Hide Menu

Kondisi Fisik Anjing Berubah Seiring Waktu? Kenali 5 Ciri-Ciri Anjing Mau Mati Berikut!

Persiapkan Mental Sebelum Menyesal dengan Mencari Tahu Ciri dan Cara Mengatasi Anjing Mau Mati di Sini

Artikel Ciri-Ciri Anjing Mau Mati ini diposting diperbarui
10 Pembaca
Like
Ciri-Ciri Anjing Mau Mati 2024
© istockphoto.com/ClaudiaLunaMtz

Mengenali Tanda Peringatan Darurat untuk Perawatan Anjing Sakit

Mengenali Tanda Peringatan Darurat untuk Perawatan Anjing Sakit
istockphoto.com/Solovyova

Secara umum, beberapa gejala penyakit pada anjing butuh penanganan darurat. Gejala penyakit tersebut antara lain kondisi perut yang keras dan buncit, tidak mampu untuk buang air kecil maupun besar, sering muntah, diare, kesulitan bernapas, kejang, berkurangnya kemampuan koordinasi, dan ketidakmampuan anjing untuk berdiri. Jika melihat tanda tersebut, segera bawa anjing ke dokter untuk mendapatkan penanganan. 

Dalam menghadapi kondisi tersebut, Anda harus tetap tenang dan jangan panik. Catatlah gejala yang Anda lihat dan bagaimana tanda awal gejala tersebut muncul. Sesampainya di dokter hewan, ceritakan kondisi sebenarnya agar dokter juga mampu memberi diagnosis yang tepat.

Selain itu, penting untuk memastikan anjing memiliki tempat yang nyaman dan tenang untuk beristirahat selama ia sakit. Pantau selalu asupan makanan dan jaga kondisinya agar selalu terhidrasi dengan baik. Sesuaikan pula gizi yang ia butuhkan dengan kondisi kesehatan sesuai dengan rekomendasi dari dokter. 

Sayangnya, pada beberapa kasus kesehatan, langkah-langkah tersebut tidak mampu menyelamatkan anjing. Ketika si pemilik sudah memberikan perawatan sesuai anjuran, sering kali anjing sudah tidak mampu merespon dengan baik. Maka, sebelum terlambat dan menyesal, alangkah baiknya Unyulicious mengetahui ciri-ciri anjing mau mati di bawah ini. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Ciri-Ciri Anjing Mau Mati - Terbaru 2024

Teori Keterikatan Bowlby telah mengevaluasi hubungan manusia dengan anjing yang mana keterikatan keduanya telah dikutip sebagai penjelasan atas kekuatan ikatan manusia-hewan peliharaan dan intensitas kehilangan hewan peliharaan pada manusia. Oleh sebab itu, jika anjing peliharaan mati, Unyulicious sudah pasti merasakan sedih yang berkepanjangan (Stefania, 2022). 

Menurut teori di atas, setiap pemilik dan hewan peliharaan memiliki ketertarikan satu sama lain. Maka dari itu, pemilik anjing harus menyimak penjelasan di bawah tentang ciri-ciri dan cara mengatasi anjing mau mati. Ini akan membantu Anda dalam memahami pergerakan peliharaan Anda. Yuk, mulai! 

1
Muncul Gejala-Gejala Pernapasan

Stopwatch Memudahkan dalam Pengukuran Denyut Napas

Muncul Gejala-Gejala Pernapasan

2
Adanya Perubahan pada Kerja Ototnya

Tampak Sangat Jelas Ketika Anjing Berdiri atau Berjalan

Adanya Perubahan pada Kerja Ototnya

3
Amati Tanda Pencernaannya

Fungsi Organ Turun, Nafsu Makan Menghilang

Amati Tanda Pencernaannya

4
Adanya Perubahan pada Kondisi Kulitnya

Cek Kondisinya dengan Mencubit Kulit atau Menekan Gusi

Adanya Perubahan pada Kondisi Kulitnya

5
Perubahan Kebiasaan Buang Air

Anjing Sudah Tidak Mampu Mengontrol Kemampuan Buang Airnya

Perubahan Kebiasaan Buang Air

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Stopwatch Memudahkan dalam Pengukuran Denyut Napas
© istockphoto.com/Tativo
1
Stopwatch Memudahkan dalam Pengukuran Denyut Napas

Muncul Gejala-Gejala Pernapasan

Rekomendasi kami

Ketika menjelang kematian, fungsi saluran pernapasan anjing akan menurun. Unyulicious akan melihat anjing bernapas lebih pendek dengan interval yang sangat panjang di setiap tarikannya.

Umumnya, kecepatan napas yang normal dalam kondisi rileks yaitu 22 tarikan per menit. Namun, menjelang kematian, kecepatan napas tersebut akan menurun hingga hanya 10 tarikan per menit. Denyut jantung anjing juga akan menurun dari kecepatan normal 100-130 denyut per menit jadi 60-80 denyut per menit dan sangat lemah.

Di saat terakhir, anjing akan bernapas pendek dan tidak bergerak lagi. Di sisi lain, ia hanya akan berbaring di sudut yang gelap dan tersembunyi di rumah. Jika khawatir, Unyulicious bisa cek denyut napas anjing dengan stopwatch di handphone atau rekomendasi stopwatch dari tim Unyu di atas. 

Tampak Sangat Jelas Ketika Anjing Berdiri atau Berjalan
© istockphoto.com/Chelmicky
2
Tampak Sangat Jelas Ketika Anjing Berdiri atau Berjalan

Adanya Perubahan pada Kerja Ototnya

Kejang atau otot yang tertarik dapat terjadi ketika anjing kekurangan glukosa. Ia juga akan kehilangan respon terhadap rasa sakit dan kemampuan refleks. 

Tanda anjing mau mati ini dapat terlihat ketika anjing berusaha berdiri atau berjalan. Unyulicious akan melihat koordinasi tubuhnya memburuk dan ia berjalan dengan sempoyongan. Dalam beberapa kasus, anjing bahkan tidak mampu berjalan. 

Bahkan, kondisi anjing yang menjelang mati dan telah menderita penyakit kronis sebelumnya akan tampak sangat buruk. Tubuhnya akan terlihat mengecil dan ototnya akan mengalami atrofi atau penyusutan pada otot. 

Fungsi Organ Turun, Nafsu Makan Menghilang
© istockphoto.com/Eva_Blanco
3
Fungsi Organ Turun, Nafsu Makan Menghilang

Amati Tanda Pencernaannya

Rekomendasi kami

Tanda-tanda anjing mau mati berikutnya yaitu hilangnya nafsu makan yang sangat ekstrim. Bahkan, bisa jadi anjing tidak mau makan atau minum sedikit pun. Menjelang kematian, organ-organ anjing, seperti ginjal dan hati perlahan akan berhenti berfungsi. Tentunya, hal itu membuat pencernaannya pun berhenti. 

Tidak hanya itu, Unyulicious juga akan melihat mulut dan lidah anjing kering bahkan cenderung tidak berair karena dehidrasi. Anjing juga akan muntah, dimana muntahannya hanya berupa busa atau cairan asam berwarna kuning atau hijau karena empedu. Jika ini terjadi, cobalah untuk menyupinya dengan sedikit paksaan menggunakan pipet agar ia tetap makan. 

Cek Kondisinya dengan Mencubit Kulit atau Menekan Gusi
© istockphoto.com/K_Thalhofer
4
Cek Kondisinya dengan Mencubit Kulit atau Menekan Gusi

Adanya Perubahan pada Kondisi Kulitnya

Kulit anjing yang mau mati akan kering dan tidak kembali ke posisi awal saat dicubit karena dehidrasi. Membran mukus seperti gusi dan bibir juga berubah menjadi pucat.

Untuk mengetahuinya, cobalah menekan gusi dan bibir anjing. Dalam kondisi normal, ketika ditekan, gusi atau bibir akan kembali ke warna merah muda awal. Akan tetapi, ketika anjing mau mati, jika Unyulicious menekan gusi atau bibirnya, ia tidak akan kembali ke warna merah muda awal walaupun dalam waktu yang lama. 

Anjing Sudah Tidak Mampu Mengontrol Kemampuan Buang Airnya
© istockphoto.com/mouseAdiKatz
5
Anjing Sudah Tidak Mampu Mengontrol Kemampuan Buang Airnya

Perubahan Kebiasaan Buang Air

Rekomendasi kami

Tanda anjing mau mati lainnya dapat Unyulicious amati melalui kebiasaan buang airnya. Pasalnya, kandung kemih dan poros usus pada hewan peliharaan Anda jadi tidak terkendali. 

Ketika menjelang kematian, anjing tidak dapat mengendalikan kencing dan pupnya. Hal ini juga terjadi sekalipun pada anjing yang yang paling disiplin dan terlatih, seperti Husky. 

Anjing yang mau mati akan diare yang baunya sangat busuk dan terkadang mengandung darah seperti menstruasi. Setelah anjing mati, ia akan mengeluarkan kencing dan buang air besar untuk terakhir kalinya karena otot kehilangan kendali secara total. 

Tanya Jawab Seputar Ciri-Ciri Anjing Mau Mati

Setelah Unyulicious membaca ciri-ciri anjing mau mati di atas, tim Unyu akan membagikan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait hal serupa. Simak jawaban yang tim Unyu berikan dari beberapa pertanyaan yang sering diajukan di bawah ini. 

Bagaimana cara mengetahui anjing sakit?

Cara mengetahui anjing sakit yaitu dengan mengenali ciri-ciri umumnya, seperti perubahan dalam kencing, hilangnya nafsu makan, muntah atau diare, kebiasaan minum yang berubah, perubahan kepribadian, rambut rontok dan kulit gatal, gusi menjadi pucat, perubahan pada mata, dan kesulitan dalam bergerak. 

Kenapa anjing tiba-tiba lemas dan tidak mau makan?

Anjing tiba-tiba lemas dan tidak mau makan karena anjing sedang mengalami gangguan kesehatan seperti sakit gigi dan mulut, stres atau cemas, gangguan pencernaan. Bahkan, bisa jadi itu karena adanya efek samping dari obat-obatan tertentu. 

Apakah normal jika anjing mati dengan mata terbuka?

Anjing yang mati dengan mata terbuka adalah hal yang cukup normal. Meskipun bagi sang pemilik hal tersebut tampak meresahkan.

Kesimpulan: Ciri-Ciri Anjing Mau Mati

Semua orang yang ditinggalkan oleh hewan peliharaan adalah pukulan terberat, tidak terkecuali ditinggalkan oleh anjing. Terlebih jika ia sudah hidup bersama pemiliknya selama bertahun-tahun. Sayangnya, anjing yang sakit tidak mampu mengkomunikasikan dengan baik rasa sakitnya kepada sang pemilik. Oleh karena itu, pemilik harus paham betul keseharian dan tanda-tanda kesehatan anjing terganggu. 

Hal-hal yang sering menjadi penyebab anjing sakit antara lain kena racun tikus, cacingan, dan infeksi usus karena susu sapi. Bahkan, anjing yang tidak kunjung rabi dan terlalu capek juga dapat menyebabkan anjing sakit. Sayangnya, penurunan fungsi organ anjing dapat memperlambat proses penyembuhan, bahkan tidak jarang menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, penjelasan tentang ciri-ciri anjing mau mati diharapkan dapat menjadi pedoman Unyulicious untuk lebih mempersiapkan mental jika sesuatu tidak berjalan sesuai harapan. Sebab, uang yang akan Anda keluarkan tidak lagi mampu menyelamatkan kondisinya. 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo