatan yang dilakukan umumnya untuk mengatasi penyebab yang mendasari dan tambahan dukungan nutrisi. Banyak kucing yang memerlukan bantuan selang makanan untuk menghentikan tubuh memobilisasi lemak ke hati. 

Beberapa Gejala Pankreatitis Mirip dengan Gejala Penyakit Lain
© istockphoto.com/SbytovaMN
3
Beberapa Gejala Pankreatitis Mirip dengan Gejala Penyakit Lain

Pankreatitis

Rekomendasi kami

Kondisi penyakit ini cukup umum terjadi ketika pankreas meradang. Pankreatitis umumnya berkaitan dengan penyakit kuning kucing karena obstruksi pasca-hati.

Secara normal, bilirubin akan mengalir melalui saluran empedu dan dikeluarkan ke dalam empedu. Pankreas yang meradang parah akan menyumbat saluran empedu, sehingga membuat aliran balik bilirubin ke aliran darah. 

Beberapa gejala pankreatitis bisa jadi mirip dengan kondisi lain. Tidak jarang, penyakit kuning selalu menjadi tanda bahaya bagi pemilik kucing. Gejala-gejala yang muncul bisa berupa turunnya nafsu makan dan kelesuan. 

Pengobatan Penyakit Ini Bergantung dengan Penyebabnya
© istockphoto.com/deyangeorgiev
4
Pengobatan Penyakit Ini Bergantung dengan Penyebabnya

Anemia Hemolitik

Rekomendasi kami

Anemia Hemolitik adalah kondisi ketika terjadi peningkatan pemecahan sel darah merah di dalam tubuh. Hal ini membuat penyakit kuning pada kucing. Penyebab terjadi penyakit ini antara lain infeksi, kanker, atau paparan racun dan obat. 

Bilirubin diproduksi ketika hemoglobin terurai, dimana hemoglobin terletak di sel darah merah. Sehingga, setiap kerusakan pada sel darah merah akan meningkatkan kadar bilirubin dalam darah dan membuat kucing sakit kuning. 

Cara mengobati penyakit ini akan bergantung pada penyebab yang mendasarinya. Dalam beberapa kasus, cara pengobatan yang lebih kompleks bisa jadi diperlukan, seperti transfusi darah atau kortikosteroid. 

Bersifat Jinak hingga Ganas
© istockphoto.com/aspenrock
5
Bersifat Jinak hingga Ganas

Neoplasia Hepatik

Neoplasia Hepatik atau kanker hati dapat menjadi penyebab penyakit kuning kucing. Penyakit ini bersifat jinak (non-kanker) atau bahkan ganas (kanker). Tidak hanya itu, penyakit ini juga dapat menyerang kucing segala ras, usia, maupun kelamin. 

Gejala penyakit kuning yang berhubungan dengan neoplasia hati bervariasi, bergantung dari stadium kanker. Gejalanya berupa penyakit kucing mata kuning, kulit menguning, muntah, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan akibat disfungsi hati. 

Tanya Jawab Seputar Penyebab Mata Kucing Berwarna Kuning

Sebelum mengakhiri artikel ini, hendaknya luangkan sedikit waktu Unyulicious untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah ini.! Tentunya, pertanyaan di bawah ini dapat menambah wawasan Anda tentang penyebab mata kucing berwarna kuning. Tanpa basa-basi, simak sekarang!

Kenapa mata kucing jadi kuning?

Mata kucing jadi kuning karena kucing terkena penyakit kuning. Semakin lama kucing menderita penyakit kuning, maka mata, kulit, dan jaringan tubuh lain akan semakin kuning pula. 

Kucing mata kuning jenis apa?

Kucing mata kuning terdapat pada ras kucing Abyssinian, Cornish Rex, Bengal, dan Scottish Fold.

Kucing mata kuning kucing apa?

Kucing mata kuning biasanya dimiliki oleh kucing Bengal hingga American Shorthair. 

Apakah penyakit kuning pada kucing bisa sembuh?

Ya, penyakit kuning pada kucing bisa sembuh, hanya saja tergantung kondisinya. Akan tetapi, karena termasuk penyakit serius, Anda harus segera membawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Kenapa mata kucing teleng?

Mata kucing teleng atau jules dapat disebabkan karena berbagai hal, salah satunya adalah dehidrasi. Ketika kucing kekurangan air minum atau dehidrasi, selaput tertia palpebra kucing dapat timbul atau menonjol. Hal tersebut membuat bola mata kucing terlihat beda sebelah atau juling. 

Kapan usia kucing membuka mata?

Kucing buka mata ketika ia berusia 7 hingga 10 hari. Kemudian, pada usia 2 minggu, kedua mata akan melebar sepenuhnya. 

Kesimpulan: Penyebab Mata Kucing Berwarna Kuning

Secara naluri alam, kucing adalah hewan yang menyukai kebersihan. Jika lingkungan sekitarnya tidak cukup bersih, tentu kucing akan rentan terkena penyakit. Mulai dari penyakit flu yang membuatnya bersin berulang kali, penyakit rongga mulut, katarak, dan penyakit kuning yang dapat menjadi penyebab mata kucing berwarna kuning.

Oleh karena itu, sebagai pemilik kucing, Unyulicious harus selalu menjaga kebersihan lingkungan kucing. Lingkungan yang bersih dapat mencegah kucing terserang penyakit sekaligus menghemat pengeluaran Anda. Pasalnya, Anda harus membayar harga yang tidak murah untuk pengobatan maupun produk kesehatan kucing.

Tim Unyu berharap penjelasan di atas dapat menambah wawasan Anda. Produk rekomendasi dari tim Unyu juga dapat Anda temukan dengan mudah di pasaran karena banyak seller yang jual produk tersebut. Akan tetapi, sebelum menggunakannya, pastikan Anda sudah membaca aturan pakai yang tertera di gambar kemasan dan berkonsultasi ke dokter hewan, ya! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo