Hide Menu

Napas Anabul Menjadi Lebih Cepat? Simak 5 Cara Mengatasi Kucing Terengah-engah, Ampuh!

Kucing yang Bernapas dengan Ngos-Ngosan Dapat Berarti Banyak Hal. Kenali Penyebabnya, Temukan Solusinya.

Artikel Cara Mengatasi Kucing Terengah-engah ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Mengatasi Kucing Terengah-engah 2024
© istockphoto.com/NilsJacobi

Apa yang Menyebabkan Kucing Terengah-Engah?

Apa yang Menyebabkan Kucing Terengah-Engah?
istockphoto.com/WirestockInc

Tidak hanya anjing, ternyata kucing juga bisa mengalami nafas terengah-engah saat kepanasan atau lelah. Hanya saja, dibandingkan dengan anjing, nafas terengah-engah pada kucing lebih jarang terjadi.

Ketika kucing ngos-ngosan, mereka akan menjaga mulutnya tetap mangap, menjulurkan lidah atau melet, serta mengambil napas cepat dan dangkal. Itu bisa jadi reaksi sederhana yang ia tunjukkan, seperti sesak napas atau bisa jadi adanya masalah kesehatan.

Kucing yang ngos-ngosan bisa karena berbagai alasan dan jika sesekali terjadi, maka itu merupakan hal yang normal. Namun, ketika kejadian tersebut berlangsung secara terus-menerus, maka hal itu patut menjadi perhatian. Lantas, apa saja penyebab napas kucing menjadi terengah-engah? Berikut daftarnya. 

  1. Tekanan emosional, bisa stres atau trauma
  2. Infeksi pernafasan
  3. Alergi
  4. Kadar oksigen yang rendah dalam darah
  5. Pengerahan tenaga
  6. Rendahnya tingkat sel darah merah
  7. Anemia
  8. Asma
  9. Penyakit jantung atau gagal jantung
  10. Edema paru atau paru-paru terisi cairan
  11. Pendarahan ke paru-paru
  12. Kucing kepanasan
  13. Adanya benda asing yang tersangkut di tenggorokan
  14. Adanya cacing hati
  15. Tumor di tenggorokan atau dada
  16. Efusi pleura atau penumpukan cairan tidak normal di rongga dada

Ternyata, meskipun terengah-engah merupakan hal yang normal, faktanya jika hal tersebut terjadi terus-menerus maka bisa jadi tanda kucing mengalami masalah kesehatan. Lalu, adakah cara mengatasi kucing yang terengah-engah? Simak artikel ini hingga akhir, ya!

Tanda-Tanda Napas Kucing Ngos-ngosan

Tanda-Tanda Napas Kucing Ngos-ngosan
istockphoto.com/NilsJacobi

Biasanya, ketika si anabul bernapas dengan terengah-engah, ia akan menunjukkan ciri tertentu, antara lain:

  1. Sulit bernapas, bahkan terkadang suara nafas terdengar seperti grok atau mendengkur
  2. Batuk dahak
  3. Detak jantung menjadi lebih cepat
  4. Perut dan dada bergerak setiap kali bernapas
  5. Terengah-engah atau bernapas dengan mulut mangap
  6. Napas menjadi lebih kencang sehingga seperti ngorok
  7. Lubang hidung melebar
  8. Kelelahan atau lesu
  9. Perut atau dada naik turun dengan cepat
  10. Tersedak atau napas tersengal
  11. Gusi berwarna biru

Jika kucing tampak bernapas lebih cepat dari sebelumnya, carilah hal-hal yang bisa menjadi pemicu lalu singkirkan. Contohnya, ketika kucing berada di luar ruangan atau di bawah terik matahari, segera pindahkan anabul ke tempat yang lebih sejuk dan tenang. Tentunya, pastikan juga ia mendapat air minum yang cukup agar tetap terhidrasi. 

Kecepatan pernafasan adalah indikator kesehatan secara keseluruhan. Ketika kucing tiba-tiba bernapas dengan cepat saat tidur, itu bisa menjadi tanda klinis awal gagal jantung. Pengeluaran yang lebih rendah mungkin tidak perlu Unyulicious khawatirkan, asal kucing berperilaku normal. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mengatasi Kucing Terengah-engah - Terbaru 2024

Menurut penelitian Debra et al (2018), kucing bisa jadi mengalami hiperventilasi, bernapas dengan cepat dan dalam atau terengah-engah karena stres atau penyakit. Sehingga, hal tersebut menimbulkan kesulitan dalam membedakan gangguan jantung atau pernapasan dari stres. 

Oleh sebab itu, sebelum terlambat, tidak ada salahnya Unyulicious mengenali tanda dan cara mengatasinya. Maka, mari tahu cara mengatasi kucing terengah-engah dari tim Unyu di bawah ini. 

1
Cobalah Menggendong Kucing

Dekapan Dapat Menenangkan Kucing

Cobalah Menggendong Kucing

2
Menjaga Berat Badan Kucing

Kucing yang Obesitas Tentu Mengganggu Pernapasannya

Menjaga Berat Badan Kucing

3
Memberi Makanan Kesukaan Anabul

Camilan dapat Membantu Menghilangkan Kecemasan

Memberi Makanan Kesukaan Anabul

4
Pindahkan Lokasi Kandang

Kucing Menyukai Tempat yang Sunyi dan Tenang

Pindahkan Lokasi Kandang

5
Bawa ke Dokter Hewan Terdekat

Diagnosa akan Jadi Penanganan yang Tepat

Bawa ke Dokter Hewan Terdekat

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Dekapan Dapat Menenangkan Kucing
© istockphoto.com/NilsJacobi
1
Dekapan Dapat Menenangkan Kucing

Cobalah Menggendong Kucing

Jika alasan kucing bernapas dengan cepat adalah stres atau tekanan emosional, maka cara pertama yang dapat Unyulicious lakukan adalah dengan menggendongnya. Menggendong kucing dapat membuatnya menjadi lebih tenang. Selain itu, menggendong kucing dapat mengurangi syok atau trauma yang ia alami, sehingga dapat membuatnya menjadi lebih jinak. 

Kucing yang Obesitas Tentu Mengganggu Pernapasannya
© istockphoto.com/PetraRichli
2
Kucing yang Obesitas Tentu Mengganggu Pernapasannya

Menjaga Berat Badan Kucing

Rekomendasi kami

Penyebab lain kucing bernapas dengan ngos-ngosan adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Ini bisa jadi akan berbahaya untuk kesehatan dan keberlangsungan hidup kucing. Maka dari itu, agar berat badan si anabul tetap terjaga, cobalah untuk memberikan porsi makan sesuai kebutuhan.

Selain itu, pilihlah makanan yang kaya nutrisi, sehingga jika Unyulicious memberi sedikit, nutrisi kucing tetap terpenuhi. Akan tetapi jika anabul di rumah sudah terlanjur kelebihan berat badan, Unyulicious bisa memberikan pakan khusus untuk diet. 

Camilan dapat Membantu Menghilangkan Kecemasan
© istockphoto.com/NilsJacobi
3
Camilan dapat Membantu Menghilangkan Kecemasan

Memberi Makanan Kesukaan Anabul

Rekomendasi kami

Alasan lain kucing bernapas ngos-ngosan adalah rasa cemas dan takut karena lingkungan di sekitarnya. Selain lingkungan, bertemu dengan orang atau anggota keluarga baru juga dapat membuat napas kucing menjadi bengek.

Untuk mengatasi hal tersebut, Unyulicious bisa memberikannya makanan kesukaan atau camilan. Camilan dapat menjadi alat untuk membuat kucing merasa tenang dan aman. Unyulicious bisa menggunakan rekomendasi produk dari tim Unyu di atas.

Kucing Menyukai Tempat yang Sunyi dan Tenang
© istockphoto.com/TodoreanGabriel
4
Kucing Menyukai Tempat yang Sunyi dan Tenang

Pindahkan Lokasi Kandang

Rekomendasi kami

Penempatan kandang juga dapat menjadi penyebab kucing ngos-ngosan. Suara bising di dekat kandang dapat membuat kucing ketakutan. Untuk menghindari hal tersebut, Unyulicious dapat memindahkan lokasi kandang ke tempat yang lebih sunyi dan tenang.

Tidak hanya bunyi yang terlau ramai, lokasi kandang yang terkena langsung sinar matahari juga dapat membuat kucing menjadi bengek. Pemanasan kucing yang berlebih tentu tidak baik untuk kesehatannya. Unyulicous bisa membeli atau menggunakan kandang beroda yang dapat memudahkan Anda ketika memindahkannya. 

Diagnosa akan Jadi Penanganan yang Tepat
© istockphoto.com/BraunS
5
Diagnosa akan Jadi Penanganan yang Tepat

Bawa ke Dokter Hewan Terdekat

Cara terakhir yaitu membawa anabul ke dokter hewan. Langkah ini merupakan cara terakhir jika dengan cara-cara sebelumnya kucing tidak kunjung sembuh. Dengan bantuan diagnosa dari dokter, tentunya kucing akan mendapatkan obat dan perawatan yang tepat. 

Tanya Jawab Seputar Cara Mengatasi Kucing Terengah-engah

Setelah membaca penjelasan di atas, selanjutnya tim Unyu akan membagikan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait hal serupa. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Kenapa nafas kucing seperti terengah-engah?

Kucing yang bernapas ngos-ngosan dapat terjadi karena berbagai penyebab, seperti latihan, jatuh sakit, kepanasan, masalah pernapasan, anemia, terdapat benda yang tertelan atau terhidup, stres atau trauma, asma, dan gagal jantung.

Bagaimana cara menyembuhkan kucing yang nafasnya cepat?

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menyembuhkan kucing yang napasnya cepat, antara lain memberi makanan kesukaan, menggendong kucing, menjaga berat badannya, memindahkan lokasi kandang, dan membawanya ke dokter hewan.

Bagaimana cara menangani kucing sesak nafas?

Kucing yang mengalami sesak napas sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan. Anda bisa menggunakan pet carrier dan hindari untuk menggendongnya, karena dapat membuat pernapasannya menjadi lebih sulit. 

Kesimpulan: Cara Mengatasi Kucing Terengah-engah

Kucing yang napasnya tersengal dapat memiliki arti yang beragam. Untuk itu, Anda harus mengerti penyebabnya agar dapat memutuskan untuk melakukan tindakan apa. Naluri alam kucing yang suka berburu dan bermain tanpa disadari juga dapat menjadi penyebab gangguan pernafasan pada kucing. 

Kejadian napas kucing yang ngos-ngosan ini juga tidak hanya terjadi pada kucing dewasa saja, melainkan juga kucing menengah bahkan anak kucing yang baru lahir. Oleh karena itu, diharapkan Anda dapat memberikan pertolongan pertama untuk anabul yang nafasnya menjadi kaku dan terengah-engah.

Pengamatan cermat yang Anda lakukan dapat membantu anabul selamat dari sekarat. Tentunya, mengurangi kemungkinan untuk dirawat di rumah sakit. Sehingga, membantu mengurangi pengeluaran Anda, terlebih jika berkaitan dengan pengobatan jantung. Semoga dengan membaca cara mengatasi kucing terengah-engah di atas bisa menambah wawasan Unyulicious, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo