Hide Menu

Pencernaan Anjing Anda Terganggu? Lakukan 5 Cara Mengatasi Anjing Muntah Berikut Ini!

Ayo Kembalikan Kesehatan dan Keceriaan Anjing dengan Memberi Obat Anjing Muntah dan Gak Mau Makan Ini

Artikel Cara Mengatasi Anjing Muntah ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Mengatasi Anjing Muntah 2024
© istockphoto.com/cerro_photography

Apa Penyebab Anjing Muntah?

Apa Penyebab Anjing Muntah?
istockphoto.com/kickers

Sebagai pemilik anjing, tentu akan khawatir ketika mengetahui anjing kesayangan muntah. Umumnya, muntahan yang keluar dari mulut anjing adalah hal yang wajar dan normal terjadi. Akan tetapi, Anda tetap gak boleh diam saja, terlebih jika muntah disertai aksi gak nafsu makan selama berhari-hari.

Di sisi lain, muntah yang gak produktif, dimana anjing seperti mau muntah tapi tidak muntah juga dapat menjadi sinyal peringatan bahwa ada sesuatu yang gak beres. Kondisi tersebut dapat mengindikasikan ada masalah serius pada kesehatannya. Lantas, apa penyebab anjing muntah? Adakah obat anjing muntah dan tidak mau makan?

Nyatanya, pemilik anjing harus bisa membedakan anjing muntah dan regurgitasi. Regurgitasi memiliki arti kondisi keluarnya makanan yang gak tercerna dari kerongkongan anjing secara ringan. Kondisi ini sering diawali dengan kesulitan bernapas dan batuk. 

Sedangkan, anjing yang muntah akan mengeluarkan isi dari lambung dan usus bagian atas secara paksa. Muntahan anjing bisa mengandung sekresi empedu kuning atau makanan yang sebagian telah ia cerna.

Ketika anjing muntah kuning, ada beberapa tanda yang diperlihatkan oleh anjing, seperti menjilat bibir, meneteskan air liur, dan menelan secara berlebihan. Sedangkan beberapa faktor lain yang dapat membuat anjing muntah yaitu:

  1. Infeksi bakteri, virus, atau jamur
  2. Sembelit
  3. Minum air yang terkontaminasi bakteri
  4. Perubahan pola makan secara tiba-tiba
  5. Alergi atau intoleransi makanan
  6. Gastroenteritis atau radang lambung dan saluran usus
  7. Menelan tanaman beracun
  8. Parasit usus
  9. Reaksi terhadap obat
  10. Penyakit hati atau ginjal

Selain beberapa faktor tersebut, anjing yang muntah akut bisa disebabkan karena adanya penyakit menular, yaitu parvovirus. Umumnya, kondisi ini terjadi pada anak anjing yang ada di sekitar anjing lain. Lalu, apakah ada obat dan cara mengatasi anjing muntah tersebut? Simak jawabannya di bawah!

Jenis Muntah Anjing

Jenis Muntah Anjing
freepik.com

Ketika racun masuk ke dalam tubuh anjing, secara alam anjing akan mengeluarkan isi perutnya agar racun keluar. Selain keracunan, penyebab anjing muntah yaitu adanya makanan yang belum terproses secara sempurna. 

Terdapat beberapa jenis muntahan anjing. Jenis muntahan tersebut dapat terlihat dari warnanya, dimana masing-masing memiliki penyebab yang berbeda. Berikut beberapa jenis muntah anjing:

  • Muntah Berwarna Putih

Ketika anjing muntah warna putih, itu dapat mengindikasikan anjing memuntahkan susu yang ia konsumsi. Selain itu, muntah putih juga disebabkan adanya masalah pencernaan jika disertai dengan busa. Muntah tersebut berarti anjing mengalami penumpukan asam lambung.

  • Muntah Berwarna Hijau

Muntahan warna hijau berarti anjing mengeluarkan muntahan setelah ia makan rumput di luar rumah. Tidak hanya itu, gastritis, kontraksi empedu, dan alergi makanan juga dapat menjadi penyebab anjing muntah hijau.

  • Muntah Warna Kuning

Anjing yang muntah warna kuning berarti anjing memuntahkan cairan empedu. Saat kondisi tersebut, berarti perut anjing kosong atau ia menderita asam lambung. Muntah kuning juga dapat terjadi karena adanya penumpukan asam, refluks, atau zat lain. Penyebab ini juga dapat membuat anjing sendawa terus menerus. 

  • Muntahan Anjing Berwarna Coklat

Jika anjing muntah coklat atau oren, maka itu berarti ia mengalami gastritis dan coprophagia. Tidak hanya itu, anjing yang makan terlalu cepat juga membuat anjing memuntahkan isi perutnya dengan muntah warna coklat. 

  • Anjing Muntah Warna Merah atau Muntah Berdarah

Ketika muntahan anjing warna merah atau berdarah, maka itu dapat memiliki arti bahaya bahkan mengindikasikan pendarahan internal. Jika hal ini terjadi pada anjing di rumah, segera bawa anjing ke dokter, ya!

  • Anjing Muntah Cacing

Muntahan cacing berbentuk cair atau makanan dengan adanya cacing besar yang sudah menginfeksi anjing. Umumnya, cacing yang keluar terlihat bergerak karena masih hidup atau sudah dalam keadaan mati. Penyebab muntah ini yaitu kandang yang kotor, induk anjing cacingan, sering menjilati kaki, dan tidak pernah diberi obat cacing. 

  • Muntah Bening Cair

Muntah anjing tampak bening dan cair karena ada sekresi perut atau genangan air di perut. Kondisi ini sering terjadi ketika anjing minum air ketika merasa mual. 

  • Muntah Berlendir

Penyebab muntah anjing yang terlihat seperti lendir saat meneteskan air liur yaitu adanya beberapa iritasi. Oleh sebab itu, anjing muntah dengan membawa lendir. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mengatasi Anjing Muntah - Terbaru 2024

Menurut penelitian Elwood (2010), muntah yang persisten dan parah dapat menyebabkan hilangnya cairan dan elektrolit saluran cerna. Hal tersebut dapat menyebabkan dehidrasi, syok hipovolemik, gangguan asam, dan basa yang dapat mengancam jiwa. Muntah terus menerus yang menghalangi pemasukan makanan secara efektif dapat menyebabkan malnutrisi protein-kalori. 

Dari penjelasan tersebut, ternyata muntah sangat berpengaruh pada kesehatan anjing, ya? Oleh sebab itu, tim Unyu akan membagikan cara mengatasi anjing muntah. Simak setiap section di bawah ini, ya! 

1
Memberikan Obat Rumahan

Sediakan Obat di Rumah Sebagai Pertolongan Pertama

Memberikan Obat Rumahan

2
Mengunjungi Klinik Dokter Hewan

Cara Efektif yang Banyak Dilakukan Pemilik Anjing

Mengunjungi Klinik Dokter Hewan

3
Lakukan Puasa Makanan

Meski Puasa, Anjing Harus Mendapat Air Minum yang Cukup

Lakukan Puasa Makanan

4
Memantau Kadar Gula

Anjing yang Puasa Makan Rentan akan Gula Darah Rendah

Memantau Kadar Gula

5
Buat Makanan Khusus

Tetap Perhatikan Kesehatan Anjing

Buat Makanan Khusus

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sediakan Obat di Rumah Sebagai Pertolongan Pertama
© istockphoto.com/Capuski
1
Sediakan Obat di Rumah Sebagai Pertolongan Pertama

Memberikan Obat Rumahan

Rekomendasi kami

Anjing muntah-muntah apa obatnya? Obat rumahan dapat menjadi pertolongan pertama untuk anjing yang muntah. Cara pengobatan ini dapat Unyulicious gunakan jika anjing mengalami muntah ringan tidak menunjukkan gejala serius. 

Kedua obat pil rekomendasi dari tim Unyu di atas dapat membantu mengurangi produksi asam dan refluks asam. Sehingga, membuat perut anjing terasa lebih tenang. Akan tetapi, alangkah baiknya sebelum memiliki obat tersebut di rumah, Unyulicious konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan, ya. 

Cara Efektif yang Banyak Dilakukan Pemilik Anjing
© istockphoto.com/photographer
2
Cara Efektif yang Banyak Dilakukan Pemilik Anjing

Mengunjungi Klinik Dokter Hewan

Cara mengatasi anjing muntah berikutnya adalah mengunjungi dokter hewan. Membawa anjing ke klinik hewan merupakan cara yang paling efektif. Pasalnya, dokter hewan akan melakukan serangkaian tes seperti analisis tinja, pemeriksaan darah, dan rontgen untuk mendapatkan diagnosis yang akurat. 

Dalam beberapa kasus yang ekstrim, dokter akan melakukan tes darah untuk pankreatitis hingga biopsi. Cara yang dokter hewan lakukan adalah dengan melakukan pembedahan untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya muntah pada anjing. 

Selanjutnya, dokter akan memberi pengobatan melalui suntikan untuk memastikan bahwa obat masuk sempurna ke dalam sistem tubuh anjing. Tidak hanya itu, pengobatan tersebut juga berguna untuk mencegah muntah berlanjut. 

Meski Puasa, Anjing Harus Mendapat Air Minum yang Cukup
© istockphoto.com/alex_ugalek
3
Meski Puasa, Anjing Harus Mendapat Air Minum yang Cukup

Lakukan Puasa Makanan

Rekomendasi kami

Setelah anjing muntah, cobalah untuk memberi jeda pada anjing untuk melakukan puasa makan selama 12-24 jam. Beri saluran pencernaan untuk pulih sebelum kembali mencerna makanan.

Akan tetapi, selama puasa tersebut, Anda harus tetap memberi anjing minum agar ia terhidrasi. Jangan pula memberi air minum terlalu banyak agar perutnya tidak kesakitan. 

Anjing yang Puasa Makan Rentan akan Gula Darah Rendah
© istockphoto.com/Stockfoo
4
Anjing yang Puasa Makan Rentan akan Gula Darah Rendah

Memantau Kadar Gula

Rekomendasi kami

Berkaitan dengan puasa makanan, anjing bisa mengalami hipoglikemia atau rendah gula darah. Oleh karena itu, Unyulicious harus mencegah kondisi ini dengan mengoles madu pada gusinya. Lakukan pengolesan ini secara berkala setiap beberapa jam untuk menjaga kondisi anjing tetap bugar. 

Tetap Perhatikan Kesehatan Anjing
© istockphoto.com/naturepicture_rika
5
Tetap Perhatikan Kesehatan Anjing

Buat Makanan Khusus

Rekomendasi kami

Untuk sementara, hentikan pemberian makanan yang biasa ia konsumsi sehari-hari. Hal itu dapat membuat perutnya tambah sakit. 

Unyulicious bisa meracik nasi putih dan ayam rebus hambar lalu memberikannya kepada anjing setelah 12 jam anjing berhenti muntah. Beri makanan tersebut secara bertahap dengan porsi kecil selama beberapa hari. 

Jika setelah 4 jam dari suapan pertama tidak ada reaksi muntah dari anjing, ulangi memberinya porsi kecil agar ia terbiasa dan bisa makan secara normal. 

Tanya Jawab Seputar Cara Mengatasi Anjing Muntah

Setelah membaca penjelasan di atas, luangkan sedikit waktu Unyulicious untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah ini. Pertanyaan dan jawaban yang sudah tim Unyu siapkan sangat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Unyulicious tentang anjing yang muntah. Ini daftarnya: 

Anjing muntah karena apa?

Beberapa hal dapat menjadi penyebab anjing muntah, seperti perubahan pola dan jenis makanan, parasit pada usus, infeksi bakteri, radang pankreas atau empedu, dan mual setelah operasi. 

Apa yang membuat anjing muntah sehingga tidak mau makan?

Hal yang membuat anjing muntah dan tidak mau makan yaitu karena adanya masalah kesehatan. 

Apa penyebab anjing muntah busa putih?

Penyebab anjing muntah busa putih yaitu adanya penumpukan asam lambung. 

Kesimpulan: Cara Mengatasi Anjing Muntah

Penyebab anjing muntah dapat terjadi karena berbagai hal. Tentunya, anjing yang muntah dapat membuatnya lemas dan tidak semangat. Oleh karena itu, semoga penjelasan tim Unyu di atas tentang cara mengatasi anjing muntah dapat menjadi pedoman untuk Unyulicious. 

Di sisi lain, Unyulicious juga bisa mengobati anjing dengan cara tradisional untuk menghemat uang. Sebagai pemilik anjing, tentu chemistry Anda dan anjing sudah terbentuk, sehingga tahu apa yang terbaik untuknya.

Akan tetapi, jika dengan cara tradisional tersebut belum merubah kondisi anjing, segera bawa anjing ke dokter hewan, ya! Penanganan segera dan perawatan yang tepat akan sangat menolong anjing yang kesakitan. 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo