Hide Menu

Anjing Tampak Kesakitan di Bagian Perut Saat Hamil? Kenali 5 Ciri-Ciri Anjing Keguguran!

Amati Gerak-Gerik Ibu Anjing Ketika Hamil dan Pelajari Ciri-Ciri Anjing Keguguran Ini sebagai Pedoman

Artikel Ciri-Ciri Anjing Keguguran ini diposting diperbarui
6 Pembaca
Like
Ciri-Ciri Anjing Keguguran 2024
© istockphoto.com/Irina_Meshcheryakova

Apa Penyebab Anjing Keguguran?

Apa Penyebab Anjing Keguguran?
istockphoto.com/ArvydasLakacauskas

Sama halnya dengan wanita hamil, anjing yang sedang hamil juga berisiko keguguran, baik itu pada anjing Pitbull maupun jenis lainnya. Lantas, apa itu keguguran?

Keguguran atau miskram memiliki arti situasi berhentinya kehamilan sebelum perkembangan janin cukup kuat untuk dapat bertahan hidup. Miskram mencakup semua penyebab terminasi kehamilan, termasuk kematian embrio, resorpsi janin, aborsi di setiap kehamilan, dan lahir mati. 

Kandungan seekor ibu anjing ketika masa kehamilan bisa gugur karena berbagai alasan. Tanpa nutrisi yang tepat, tentu anjing akan susah mempertahankan kehamilannya. Tidak hanya perkara kurangnya nutrisi progesteron, tokso atau infeksi lain juga dapat memicu janin gagal berkembang. Miskram sering kali terjadi pada masa kehamilan yang masih muda. 

Salah satu ciri-ciri anjing keguguran yaitu anjing mengeluarkan cairan atau bahkan gumpalan darah dari alat kelaminnya. Jika ini terjadi, Unyulicious harus segera membawa anjing tersebut ke dokter hewan untuk mendapat diagnosa yang tepat.

Pasalnya, miskram terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat diubah. Biasanya, situasi ini akan menghasilkan prognosis buruk bagi janin yang tersisa meskipun beberapa kasus bisa pulih tanpa perlu mengunjungi dokter hewan. 

Secara singkat, itulah yang terjadi ketika anjing keguguran. Ingin tahu lebih banyak tentang keguguran yang terjadi pada anjing? Jika penasaran, simak artikel ini hingga selesai, ya!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Ciri-Ciri Anjing Keguguran - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Verstegen (2008), di antara penyebab keguguran, faktor virus dan non-infeksi menjadi salah satu penyebab yang paling penting. Terdapat peningkatan insiden keguguran yang memiliki hubungan dengan penyakit menular, seperti herpes dan adanya racun atau bahan kimia dalam makanan dan lingkungan hewan. 

Dalam beberapa kasus, tanda-tanda keguguran tidak terlihat atau diketahui. Keguguran hanya terlihat selama pemeriksaan lanjutan kehamilan atau saat proses melahirkan. 

Oleh karena itu, tim Unyu akan membagikan beberapa ciri-ciri anjing keguguran potensial untuk Unyulicious. Tentu saja, ciri-ciri anjing keguguran ini juga dapat menjadi pedoman bagi Unyulicious untuk dapat membantu menjaga kehamilan anjing. Check it out!

1
Vaginal Discharge

Keluar Cairan dengan Aroma Tidak Sedap dari Vagina

Vaginal Discharge

2
Perubahan Nafsu Makan Anjing

Nafsu Makan Anjing Cenderung Menurun

Perubahan Nafsu Makan Anjing

3
Anjing Merasa Nyeri di Perut

Perlu Penanganan Tepat dan Segera

Anjing Merasa Nyeri di Perut

4
Ukuran Perut Anjing Berbeda

Semakin Mengecil di Usia Kehamilan Tua

Ukuran Perut Anjing Berbeda

5
Waktu Kelahiran Anak Anjing

Bayi Anjing Lahir di Waktu yang Tidak Seharusnya

Waktu Kelahiran Anak Anjing

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Keluar Cairan dengan Aroma Tidak Sedap dari Vagina
© istockphoto.com/THEPALMER
1
Keluar Cairan dengan Aroma Tidak Sedap dari Vagina

Vaginal Discharge

Rekomendasi kami

Tanda ke-1 kandungan anjing gugur adalah vaginal discharge. Kondisi ini ditandai dengan keluarnya cairan berlimpah seiring dengan terjadinya keguguran. Cairan tersebut berwarna hijau gelap hingga kehitaman, tebal, dan purulen atau mengandung nanah.

Penyebab keluarnya cairan ini yaitu adanya kejadian pyometra terbuka. Hal ini seringkali dianggap sebagai tanda anjing hamil oleh pemiliknya karena adanya pembesaran di perut anjing. Kondisi berikut juga jadi salah satu penyebab kehamilan palsu. Selain itu, penyebab keluarnya nanah juga karena adanya infeksi pada uterus anjing yang sedang hamil akibat adanya infeksi bakteri pada janin. 

Cairan tersebut dapat menyebabkan bau busuk keluar dari vulva anjing. Bau busuk tersebut terjadi karena adanya kematian janin yang sudah lama dalam uterus anjing dan adanya bakteri pembusuk di dalam. 

Oleh karena itu, hendaknya Unyulicious memberi vitamin selama masa kehamilan untuk ibu anjing yang sedang hamil dan menyusui. Jika anjing sudah keguguran dan darah yang keluar sangat banyak seperti haid, maka berikan obat Cytotec untuk mengobati infeksi rahim.

Namun, untuk pemberian Cytotec, pastikan Unyulicious sudah berkonsultasi dengan dokter, ya. Unyulicious bisa berkonsultasi dengan dokter melalui Alodokter atau mengunjungi dokter seacra langsung. Pasalnya, obat tersebut merupakan obat keras yang pemberiannya harus dalam pengawasan dokter.

Nafsu Makan Anjing Cenderung Menurun
© istockphoto.com/Eva_Blanco
2
Nafsu Makan Anjing Cenderung Menurun

Perubahan Nafsu Makan Anjing

Rekomendasi kami

Ciri yang ke-2 berhubungan dengan nafsu makan. Perubahan nafsu makan tidak hanya jadi ciri-ciri anjing hamil, melainkan juga dapat menjadi tanda janin dalam kandungan gugur. Biasanya, anjing yang keguguran ditandai dengan nafsu makan yang menurun.

Tidak hanya nafsu makan, anjing juga enggan minum. Oleh karena itu, jika selama masa kehamilan anjing terlihat tidak mau makan, cobalah untuk memberinya vitamin nafsu makan. Pemberian vitamin tersebut berguna untuk membantunya tetap terhidrasi.

Namun jika setelah diberi vitamin anjing tetap tidak mau makan, segera bawa hewan peliharaan Anda ke dokter hewan. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk dapat memberi diagnosa yang tepat terkait hal tersebut. 

Perlu Penanganan Tepat dan Segera
© istockphoto.com/yavdat
3
Perlu Penanganan Tepat dan Segera

Anjing Merasa Nyeri di Perut

Rekomendasi kami

Sama halnya dengan keguguran pada manusia, anjing hamil keguguran pun akan mengalami sakit perut yang luar biasa. Biasanya, sakit perut tersebut akan diikuti dengan kegelisahan, dehidrasi, depresi, kelesuan umum, diare, dan muntah. 

Oleh karena itu, ketika melihat anjing Unyulicious tidak nyaman dengan kondisi perutnya, segera bawa ia ke dokter hewan. Dokter hewan akan memeriksa dan memberi penanganan yang tepat, termasuk tes TORCH (Toksoplasmosis, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simplex Virus) jika diperlukan. Hasil tes tersebut akan memberikan gambar yang jelas terkait kesehatan anjing melalui sampel darah anjing. 

Semakin Mengecil di Usia Kehamilan Tua
© istockphoto.com/LightFieldStudios
4
Semakin Mengecil di Usia Kehamilan Tua

Ukuran Perut Anjing Berbeda

Rekomendasi kami

Jika mendapati anjing hamil tapi perutnya kecil, maka Unyulicious perlu curiga. Ciri anjing hamil yaitu perutnya besar dan membesar seiring dengan usia kehamilan. Namun, jika pada masa kehamilan tua tapi perutnya semakin mengecil, maka bisa jadi saat itu anjing sudah keguguran. 

Akan lebih baik jika Anda membawa anjing ke dokter hewan daripada mengatasi masalah ini sendirian. Sebab, untuk membersihkan janin yang ada di kandungan tersebut, biasanya dokter akan melakukan tindakan kuret. 

Bayi Anjing Lahir di Waktu yang Tidak Seharusnya
© istockphoto.com/Vesnaandjic
5
Bayi Anjing Lahir di Waktu yang Tidak Seharusnya

Waktu Kelahiran Anak Anjing

Rekomendasi kami

Umumnya, kehamilan anjing berkisar antara 58-64 hari atau 2 bulan. Jika melebihi waktu tersebut, Unyulicious perlu mencurigainya. Bisa jadi, anjing mengalami keguguran namun Unyulicious tidak menyadarinya.

Kemungkinan lain yang dapat terjadi yaitu adanya kehamilan palsu sehingga bayi tidak kunjung lahir. Bisa juga karena adanya kematian janin anjing di dalam kandungan. 

Tanya Jawab Seputar Ciri-Ciri Anjing Keguguran

Sebelum Unyulicious mengakhiri artikel ini, luangkan sedikit waktu untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah ini. Pertanyaan dan jawaban di bawah tentu dapat menambah wawasan Unyulicious tentang ciri-ciri anjing keguguran. 

Bagaimana cara mengetahui anjing hamil?

Cara mengetahui anjing hamil yaitu melalui perilaku kesehariannya, seperti aktivitasnya menurun, berperilaku tidak biasa, adanya perubahan nafsu makan, berat badan bertambah, dan abdomen membesar, serta puting membesar atau berubah warna. 

Kapan perut anjing membesar saat hamil?

Perut anjing mulai membesar ketika usia kehamilannya menuju 21 hari.

Berapa lama anjing ketahuan hamil?

Anjing akan ketahuan hamil ketika memasuki minggu ke-3. Hal itu karena adanya perubahan hormon pada anjing. 

Berapa banyak anak yang bisa dilahirkan anjing?

Umumnya, induk anjing mampu melahirkan 8-10 ekor anak

Berapa lama anjing kontraksi kehamilan?

Anjing biasanya mengalami kontraksi kehamilan selama 10-30 menit sebelum bayi anjing lahir. 

Kesimpulan: Ciri-Ciri Anjing Keguguran

Tidak hanya pada manusia, anjing juga dapat berpotensi mengalami keguguran. Gangguan kesehatan karena kurangnya nutrisi menjadi salah satu alasan anjing tidak mampu mempertahankan kehamilannya. Oleh karena itu, dengan membaca ciri-ciri anjing keguguran di atas dapat menjadi pedoman untuk Anda dalam membantu menjaga kesehatan janin dan ibu anjing. 

Namun, jangan pernah menyalahkan anjing karena mengalami keguguran. Alangkah baiknya jika Anda menghibur dan menyayanginya pasca kejadian tersebut. Kelemahan fisik dan psikis anjing pasca kejadian tersebut perlu Anda support dengan cinta dan kasih sayang. Perhatian dan mengasihinya merupakan bentuk terbaik dalam membuatnya kembali semangat. Jadi, anjing tidak akan drop dan kesehatannya cepat pulih kembali. 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo