Hide Menu

Emang Iya Anjing Bisa Menstruasi? Bisa! Cari Tahu 4 Ciri-Ciri Anjing Menstruasi di Sini!

Sudahi Rasa Heran Itu! Ayo, Kenali Tanda Anjing Datang Bulan, Baik untuk Anjing Pitbull atau Jenis Lainnya Hanya di Unyu!

Artikel Ciri-Ciri Anjing Menstruasi ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Ciri-Ciri Anjing Menstruasi 2024
© istockphoto.com/Zmaj88

Apakah Anjing yang Menstruasi Perlu Memakai Pembalut?

Apakah Anjing yang Menstruasi Perlu Memakai Pembalut?
istockphoto.com/FloridaChuck

Jika Unyulicious baru pertama kali memelihara anjing betina, baik Pitbull atau ras lainnya, bisa jadi Unyulicious bertanya-tanya apakah anjing bisa menstruasi.

Faktanya, anjing datang bulan sama halnya seperti manusia. Akan tetapi, siklus haid manusia dan anjing berbeda. Masih nggak percaya apakah anjing menstruasi? Simak penjelasan di bawah ini.

Anjing betina akan mencapai haid pertama setelah ia pubertas. Secara umum, anjing mencapai masa pubertasnya pada usia 6 bulan. Namun, hal tersebut bisa bervariasi pada setiap anjing. Sebagian besar, haid pertama anjing tidak teratur tapi cenderung normal dalam 2 tahun pertama. 

Unyulicious tentu membayangkan apakah darah haid anjing akan berceceran atau perlu penggunaan pembalut? Sebagai tambahan untuk Unyulicious, beberapa anjing akan membersihkan dirinya dengan sangat cermat.

Namun, tidak sedikit juga anjing yang betina yang lalai dengan keadaannya tersebut. Sama halnya dengan masa pubertas, intensitas pendarahan setiap anjing juga bervariasi. 

Anda tidak perlu khawatir sebab saat ini sudah banyak yang menjual celana dan diaper khusus anjing. Tentunya, celana dan diaper tersebut mampu menampung darah haid si anjing betina.

Bisa jadi, saat pertama kali memakainya, Anda akan melihat ketidaknyamanan pada anjing. Unyulicious perlu membuatnya terbiasa terlebih dahulu. Latih dan persiapkan anjing mengenakan celana dan diaper tersebut sebelum men dimulai.

Akan tetapi, penggunaan celana dan diaper tersebut tidak mampu menahannya dari perkawinan. Anjing jantan yang birahi akan memiliki sifat agresif dan kreatif selama periode menstruasi ini.

Banyak anjing jantan yang berhasil mengawini anjing betina meskipun sedang mengenakan celana dan diaper menstruasi. Lantas, apa saja ciri-ciri anjing menstruasi? Jika penasaran, perhatikan setiap section di bawah ini dengan seksama. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Ciri-Ciri Anjing Menstruasi - Terbaru 2024

Melansir penelitian Hilary et al (2020), menstruasi dapat ditemukan pada hewan dengan cara reproduksi yang sama dengan manusia, terutama pada mamalia plasenta atau yang biasa disebut mamalia eutherian.

Mamalia eutherian merupakan semua spesies yang merupakan keturunan dari nenek moyang manusia dan gajah, seperti kera, monyet, hewan ternak, anjing, kucing, anjing laut, landak, dan lainnya. 

Apakah anjing men masih cukup asing untuk Unyulicious? Tenang, tim Unyu akan menjelaskan beberapa siklus beserta tanda anjing betina mens di bagian ini. Check it out! 

1
Fase Proestrus

Tahap Awal Menstruasi pada Anjing

Fase Proestrus

2
Fase Estrus

Anjing Betina Mulai Cari Perhatian dengan Jantan

Fase Estrus

3
Fase Diestrus

Kemungkinan Adanya Kehamilan Palsu

Fase Diestrus

4
Fase Anestrus

Anjing Siap untuk Kawin dan Kehamilan Berikutnya

Fase Anestrus

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tahap Awal Menstruasi pada Anjing
© istockphoto.com/andriano_cz
1
Tahap Awal Menstruasi pada Anjing

Fase Proestrus

Rekomendasi kami

Tahap ke-1 adalah fase proestrus dimana vulva anjing akan terlihat bengkak atau lebih besar dari biasanya. Anjing melalui fase ini selama 9 hari. Umumnya, kondisi ini disertai dengan keluarnya aliran darah dari alat kelamin atau vagina yang biasa disebut menstruasi.

Hal ini muncul pada siklus awal proestrus dan berkurang lalu berhenti pada fase estrus. Akan tetapi, beberapa anjing betina baru akan mengeluarkan darah yang banyak pada saat estrus. 

Tidak hanya itu, anjing betina juga akan menunjukkan perubahan perilaku seperti gelisah. Pada tahap ini, anjing betina akan menyelipkan ekornya di antara kaki dan tidak menunjukkan tanda ingin kawin. Di sisi lain, anjing juga akan lebih melekat dengan pemiliknya dan menolak untuk dikawinkan meskipun anjing jantan tertarik. 

Untuk mencegah darah anjing berceceran ketika masa menstruasi, Unyulicious bisa menggunakan popok atau diaper khusus hewan yang cara lepas dan pasangnya mudah. Jika tak tahu produk mana yang bagus, Unyulicious bisa menggunakan rekomendasi dari tim Unyu di atas. 

Anjing Betina Mulai Cari Perhatian dengan Jantan
© istockphoto.com/NataliaDuryagina
2
Anjing Betina Mulai Cari Perhatian dengan Jantan

Fase Estrus

Rekomendasi kami

Pada tahap ini, anjing betina siap berkembang biak. Darah berwarna merah yang mengalir keluar dari saluran genital atau vagina berubah menjadi cairan bening atau kecoklatan.

Umumnya, pada tahap ini, anjing betina akan sering menjulurkan lidah, menggerakkan ekornya, dan mulai genit dengan anjing jantan. Perilaku anjing betina tersebut karena fluktuasi hormonnya yang menandakan bahwa ia sudah subur. 

Ketika anjing betina birahi, tubuhnya mengeluarkan hormon feromon yang dapat anjing jantan cium,  bahkan dari jarak jauh. Hal itu dapat membuat anjing jantan tertarik dan mengejarnya. Saat itu pula, anjing betina mulai agresif kepada anjing jantan. 

Setelah anjing jantan dan betina melakukan perkawinan, anjing betina akan melalui masa gestasi. Gestasi adalah waktu antara proses pembuahan sel telur dan persalinan yang berlangsung selama 62-64 hari atau sekitar 2 bulan.

Unyulicious bisa memberikan makanan khusus anjing hamil atau makanan puppy guna mendukung kehamilan anjing. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa anjing tidak terlalu capek dan stres karena anjing yang sedang hamil muda rentan gugur. Salah satu tanda stres yaitu mata terbuka lebar dan tampak pucat. 

Sebagai tambahan wawasan, ada komplikasi serius yang biasa terjadi setelah fase estrus ini, yaitu pyometra atau infeksi pada rahim. Penyebab infeksi ini yaitu racun yang ditandai dengan akumulasi nanah dalam rahim. Oleh sebab itu, jika anjing betina mengeluarkan cairan seperti nanah pada vulva, segera hubungi dokter hewan. Kondisi ini merupakan situasi darurat dan dapat membuat anjing mati. 

Kemungkinan Adanya Kehamilan Palsu
© istockphoto.com/o_sa
3
Kemungkinan Adanya Kehamilan Palsu

Fase Diestrus

Rekomendasi kami

Selama tahap ini berlangsung, anjing sedikit lemas dan sudah tidak tertarik lagi terhadap perkawinan. Tahap ini juga dikenal sebagai tanda dari akhir musim kawin anjing betina.

Keputihan akan hilang dan vulva perlahan menyusut kembali ke ukuran normal. Akan tetapi, anjing betina akan berperilaku seolah-olah ia sedang hamil meskipun sebenarnya tidak. 

Jika Unyulicious beranggapan bahwa ia sedang hamil, segera konsultasikan ke dokter hewan untuk mengetahui apakah memang hamil atau kehamilan palsu. Pemeriksaan tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui apakah anjing sedang sakit dan menghindari hal yang tidak diinginkan. 

Anjing Siap untuk Kawin dan Kehamilan Berikutnya
© istockphoto.com/gorodenkoff
4
Anjing Siap untuk Kawin dan Kehamilan Berikutnya

Fase Anestrus

Fase anestrus adalah rentang waktu antara diestrus dan proestrus berikutnya. Tahap ini akan berlangsung selama kurang lebih 4 bulan. Namun, pada ras tertentu bisa saja waktunya akan lebih lama.

Ketika anjing mengalami kondisi ini, vulva tidak lagi membengkak dan tidak ada leleran darah. Dalam kondisi ini, tubuh anjing akan mempersiapkan rahim untuk kehamilan berikutnya. 

Tanya Jawab Seputar Ciri-Ciri Anjing Menstruasi

Sebelum mengakhir artikel ini, hendaknya luangkan sedikit waktu Unyulicious untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah. Tentunya, pertanyaan dan jawaban di bawah ini dapat menambah wawasan Unyulicious tentang ciri-ciri anjing menstruasi. Simak penjelasannya di bawah, ya!

Bagaimana jika anjing menstruasi?

Saat menstruasi, anjing akan menunjukkan tanda fisik dan perilaku. Contohnya, anjing akan kencing lebih banyak dan ada cairan berwarna darah serta vulva yang bengkak. 

Anjing mens umur berapa?

Secara umum, anjing kecil yang men sekitar umur 6 sampai 12 bulan. Sedangkan, untuk anjing besar pertama kali men sekitar umur 12 sampai 24 bulan. 

Apa itu loop pada anjing?

Loop pada anjing adalah siklus estrus atau menstruasi yang terjadi pada anjing betina. 

Apa yang menyebabkan anjing cacingan?

Hal yang dapat menjadi penyebab anjing cacingan antara lain penularan dari induk ke anak melalui plasenta atau air susu sebelum anak anjing lahir, makan kotoran yang terinfeksi, makan daging mentah, kontak kulit, dan makan parasit eksternal. 

Kesimpulan: Ciri-Ciri Anjing Menstruasi

Secara kodrat alam, ternyata tidak hanya manusia saja yang bisa menstruasi, namun anjing juga. Meskipun begitu, rentan waktu waktu men anjing dan manusia berbeda. Ciri-ciri anjing menstruasi yang ditunjukkan juga berbeda dengan manusia.

Setelah melewati masa menstruasi, anjing akan menunjukkan tanda-tanda bahwa ia siap untuk melakukan perkawinan. Perkawinan yang berhasil ditandai dengan perut yang membesar atau biasa disebut dengan kehamilan. Selama proses kehamilan ini, pastikan Unyulicious selalu menjaga kondisi anjing, terlebih ketika hamil muda. Berikan nutrisi yang cukup, dan untuk sementara jaga anjing tetap di dalam rumah.

Hal itu karena lingkungan di luar rumah dapat membawa racun untuk janin. Jika keracunan, anjing akan muntah, lemas, dan akan susah untuk menjaga kesehatan janinnya. Oleh karena itu, selalu persiapkan kondisi terbaik selama masa menstruasi anjing, perkawinan, hingga saat setelah anak anjing lahir, ya!  

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo